8 Tips Mendesain Undangan Pernikahan Cantik dan Elegan (Wajib Anda Coba)

Menikah adalah sebuah momen yang sangat penting bagi pasangan pengantin. Tidak heran jika pada saat seseorang akan melangsungkan pernikahan, mereka ingin mengundang teman dan kerabat dekat untuk turut merasakan kebahagiaan yang dirasakan.

Salah satu cara yang dilakukan dengan mendesain undangan pernikahan simple dan elegan. Sayangnya, masih banyak calon pengantin yang merasa takut untuk mendesain undangan pernikahannya sendiri.

Mengapa Banyak Calon Pengantin yang Merasa Takut Untuk Mendesain Undangan Pernikahannya Sendiri?

Ada banyak alasan mengapa banyak calon pengantin yang ragu untuk mendesain undangan pernikahannya sendiri. Salah satunya adalah bingung dalam memilih gaya undangan yang akan digunakan.

Tidak hanya itu, pemilihan font serta warna undangan juga perlu dipikirkan. Hal ini penting untuk menentukan apakah desain undangan pernikahan yang dipilih elegan, atau bahkan memiliki warna yang mencolok hingga terlihat norak.

mendesain undagan pernikahan

combossaweddinginvitations.co.uk

Hal inilah yang membuat banyak calon pengantin dilema, di sisi lain mereka ingin memberikan yang terbaik. Namun, di sisi lain mereka juga takut bahwa undangan yang diberikan tidak seindah ekspektasi yang dibayangkan.

Jika Sudah Begini, Apa yang Harus Dilakukan?

Tenang saja, untuk Anda yang merasa kebingungan dalam hal membuat desain undangan pernikahan, kini Anda tidak perlu khawatir lagi. sebab, saat ini sudah ada banyak cara membuat undangan pernikahan sendiri yang unik dan tentunya bisa dicoba.

Baca: Ide Dekorasi Pernikahan

Lantas, Bagaimanakah Mendesain Undangan Pernikahan Sendiri yang Unik?

Untuk Anda yang ingin membuat desain undangan pernikahan sendiri yang tentunya unik dan menarik, Anda perlu menyimak beberapa tipsnya di bawah ini.

1. Memilih Style

Setiap undangan pernikahan memiliki stylenya masing-masing. Style dari undangan pernikahan akan ditentukan dari tema yang diusung dalam pernikahan tersebut. Dengan menentukan tema yang akan dipilih, maka desain undangan pernikahan akan jauh lebih mudah untuk dibuat.

Berikut ini adalah beberapa style undangan pernikahan yang bisa Anda coba:

  • Tradisional dan Elegan Style pertama adalah sebuah undangan yang memiliki gaya klasik, abadi dengan nuansa pernikahan yang formal dan informal. Dengan menggunakan style undangan pernikahan ini, maka Anda tidak akan menyinggung siapapun dalam pernikahan. Apalagi jika didukung dengan menggunakan pemilihan gaya bahasa yang bagus, serta menambahkan ornamen font script membuat undangan ini terlihat sangat elegan. Anda juga bisa menambahkan border bunga dengan warna yang unik pada bagian mukanya.
  • Art deco Ini adalah sebuah undangan yang menawarkan gaya diluar sekolah tua namun tetap memberikan kesan vintage dan trendi di dalamnya. Jenis undangan dengan gaya ini akan memberikan nuansa kasih sayang serta kesan yang simetris.

Selain itu, kesan glamor juga akan terlihat lebih jelas apabila didukung dengan desain geometris dengan warna luxe yang terlihat seperti emas, perak, serta hitam pekat.

2. Jenis Huruf yang Abadi

Dalam membuat desain undangan, ternyata pemilihan huruf memiliki peranan yang penting dalam merusak serta mempercantik undangan. Untuk itu, dalam membuat sebuah undangan hindari penggunaan hal-hal yang bagus dan keluar dari gaya penulisan.

Hal ini bertujuan agar jenis huruf yang dipilih dapat bertahan lama. Jenis huruf formal klasik seperti calson dan furnier menjadi pemilihan huruf yang paling tepat untuk sebuah undangan.

Pasalnya jenis huruf ini memberikan kesan yang elegan, melayang dan terlihat sesuai dengan perkembangan zaman. Selain itu, pastikan Anda juga tidak melakukan eksperimen hanya untuk menentukan huruf baru yang akan digunakan.

Baca: Souvenir Pernikahan

Dalam perkara mencari huruf, Anda harus lebih jeli dengan memilih jenis huruf yang berbobot dan membuat Anda akan merasa jatuh cinta. Namun, pastikan juga tersedia huruf italic dan isa ditebalkan. Dengan demikian huruf akan menciptakan sebuah undangan yang sempurna.

3. Memilih Hal-Hal yang Praktis

Sebelum Anda memutuskan untuk membuat desain undangan pernikahan, ada baiknya jika Anda perlu memikirkan hal-hal yang praktis terlebih dahulu. Misalnya saja seperti akan memiliki dimensi apa undangan yang dibuat apakah landscape atau portrait?

Ini karena kebanyakan undangan akan dibuat dengan menggunakan ukuran amplop standar. Jika Anda meminta bantuan kepada jasa pembuat undangan, maka undangan tersebut juga akan dibuat sesuai dengan ukuran amplop standarnya.

Untuk itu, Anda perlu berhubungan dengan pihak percetakan mengenai ukuran dari undangan yang akan dibuat. Jika Anda ingin membuat ukuran amplop sendiri, maka Anda bisa menentukan jenis ukuran ini terlebih dahulu.

Setelah Anda puas dengan dimensi undangan, baru anda bisa memutuskan akan membuat undangan dengan orientasi landscape atau portrait. Dengan demikian undangan yang dibuat akan lebih menarik dan mudah diterima.

Selain itu, Anda juga harus memikirkan dimanakah Anda akan mencetak desain undangan yang sudah dibuat. Pilihlah jasa yang profesional, cepat dan menawarkan kualitas yang unggul.

4. Menyisipkan Bunga

Menambahkan desain bunga-bunga pada undangan menjadi hal yang cukup menarik. Sayangnya menggunakan bunga yang tidak tepat justru akan memperburuk tampilan undangan.

Agar undangan Anda terlihat lebih sempurna, Anda bisa menggunakan bunga dengan warna yang lembut untuk dijadikan sebagai bungai pembatas. Dengan demikian tampilan undangan tidak hanya cantik, namun juga elegan.

5. Gunakan Foto yang Menarik dan Elegan

Agar tampilan undangan memiliki kesan yang unik, Anda bisa menambahkan foto dengan tata letak yang sesuai. Dengan menambahkan hal ini, maka undangan yang Anda buat akan terlihat lebih segar dan modern.

6. Meletakkan Teks di Tengah

Dalam peletakan teks, pastikan bahwa teks diletakkan di tengah-tengah undangan. Hal ini sangat penting agar undangan terlihat lebih formal dan penting. Penentuan potongan teks juga penting terutama dalam menyelaraskan hasil undangan yang dibuat.

7. Menggunakan “&” Bukan “Dan”

Sering kali dalam mendesain undangan pernikahan, Anda menemukan undangan yang menggunakan dan bukan &. Padahal sebuah undangan pernikahan yang tepat penulisan yang digunakan menggunakan &.

Dengan menggunakan simbol &, maka tampilan undangan akan terkesan lebih romantis, selaras, elegan, fragmatis dan juga lebih sesuai. Saat ini ada banyak simbol & dengan desain yang cantik yang bisa ditemukan dengan mudah.

8. Pemilihan Warna Untuk Transform

Pernahkah Anda merasa terpesona dengan tampilan sebuah undangan yang sangat indah hanya karena pemilihan warnanya saja? Ya, pemilihan warna yang tepat dapat berpengaruh terhadap hasil desain undangan pernikahan yang dipilih.

Undangan dengan menggunakan warna dramatis sangat cocok digunakan untuk jenis pernikahan musim dingin. Agar warnanya lebih cantik dan selaras, maka Anda bisa merubahnya dengan menggunakan warna pastel.

Perhatikan kontras pada desain monokrom juga sangat berpengaruh terhadap warna undangan lo. Hal ini bisa menentukan apakah undangan yang dibuat memiliki gaya yang klasik, cantik atau bahkan fashionable.

Manakah Desain Undangan Pernikahan yang Akan Anda Pilih?

Setelah mengetahui cara mendesain undangan pernikahan di atas, tentunya Anda sudah tahu akan dibuat seperti apa undangan pernikahan impian. Dengan demikian, kini Anda tidak perlu lagi untuk mendesain undangan pernikahan sendiri.

Baca: Contoh Desain Undangan Pernikahan

Lantas, Apa Saja Isi Undangan Pernikahan yang Disarankan?

Pada dasarnya untuk isi undangan pernikahan hampir sama saja, yakni berisi nama calon mempelai pria dan wanita, tanggal akad nikah, tanggal tamu undangan. Agar lebih menarik, Anda bisa menambahkan kata-kata mutiara di bagian belakang sebagai tanda doa untuk kedua mempelai.

Bagaimana? Sangat mudah bukan mendesain undangan pernikahan sendiri? Anda bisa ikuti semua tips di atas dan miliki desain undangan yang diinginkan untuk acara pernikahan Anda.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.