tulisan arab mabruk alfa mabruk

Arti Mabruk Alfa Mabruk

Dalam kehidupan ini ternyata masih banyak yang belum mengetahui arti mabruk alfa mabruk. Semenjak munculnya lagu qasidah tentang ulang tahun yang berjudul “Alfa Mabruk”, kini kata ini semakin dicari artinya oleh netizen. Kemungkinan Anda juga merasa penasaran mengenai arti kata tersebut.

Bagi Anda yang belum mengetahui atau mendengar lagu tersebut maka bisa di cek di youtube. Lagu berjudul “Alfa Mabruk” yang merupakan ciptaan Habib Rizieq memang memiliki makna yang sangat menyentuh hati. Habib Rizieq juga dikenal sebagai seorang tokoh pemimpin FPI.

Arti Mabruk Alfa Mabruk

Ternyata lagu yang diciptakan oleh Habib Rizieq ini memiliki arti yang sangat indah dan dalam. Secara garis besar, lirik dari lagu tersebut menceritakan mengenai ulang tahun. Jadi bisa kita simpulkan bahwa arti dari kata tersebut adalah berhubungan dengan hari jadi seseorang.

Mabruuk alfa mabruuk
Undanganmagelang.com

Hal itu bisa jadi berupa ucapan selamat ulang tahun ataupun doa yang dipanjatkan untuk saudara atau sahabat kita pada saat memperingati hari kelahirannya. Nah, agar Anda tidak semakin penasaran mengenai apa itu arti kata tersebut. Silahkan simak pembahasan berikut ini secara lengkap.

Mabruk alfa mabruk merupakan sebuah ucapan bahasa arab yang mengandung makna yang sangat baik. Secara harfiah, makna dari kata ini adalah “semoga kamu diberkahi dengan ribuan berkah” atau “berkah yang beribu berkah”.

Kata ini biasanya diucapkan untuk seseorang yang sedang memperingati peritiwa pada hari jadinya. Biasanya dituliskan secara lengkap yaitu mabruk alfa mabruk ‘alaika mabruk, barakallah fii umrik. Apabila diartikan kata perkata, maka kata mabruk memiliki arti berkah atau semoga berkah.

Sedangkan kata alfa mabruk artinya seribu keberkahan. Dengan memberikan ucapan ini yang ditujukan pada seseorang yang sedang merayakan milad sebagai doa dan pengharapan agar di usianya menjadi lebih berkah dan bermanfaat bagi orang lain.

Makna Lengkap kata Mabruk Alfa Mabruk

Ucapan ini memiliki makna yang cukup luas yaitu suatu doa dan harapan yang lebih berkah bagi seseorang yang sedang merayakan momen berharga. Sebagaimana yang kita ketahui, bahwa dalam agama Islam momen bertambahnya usia merupakan salah satu peristiwa penting.

Pada waktu tersebut sangat tepat untuk merenungi semua hal yang telah dilewati selama perjalanan usianya. Apakah selama umur atau usia yang dimilikinya sudah digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat untuk dunia dan akhirat atau malah sebaliknya.

Seorang muslim sejati akan memanfaatkan hari-harinya dengan sesuatu yang sebaik-baiknya. Mereka memahami bahwa usia yang mereka miliki adalah anugerah dari Allah SWT yang harus digunakan untuk lebih banyak mendekatkan diri kepada penciptaNya untuk beramal sholeh.

Manusia di perintahkan untuk bertakwa kepada Allah SWT dengan manjalankan semua pernitahNya dan menjauhi laranganNya. Karena sesorang yang bertakwa akan merasa takut dan diawasi selama 24 jam dalam menjalankan rutinitas.

Sebagaimana yang dituliskan di dalam Al-Qur’an Surat Adz Dzariya pada ayat 56, yang mengandung arti “Dan aku tidak pernah menciptakan manusia selain agar mereka beribadah kepada-Ku”

Dengan ucapan mabruk alfa mabruk, maka diharapkan seseorang yang sedang memperingati hari kelahirannya agar diberikan umur yang panjang dan diberkahkan segala sesuatunya menjadi lebih baik dan bermanfaat.

Penggunaan Kalimat Mabruk Alfa Mabruk yang Tepat

Mabruuk alfa mabruuk ‘alaika mabruuk, Mabruuk alfa mabruuk yaum miiladik mabruuk
Undanganmagelang.com

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa kata tersebut sering digunakan untuk memberikan ucapan kepada seseorang yang sedang merayakan hari ulang tahunnya. Kata ini mengandung makna yang sangat baik dan bertujuan agar orang yang diberikan ucapan mendapat suatu keberkahan yang melimpah.

Berikut ini merupakan sebuah contoh dalam menggunakan kata tersebut yang disusun dengan beberapa kalimat lainnya. Sehingga arti dari kalimat yang digunakan untuk memberikan ucapan itu memiliki arti yang lebih kompleks.

مَبْرُوْكْ اَلْفَ مَبَرُوْكْ عَلَيْكَ مَبَرُوْكْ

مَبْرُوْكْ اَلْفَ مَبَرُوْكْ يَوْمِ مِيْلَدِكَ مَبْرُوْك

 

Latin: Mabruuk alfa mabruuk ‘alaika mabruuk, Mabruuk alfa mabruuk yaum miiladik mabruuk

Artinya : Selamat memperingati hari milad, semoga Allah selalu melimpahkan rahmat yang sebaik-baiknya dan menjadikan kehidupanmu jauh lebih berkah.

Dengan Anda memberikan ucapan selamat kepada seseorang pada hari miladnya menggunakan bahasa arab memang akan terlihat lebih islami dan religious. Bahkan seseorang yang mendapatkan ucapan juga akan merasa senang dan lebih dihargai karena diberikan doa yang baik.

Maka dari itu, mulailah Anda untuk mengubah ucapan selamat yang biasa-biasa saja dengan menggantinya menggunakan ucapan mabruk alfa mabruk.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.