Tulisan Arab Allahumma Antassalam
undanganmagelang.com

Allahumma Antassalam

Posted on

Allah memudahkan setiap hamba-hamba-Nya yang ingin mendekat selalu kepadanya dengan memberikan beragam opsi dalam beribadah. Salah satunya adalah berdzikir setelah shalat dengan membaca Allahumma antassalam. Bacaan dzikir ini termasuk salah satu bacaan yang paling dikenal umat Muslim.

Tulisan Allahumma Antassalam Arab, Latin dan Arti Lengkap

Sebagai umat Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa salam, sudah seharusnya kita mengikuti setiap anjuran dan kebiasaan yang dicontohkan oleh Baginda shalallahu alaihi wa salam. Salah satu kebiasaan Beliau shalallahu alaihi wa salam setelah shalat adalah beristighfar tiga kali dan juga berdzikir.

Bacaan istighfar yang dibaca adalah bacaan astaghfirullah sebanyak tiga kali. Selanjutnya beliau melanjutkan bacaan dzikir beliau dengan bacaan dzikir di bawah ini:

أَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلاَمُ، تَبَارَكْتَ يَا ذَا الْجَلاَلِ وَاْلإِكْرَامِ

Allahumma antas salaam wa minkas salaam tabaarokta yaa dzal jalaali wal ikrom.

Arti: “Ya Allah, Engkau pemberi keselamatan, dan dariMu keselamatan, Maha Suci Engkau, wahai Tuhan Yang Pemilik Keagungan dan Kemuliaan.”

Bacaan dzikir di atas adalah bacaan dzikir Allahumma antassalam wa minkas sallam yang singkat. Selain itu, ada pula bacaan dzikir tersebut namun dengan kalimat yang lebih panjang seperti di bawah ini.

اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلاَمُ فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِالسَّلاَمِ وَأَدْخِلْنَا الْجَنَّةَ دَارَ السَّلاَمِ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ يَا ذَالْجَلاَلِ وَالْأِ كْرَامِ

Allahumma antassalam, wa minkassalam, wa ilaika ya’uudussalam, fahayyina robbana bissalam, wa adkhilnal jannata daarossalam, tabarokta robbana wa ta’aalayta, yaa dzal jalaali wal ikram.

Artinya:

“Ya Allah, Engkau adalah Dzat yang mempunyai kesejahteraan, dari-Mu kesejahteraan itu, kepada-Mu akan kembali lagi segala kesejahteraan itu, Ya Tuhan kami, hidupkanlah kami dengan sejahtera. Masukanlah kami ke dalam surga kampung kesejahteraan. Engkaulah yang berkuasa memberi berkah yang banyak dan Engkaulah Yang Maha Tinggi, wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.”

Apabila Anda belum bisa menghapalkan lafadz dzikir yang panjang tadi, maka Anda bisa melafadzkan bacaan dzikir yang lebih pendek. Meski begitu, Anda juga bisa membaca dzikir tersebut dari smartphone atau buku agar bisa hapal nantinya.

Dalil yang Menganjurkan Dzikir Allahumma Antassalam

Bacaan dzikir ini adalah bacaan dzikir yang bersumber langsung dan dicontohkan oleh Baginda Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam sendiri. Oleh karena itu mengamalkannya insya Allah akan memberikan ganjaran yang baik bagi orang yang melakukannya.

Dalil anjuran untuk mengamalkan dzikir di atas adalah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. Di dalam hadist tersebut diceritakan bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam setiap selesai dari melaksanakan shalat maka beliau akan membaca istighfar sebanyak 3 kali.

Selanjutnya Baginda Nabi shalallahu alaihi wa sallam akan membaca dzikir Allahumma antassalam hingga akhir sampai wal ikram.

Hikmah Membiasakan Diri Berdzikir

Ada banyak hikmah yang bisa dipetik dari membiasakan diri untuk berdzikir dan mengingat Allah. Berikut adalah hikmah berdzikir:

1. Sebagai Identitas Seorang Muslim

Hikmah pertama yang bisa dipetik dari kebiasaan berdzikir mengingat Allah adalah hal tersebut menunjukkan identitas sebagai seorang muslim. Hal ini sebagaimana yang difirmankan oleh Allah subhanahu wa ta’ala di dalam Al Quran surah Annisa ayat 142.

Di dalam Al Quran surah Annisa ayat 142 Allah menjelaskan mengenai ciri-ciri orang munafik yang menipu Allah. Namun Allah sudah mengetahui mengenai tipuan mereka dan Allah-lah yang akan membalas tipuan mereka tersebut. Orang munafik juga malas untuk menunaikan shalat.

Orang munafik shalat dengan niat untuk menunjukkannya di hadapan manusia (riya’) dan tidaklah orang munafik itu mengingat Allah kecuali hanya sedikit saja. Oleh karena itu berdzikir adalah identitas seorang muslim karena dzikir adalah bukti identitas seorang muslim.

2. Mengampuni Dosa

Salah satu keutamaan lain dari berdzikir adalah akan diampuni dosa-dosanya terutama dosa-dosa kecil. Sebagai manusia tentu kita tidak bisa terhindar dari namanya dosa, terutama dosa kecil. Bahkan ulama dan sahabat Rasulullah juga tidak bisa terhindar dari namanya dosa kecil.

Oleh karena itu berdzikir adalah cara untuk seorang muslim agar diampuni dosa-dosanya. Allah juga menjamin akan memberikan seorang muslim yang sering menyebut nama Allah, baik perempuan dan laki-laki, jaminan pahala dan ampunan yang besar sebagaimana yang ada di Al Quran surah Al Ahzab ayat 35.

3. Menenangkan Hati

Keindahan lain dari kebiasaan berdzikir adalah dapat menenangkan hati dan jiwa. Sebagai manusia, kita tentunya selalu menghadapi permasalah kehidupan baik itu tertimpa musibah kekurangan materi, kesehatan, dan sebagainya.

Musibah itu seringkali membuat kita merasa depresi dan tidak berdaya. Berdzikir yang dilakukan dengan ikhlas karena Allah insya Allah dapat membantu menenangkan hati dan menjadikannya lebih tenteram.

4. Allah Mengingat Kita

Memperbanyak membaca dzikir baik itu dzikir Allahumma antassalam ataupun dzikir lainnya akan memberikan kita kebaikan tiada tara, yakni diingat oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Pengertian diingat oleh Allah adalah Allah akan senantiasa memberikan rahmat serta pengampunannya kepada kita.

Hal ini sebagaimana yang bisa kita baca dari Al Quran surah Al Baqarah ayat 152.

5. Memperoleh Keberuntungan

Memperbanyak dzikir kepada Allah maka kita akan memperoleh keberuntungan baik di dunia dan di akhirat. Hal ini sebagaimana di dalam firman Allah subhanahu wa ta’ala di Al Quran surah Al Anfal ayat 45 agar manusia sebanyak-banyaknya menyebut Allah supaya beruntung.

Oleh karena itu perbanyaklah dzikir dan doa sesuai dengan yang dicontohkan oleh Rasululullah shalallahu alaihi wa salam.

Dengan banyaknya pilihan bacaan setelah shalat yang bisa diamalkan, tentu akan sangat sayang sekali apabila seusai shalat kita tidak membaca dzikir, seperti dzikir Allahumma antassalam. Padahal, dzikir ini adalah salah satu ibadah yang sangat mudah diamalkan namun berat timbangannya di hari kiamat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.