Doa Allahumma Yassir Wala Tu'assir
undanganmagelang.com

Allahumma Yassir Wala Tu’assir

Posted on

Sebagai manusia, kita tentu kerap berhadapan dengan masalah dan juga tantangan dalam hidup. Setiap manusia tentu diuji dengan masalah yang berbeda-beda. Sebagai seorang muslim, kita meyakini bahwa berdoa kepada Allah dengan doa seperti allahumma yassir wala tu’assir adalah jalan keluar terbaik.

Tulisan Doa Allahumma Yassir Wala Tu’assir dengan Artinya

Sebenarnya ada berbagai macam doa yang bisa dibaca seorang muslim ketika meminta pertolongan dari Allah. Doa-doa tersebut ada yang berasal dari Al Quran langsung, ada pula yang dicontohkan oleh Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam ataupun doa yang dipanjatkan orang-orang shaleh.

Doa allahumma yassir wala tu’assir adalah doa yang dipanjatkan seorang hamba tatkala ditimpa ujian dan cobaan. Berikut adalah tulisan Arab, latin dan juga arti dari doa ini:

اَللّهُمَّ يَسِّرْ وَ لَا تُعَسِّر

Allahumma Yasir wala tu’assir.

Artinya: “Ya Allah permudahlah dan jangan Engkau persulit!”

Mengingat doa tersebut yang cukup pendek, sebenarnya tidak sulit untuk menghafalkan doa ini dan membacanya di waktu-waktu mustajab atau di waktu Anda ingin berdoa. Waktu mustajab yang dimaksud seperti waktu setelah shalat lima waktu, setelah azan, atau di waktu hujan.

Selain membaca doa tersebut, sebenarnya Anda tetap bisa berdoa memohon kemudahan dari Allah dengan doa dalam bahasa Indonesia atau bahasa yang Anda nyaman menggunakannya.

Allah subhanahu wa ta’ala tidak akan mempersulit manusia dan Allah memperkenankan doa dari apapun bahasa hamba-Nya.

Dalil Berdoa dengan Lafadz Allahumma Yassir Wala Tu’assir

Jika berbicara doa apalagi dalam bahasa Arab, kita tentu berusaha semaksimal mungkin agar doa yang kita amalkan tersebut berasal dari sumber yang dapat dipertanggung jawabkan. Sumber yang biasa digunakan tentu adalah Al Quran dan As Sunnah.

Terkait doa ini sendiri dikatakan berasal dari hadist shahih Bukhari dan Muslim di kitab Shahihnya. Hadist ini disampaikan oleh Rasulullah shalallahu alaihi wa salam ketika memberikan nasihat kepada sahabatnya yakni:

اَللّهُمَّ يَسِّرْ وَ لَا تُعَسِّر, بَشِّرُوْوَلَا تُنَفِّرُو

Allahumma Yassiruu walaa tu’assiruu, basyiruu walaa tunaffiruu.

Artinya: “Permudahlah, jangan dipersulit, berilah kabar gembira, jangan ditakut-takuti.”

Doa dimudahkan urusan
undanganmagelang.com

Berdasarkan doa tersebut di atas, kita bisa melihat bahwa kandungan dari doa itu berisi permohonan kepada Allah subhanahu wa ta’ala agar diberikan kemudahan ketika menghadapi permasalahan dan urusan. Kita juga meminta agar tidak diberikan kesulitan dalam menghadapinya.

Meski begitu, beberapa pihak menganggap bahwa doa ini terkesan kurang baik untuk dipanjatkan, karena memberikan kesan bahwa Allah subhanahu wa ta’ala menyulitkan hambanya.

Namun secara umum, sebenarnya tidak ada permasalahan membaca doa ini karena kita sebagai muslim memahami bahwa semua kemudahan serta kesulitan itu adalah ketentuan atau takdir Allah. Hal tersebut sebagaimana yang bisa kita lihat pada Al Quran surat An-Nisa ayat 78.

Di ayat tersebut Allah menjelaskan bahwa baik kebaikan dan juga keburukan atau bencana, semuanya itu datang dari sisi Allah. Dari sini kita mengetahui bahwa baik kebaikan dan kesulitan memang digariskan Allah, maka tidak mengapa meminta kemudahan dan dijauhkan dari kesulitan kepada Allah.

Doa Memohon Kemudahan Lainnya yang Bisa Diamalkan

Selain berdoa menggunakan doa di atas, ada beberapa alternatif doa memohon kemudahan yang bisa dipraktekkan. Tentu saja meski doa di atas bisa dipraktekkan dan tidak haram untuk diucapkan, namun akan lebih utama jika berdoa menggunakan doa yang ma’tsur.

Doa yang ma’tsur artinya doa tersebut ada contohnya langsung baik di dalam Al Quran ataupun Hadist shahih. Salah satu doa memohon kemudahan lainnya yang banyak dipanjatkan kaum muslimin adalah doa berikut ini:

جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

“Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa”

Artinya: Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.

Doa di atas adalah doa yang shahih dan memang dicontohkan langsung oleh Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam. Doa tersebut terdapat dalam hadist yang dikeluarkan Ibnu Hibban di dalam Shahihnya. Selain itu, ada juga oleh Ibnu Abi ‘Umar serta Ibnus Suni di dalam ‘Amal Yaum wal Lailah.

Faedah dari Doa Memohon Kemudahan

  1. Dari doa di atas, kita mendapatkan hikmah yang sangat mendasar terkait keimanan bahwa segala sesuatu kemudahan tersebut pasti datangnya hanya dari Allah subhanahu wa ta’ala semata. Bahkan, sesuatu yang dianggap oleh manusia begitu sulit pun bisa menjadi mudah jika dikehendaki Allah.
  2. Bergantunglah kepada Allah semata. Jadikan hati selalu terpaut pada Allah dan tidak menjadikan diri sendiri sebagai tempat bersandar karena pada hakikatnya manusia itu lemah.

Kita memang harus yakin ketika menghadapi suatu masalah, namun keyakinan itu tidak boleh hingga melupakan Rabb yang Maha Menentukan. Apabila kita terlalu bergantung pada diri sendiri, maka urusan justru akan semakin sulit.

  1. Beriman kepada takdir Allah subhanahu wa ta’ala baik yang baik dan buruk kedua-duanya sesungguhnya berasal dari Allah subhanahu wa ta’ala semata.
  2. Selalu berprasangka baik kepada Allah karena seringkali sesuatu yang dianggap buruk sebenarnya baik dan sebaliknya.

Anda dibebaskan untuk membaca doa allahumma yassir wala tu’assir maupun doa yang berasal dari hadist shahih terakhir. Pada hakikatnya, kedua doa tersebut mengajarkan kepada kita bahwa memohon pertolongan dan kemudahan hanya pada Allah semata.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.