71

Apakah Anda tertarik dengan investasi digital emas? Pengamat menyarankan untuk membeli di bursa saham resmi

Posted on

Orang yang tertarik untuk berinvestasi atau memiliki emas digital disarankan untuk bertransaksi melalui bursa resmi. Usulan ini disampaikan Yoyuk Prasetyo, ekonom dan pengamat investasi Universitas Islam Nusantara Bandung (UNISPA).

Yoyok menjelaskan, transaksi melalui bursa resmi dapat menjamin keamanan emas digital yang dibeli. Selanjutnya, emas fisik juga akan disimpan dengan aman oleh lembaga penyimpanan.

“Melalui transaksi melalui bursa, dipastikan sesuai regulasi, keamanan transaksi dijamin oleh lembaga kliring dan emas fisiknya dipegang oleh lembaga penyimpanan,” kata Yoyuk dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (14/2). ). / 7/2022).

Ketentuan mengenai emas digital tertuang dalam Peraturan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Nomor 4 Tahun 2019 tentang Ketentuan Teknis Penyelenggaraan Pasar Fisik Digital Emas di Bursa Berjangka.

Peraturan tersebut menyebutkan bahwa perdagangan emas digital hanya dapat difasilitasi oleh bursa berjangka yang telah mendapat persetujuan Bappebti.

Dalam praktiknya, lanjut Yoyuk, sebaiknya sebelum membuat kesepakatan kepada publik untuk memverifikasi keabsahan perusahaan yang menawarkan emas digital, untuk menghindari investasi digital yang tidak sah pada emas.

“Untuk itu, seluruh pemangku kepentingan di ekosistem emas digital harus terus mengedukasi masyarakat tentang bagaimana melakukan transaksi emas digital secara formal,” saran Yoyuk.

Pasar emas fisik digital pada dasarnya adalah kegiatan jual beli emas di pasar yang dilakukan secara elektronik. Selain itu, pasar emas fisik digital juga menjadi sarana investasi melalui jual beli emas melalui sistem elektronik dengan penyerahan yang ditangguhkan.

Dalam praktiknya, pasar emas digital sebenarnya di bursa berjangka adalah pasar emas fisik yang diatur menggunakan sarana elektronik.

Fasilitas ini difasilitasi melalui perdagangan berjangka atau media elektronik yang dimiliki oleh penyalur emas fisik digital. Bagi pemilik emas digital, pencatatan kepemilikan juga dilakukan secara digital.

Dalam hal perdagangan di pasar emas digital fisik, sesuai peraturan Bappebti, emas yang diperdagangkan di pasar fisik adalah emas murni dengan kandungan aurum (au) minimal 99,9%.

Selain itu memiliki sertifikat yang mencantumkan kode urut, logo dan berat emas, serta satuan berat emas yaitu 1 gram, 2 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, 250 gram dan 1 kilogram.

Pasar emas fisik digital Indonesia telah diperdagangkan di Bursa Berjangka Jakarta sejak Maret 2022.

Data PT Kliring Berjangka Indonesia yang bertindak sebagai lembaga kliring menyebutkan, hingga akhir Juni 2022, terdapat 249.696 transaksi beli dan 366.819 transaksi jual.

Secara gramatikal, terdapat 1.620.459 gram transaksi pembelian dan 3.056.329 gram transaksi penjualan. Sedangkan dari sisi nilai, terdapat transaksi pembelian sebesar Rp228,2 miliar dan transaksi penjualan sebesar Rp33,7 miliar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.