arti barakallah fii umrik

Belajar Arti Barakallah Fii Umrik dan Penjelasan Sesuai Agama

Barakallah fii umrik yaitu ucapan atau kalimat yang biasa diucapkan umat islam pada saat memperingati hari kelahirannya. Arti barakallah fii umrik sangat luas dan masing-masing orang memiliki pendalaman yang berbeda-beda.

Ada yang beranggapan bahwa mengucapkan selamat pada hari ulang tahun tidak dianjurkan, ada pula yang merasa senang ketika diberi ucapan selamat karena merasa dipanjatkan doa dan diberi keberkahaan ketika umurnya bertambah. Bahkan ada sebagian orang akan melakukan perayaan khusus.

Makna Ulang Tahun Dalam Islam

Ada perbedaan pendapat mengenai makna ulang tahun di dalam Islam. Sebagian ulama menyampaikan bahwa ulang tahun adalah salah satu perbuatan dosa. Mereka berdalih bahwa perayaan tersebut merupakan perbuatan bid’ah.

Namun ada sebagian ulama yang berpendapat bahwa perayaan ulang tahun hukumnya mubah atau diperbolehkan. Meskipun kita tahu bahwa perayaan ulang tahun merupakan budaya bangsa eropa dan sama sekali bukan ajaran umat muslim.

Sebagian besar dari umat muslim yang pernah bermigrasi ke eropa, mereka mengadopsi kebiasaan-kebiasaan di sana, salah satunya yaitu perayaan ulang tahun.

arti barakallah fii umrik yang benar
undanganmagelang.com

Namun perlu Anda ketahui, bahwa memperingati hari jadi tidak harus dilakukan secara mewah seperti membuat balon dan meniup lilin.

Hari ulang tahun sebaiknya diperingati dengan mengevaluasi diri dan mutaba’ah pada diri kita sejauh mana kita melakukan amalan-amalan yang bermanfaat untuk kehidupan didunia dan akhirat nanti. Ulang tahun sering disebut juga dengan hari jadi atau hari lahir seseorang.

Selain itu, ulang tahun juga bisa dimanfaatkan untuk mengintropeksi diri kita masing-masing. Dengan bertambahnya umur, maka kita dianjurkan untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan bermanfaat bagi orang lain.

Bagaimana Sebaiknya Seseorang Menyikapi Penambahan Umur?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa memperingati hari ulang tahun cukup dengan mengevaluasi diri dan mereview kembali mengenai amalan-amalan apa saja yang telah kita perbuat.

Karena hakikatnya semua jenis amalan yang sudah pernah diamalkan perlu kita review lagi dan ditinjau kembali.

Dengan demikian, maka kita akan mengetahui dimana letak kekurangan dan kelemahan kita di tahun sebelumnya.

Janganlah kita jadikan ulang tahun menjadi suatu hal yang mewah dan wajib dirayakan, apalagi sebagai sarana untuk melakukan maksiat seperti minum-minuman yang memabukkan, nongkrong, berpacaran dan sebagainya. Naudzubillah.

Arti Barakallah Fii Umrik dan Penjelasannya

Menurut bahasa barakallah fii umrik memiliki arti semoga kamu mendapatkan keberkahan dari Allah SWT pada hari pertambahan usiamu.

Dengan begitu, bahwa kalimat ini merupakan sebuah kalimat yang makna dan doa didalamnya.

ulang tahun
Pinterest.com

Maka dari itu, sebaiknya selalu menggunakan kalimat ini dengan baik dan tidak menyalahgunakan. Sehinggga dapat memberikan makna yang baik, sehingga doa tersebut memberikan suatu keberkahan dalam kehidupan kita.

Tulisan Arab Barakallah fii Umrik Sebagai Do’a

Selain itu, barakallah fii umrik برك الله في أمرك ternyata mengandung banyak doa lainnya ketika diucapkan untuk saudara kita, sehingga mereka akan selalu diberi keberkahan seiring dengan usianya bertambah. Tidak hanya itu saja, namun doa ini juga bermanfaat bagi diri kita sendiri.

Jadi pelafalan doa ini tidak hanya untuk memanjatkan doa agar panjang umur, akan tetapi juga untuk keberkahan dalam setiap langkahnya.  Adapun jika Anda mengucapkan doa ini ketika saudara kita sedang ulang tahun.

Tentunya jauh lebih baik dan bermakna keimbang menyanyikan lagu “Panjang Umurnya” atau “Happy Birthday.” Lalu, apakah barakallah fii umrik termasuk salah satu ucapan selamat ulang tahun yang islami? Jawabannya adalah tidak.

Hikmah

Meskipun kita tahu bahwa ucapan ini merupakan doa terbaik yang sebaiknya diucapkan ketika memperingati hari jadi. Namun, bukan berarti ucapan tersebut termasuk ucapan selamat ulang tahun islami.

Pada hakikatnya ketika usia bertambah tidak ada yang perlu digembirakan atau di selamatkan. Setiap orang yang bertambah usianya, maka beban hidupnnya akan semakin bertambah. Dari situ maka amanah yang kita bawa juga semakin berat.

Maka sangat dianjurkan untuk lebih banyak mendekatkan diri kepada Allah SWT. Alangkah baiknya dengan mendoakan agar orang tersebut dipanjangkan usianya dan diberkahkan dalam setiap langkahnya.

Rasulullah SAW bersabda, bahwa senjata umat muslim yang utama yaitu doa. Karena dengan doa, maka semua bisa berubah menjadi lebih baik dan setidaknya mengajarkan seseorang untuk menjadi lebih rendah hati.

Dengan mengetahui arti barakallah fii umrik dan maknanya di atas, semoga kita bisa memaknai ucapan tersebut dan mengamalkan doa untuk mendapatkan pahala jariah yang jumlahnya berlipat ganda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.