Allahummaghfirlahu Warhamhu
undanganmagelang.com

Allahummaghfirlahu Warhamhu

Posted on

Shalat jenazah hukumnya fardhu kifayah dikerjakan oleh kaum muslimin terhadap saudara muslimnya yang meninggal dunia. Saat menyalatkan jenazah, salah satu rukun yang harus dijalankan adalah membaca doa untuk mayit yang diawali oleh allahummaghfirlahu warhamhu.

Membaca doa untuk mayit dilakukan setelah takbir ketiga. Bisa dibilang membaca doa untuk mayit setelah takbir ketiga adalah inti dari shalat jenazah.

Hal ini karena menyalati jenazah pada hakikatnya adalah berdoa kepada Allah subhanahu wa ta’ala memohonkan ampunan bagi orang yang meninggal.

Tulisan Doa Allahummaghfirlahu Warhamhu Lengkap dengan Arab, Latin, Arti

Ada beberapa doa yang bisa dibaca setelah takbir ketiga. Salah satu doa yang paling sering dibaca setelah takbir ketiga adalah doa yang diawali dengan kalimat allahummaghfirlahu warhamhu.

Berikut bacaan lengkap doa shalat jenazah setelah takbir ketiga yang termaktub di dalam hadist riwayat Muslim no. 963:

doa jenazah
undanganmagelang.com

Di dalam doa untuk jenazah, imam dan makmum shalat jenazah meminta kepada Allah agar jenazah tersebut diberikan rahmat dan diampuni dosanya.

Doa tersebut juga memohon kepada Allah agar jenazah diberikan rumah yang lebih baik di surga bersama keluarganya di dunia atau yang lebih baik dari keluarganya di dunia.

Terakhir juga dimintakan agar jenazah dijauhi dari siksa kubur dan siksa neraka. Inilah inti yang dipintakan di dalam doa shalat jenazah.

Bacaan Doa Shalat Jenazah untuk Wanita, Orang Banyak dan Anak Kecil

Bacaan doa di atas adalah doa yang dipanjatkan setelah takbir ketiga apabila jenazah yang dishalatkan adalah laki-laki.

Sebaliknya, apabila jenazah yang disemayamkan adalah perempuan, anak kecil atau orang banyak maka ada sedikit perbedaan pada doa yang dipanjatkan

1. Doa Shalat Jenazah untuk Wanita

Doa shalat jenazah untuk wanita hampir sama dengan doa untuk mayit laki-laki. Bedanya adalah dhammir hu untuk laki-laki digantikan dengan dhammir haa. Lafadz doanya secara lengkap sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْلَهَا وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا وَاكْرِمْ نُزُلَهَا وَوَسِّعْ مَدْخَلَهَا وَاغْسِلْهَا بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهَا مِنَ الْخَطَايَ كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وَاَبْدِلْهَا دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهَا وَاهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهَا وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهَا وَقِّهَا فِتْنَةَ الْقَبْرِ وَعَذَابَالنَّار

 “Allahummaghfirlahaa warhamhaa wa’aafihaa wa’fu’anhaa, waakrim nuzulahaa wawasi’madkholahaa, waghsilhaa bil maai watstsalji wal barod, wanaqqihaa min khotooya kamaa yunaqqotstsaubul abyadhu minadanas, wa abdilhaa daaron khoiron min daarihaa, wa ahlan khoiron min ahlihaa, wa zaujan khoiron min zaujihaa waqqihaa fitnatal qobri, wa ‘adzabannar.”

Artinya: “Ya Allah, Ampunilah dia, maafkanlah dia dan tempat-kanlah di tempat yang mulia (surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya di dunia, berilah keluarga (atau istri di surga) yang lebih baik daripada keluarganya di dunia, istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya), dan masukkan dia ke surga, jagalah dia dari fitnah kubur (siksa kubur) dan neraka.”

2. Doa Shalat Jenazah untuk Orang Banyak

Ada kalanya shalat jenazah dilakukan untuk banyak mayit. Hal ini biasanya terjadi apabila orang meninggal akibat kecelakaan transportasi umum seperti pesawat, kapal, bus, dan sebagainya.

Selain itu, kejadian bencana alam, pandemi, dan lainnya menyebabkan banyak jenazah yang harus dishalatkan bersamaan.

Apabila shalat jenazah digelar untuk orang banyak yang meninggal atau lebih dari dua orang, maka bacaan doa yang dipanjatkan seperti di atas namun dhammirnya diubah menjadi hum. Berikut adalah lafadz doa yang dibaca secara lengkap:

doa orang meninggal

3. Doa Shalat Jenazah untuk Anak Kecil

Apabila yang meninggal adalah anak kecil yang belum baligh, misalnya anak bayi, balita, atau anak-anak yang masih belum mumayyiz, maka sesungguhnya anak-anak tersebut masih belum terkena taklif hukum.

Artinya anak-anak tersebut masih terbebas dari dosa. Sehingga, khusus untuk anak kecil ada doa khusus yang dipanjatkan seperti berikut:

اَللَّهُمَّ اجْعَلْهُ لَنَا فَرَطًا وَسَلَفًا وَأَجْرًا

Allahummaj’ahu lanaa farothon wa salafan wa ajron

Artinya: “Ya Allah! Jadikan kematian anak ini sebagai simpanan pahala dan amal baik serta pahala buat kami”.

Doa di atas terdapat di dalam hadist riwayat Bukhari di dalam kitabnya yakni Al-Janaiz dalam bab Membaca Fatihatul Kitab Atas Jenazah. Hadist ini diriwayatkan secara mu’allaq -tanpa sanad-.

Jika dilihat dari kandungan isi doa untuk jenazah anak-anak, kita bisa melihat bahwa doa tersebut tidak ditujukan untuk meminta ampunan bagi sang mayit, namun memohon kepada Allah agar kematian tersebut menjadi amal baik dan simpanan pahala untuk yang menyalatkan ataupun umat muslim secara umum.

Baca Juga: Wallahu Alam Bishawab

Hal ini karena jenazah anak-anak pada hakikatnya tidak memiliki dosa. Sebaliknya, orang yang menyolatkan memiliki dosa sehingga memohon ampunan kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Bacaan Doa untuk Jenazah Singkat Saat Melayat

1. Doa Singkat untuk Jenazah Laki-Laki

Apabila Anda akan melayat ke kediaman jenazah dan tidak dapat menghapalkan doa panjang yang dibaca ketika shalat jenazah, maka Anda cukup membaca doa yang cukup singkat di bawah ini:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ

Allahummaghfirlahu warhamhu wa ‘afihi wa’fu anhu

Artinya: “Ya Allah! Ampunilah almarhum (jenazah), berilah dia rahmat-Mu, kesejahteraan, serta maafkanlah kesalahannya.”

Doa di atas adalah doa untuk jenazah laki-laki karena menggunakan dhammir hu di akhir kata.

2. Doa Singkat untuk Jenazah Wanita

Apabila jenazah yang meninggal adalah wanita satu orang, maka doa yang Anda baca saat melayat ke rumah duka menggunakan kata ganti orang atau dhammir ha menggantikan dhammir hu di atas.

Untuk lebih lengkapnya berikut doa yang dipanjatkan:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْلَهَا وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا

Allaahummaghfir laha warham ha wa’aafi ha wa’fu anha

Artinya: “Ya Allah! Ampunilah almarhumah (jenazah), berilah dia rahmat-Mu, kesejahteraan, serta maafkanlah kesalahannya.”

3. Doa Singkat untuk Jenazah Dua Orang

Apabila jenazah yang meninggal ada dua orang, baik itu keduanya adalah laki-laki, keduanya adalah perempuan ataupun dua orang yang terdiri atas laki-laki serta perempuan, maka doa yang dibaca saat melayat ke rumah duka menggunakan kata ganti orang atau dhammir huma menggantikan dhammir hu.

Berikut adalah doa singkat yang bisa dipanjatkan:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْلَهُمَا وَارْحَمْهُمَا وَعَافِهِمَا وَاعْفُ عَنْهُمَا

Allaahummaghfir lahuma warham huma wa’aafi hima wa’fu anhuma

Artinya: “Ya Allah! Ampunilah (jenazah) keduanya, berilah dia rahmat-Mu, kesejahteraan, serta maafkanlah kesalahan keduanya.”

4. Doa Singkat untuk Jenazah Lebih dari Dua Orang (Laki-Laki)

Jika jenazah yang meninggal lebih dari dua orang yang terdiri atas semuanya laki-laki, atau bisa juga terdiri atas laki-laki serta perempuan, maka doa yang dibaca saat melayat ke rumah duka menggunakan kata ganti orang atau dhammir hum menggantikan dhammir hu.

Berikut adalah doa singkat yang bisa dipanjatkan:

اَللهُمَّ اغْفِرْلَهُمْ وَارْحَمْهُمْ وَعَافِهِمْ وَاعْفُ عَنْهُمْ

Allaahummaghfir lahum warham hum wa’aafi him wa’fu anhum

Artinya: “Ya Allah! Ampunilah para (jenazah) almarhum, berilah mereka rahmat-mu, kesejahteraan, serta maafkanlah kesalahan mereka.”

5. Doa Singkat untuk Jenazah Lebih dari Dua Orang (Perempuan)

Jika jenazah yang meninggal lebih dari dua orang yang terdiri atas semuanya perempuan, maka doa yang dibaca saat melayat ke rumah duka menggunakan kata ganti orang atau dhammir hunna menggantikan dhammir hu. Berikut adalah doa singkat yang dibaca:

اَللهُمَّ اغْفِرْلَهُنَّ وَارْحَمْهُنَّ وَعَافِهِنَّ وَاعْفُ عَنْهُنَّ

Allaahummaghfir lahunna warham hunna wa’aafi hinna wa’fu anhunna

Artinya: “Ya Allah! Ampunilah para (jenazah) almarhumah, berilah mereka rahmat-Mu, kesejahteraan, serta maafkanlah kesalahan mereka.”

Baca Juga: Aamin ya Robbal Alamin

Anda juga bisa menuliskan doa singkat di atas tatkala mendengar kabar orang yang meninggal dari jauh dan hanya bisa mengirim ucapan berbela sungkawa melalui pesan singkat.

Setelah menuliskannya, bacalah doa di atas dengan bersungguh-sungguh meminta ampunan dari Allah kepada jenazah.

Doa di atas bisa juga langsung diucapkan tatkala Anda mendengar pengumuman orang yang meninggal dunia.

Maka setelah mengucapkan innalillahi wa inna ilaihi raji’un kalimat selanjutnya yang ada ucapkan adalah doa allahummaghfirlahu warhamhu seperti di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.