Tulisan arab Yarhamukallah
Undanganmagelang.com

Arti Yarhamukallah

Posted on

Bersin merupakan hal yang kerap dialami oleh manusia. Dalam agama Islam orang yang bersin dianjurkan untuk membaca Alhamdulillah sebagai rasa syukur dan yang mendengarkan membaca yarhamukallah.

Tapi tahukah Anda apa sih sebenarnya arti yarhamukallah dan apa alasan harus mengucapkannya? Cari tahu jawabannya pada bacaan di bawah ini ya!

Arti Yarhamukallah Itu Apa?

Sebelum membahas lebih jauh, Anda harus tahu apa sih sebenarnya arti yarhamukallah? Jawabannya adalah:

يَرْحَمُكَ اللَّهُ

Semoga Allah melimpahkan rahmatNya kepadamu.

Sebenarnya sangat simpel, namun rahmat itu sendiri memiliki makna yang sangat luas.

Tidak ada yang lebih luas selain rahmat atau kasih sayang Allah. Lalu pertanyaannya kenapa sih harus diucapkan ketika ada orang yang bersin? Tidak bisakah diam saja? Nah simak beberapa poin di bawah ini untuk mendapatkan jawabannya ya!

Mengapa Harus Mengucapkan Yarhamukallah?

arti yarhamukallah
undanganmagelang.com

1. Merupakan Fardhu Kifayah

Asal-usul kenapa dikatakan fardhu kifayah berasal dari kisah Nabi Muhammad SAW yang pada waktu itu mencontohkan orang yang bersin.

Beliau memberikan anjuran bahwasanya siapapun yang bersin harus mengucapkan Alhamdulillah.

Tidak berhenti sampai disitu, hendaknya ia merendahkan suara sehingga tidak mengejutkan teman yang ada di sekitarnya, mengeraskan ucapan hamdalah, menutup wajah agar cairan yang dikeluarkan dari mulut atau hidung tidak menular.

Nah setelah itu, Nabi Muhammad SAW juga mencontohkan adab bagi siapapun yang mendengar temannya bersin yaitu hendaknya mengucap yarhamukallah karena merupakan hak seorang muslim terhadap muslim lainnya.

Menurut Qaradhawi, membaca yarhamukallah adalah wajib hukumnya karena termasuk kewajiban antara satu orang dengan lainnya.

Namun beberapa ulama Malikiah menjelaskan jika sudah ada sebagian orang yang melakukannya (mengucap yarhamukallah), maka gugurlah kewajiban yang lainnya.

Kecuali jika dia memang sakit influenza atau pilek, dianjurkan hanya sekali saja mendoakannya.

Baca Juga: Syafakallah Artinya

Nabi Muhammad juga memberikan contoh ketika ada seorang kafir yang bersin, beliau tidak mengucap yarhamukallah melainkan “Mudah-mudahan Allah memberikan petunjuk kepadamu dan memperbaiki keadaanmu. Sampai sini apakah bisa dipahami?

2. Mendoakan Sesama Muslim adalah Hal yang Baik

Nah arti yarhamukallah di atas adalah doa agar seorang muslim diberikan rahmat oleh Allah. Tentu tidak ada yang jelek perihal berdoa, apalagi jika itu baik. Ingat segala sesuatu yang dilakukan pada orang lain akan kembali ke diri sendiri.

Jadi jika Anda ingin mendapatkan kasih sayang dari Allah, maka doakan orang lain terlebih dahulu dengan penuh keikhlasan semata-mata mengharap ridho Allah, dengan begini Anda akan menjadi orang yang lebih bertaqwa dan selalu menjaga hablum minannas.

3. Alasan Medis

Kenapa sih harus membaca Alhamdulillah dan yarhamukallah? Hal ini berkaitan dengan alasan medis. Dalam otak manusia terdapat kekuatan untuk berpikir.

Selain itu, otak adalah pusat dari semua sistem urat-saraf yang juga menjadi sumber indra.

Apabila ada sesuatu yang menyebabkan otak terhindar dari gangguan maka semuanya akan berfungsi dengan baik dan bersin menjadi salah satunya. Ia melindungi otak dari hal-hal yang dapat mengganggu kinerjanya.

Oleh karena itu, bersin merupakan nikmat Allah yang tak ternilai harganya dan siapa saja yang mengetahui, maka harus menjawab yarhamukallah untuk menunjukkan betapa sayangnya Allah kepada para hambaNya.

4. Sebagai Ungkapan Bersyukur kepada Allah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwasanya mendoakan orang lain juga sebagai sarana bersyukur dan barang siapa yang pandai bersyukur maka Allah akan menambahkan kenikmatan padanya. Berbeda lagi ketika Anda mengumpat atau yang lainnya.

Baca Juga: Jazakallah Khairan Katsiiro

Itu tandanya Anda tidak bersyukur jika Allah telah mentakdirkan seseorang itu bersin. Hal ini menyebabkan dicabutnya kenikmatan yang telah Allah berikan atau dikurangi.

Pastinya semua orang ingin hidup bahagia, maka perbanyaklah bersyukur dengan cara kecil.

Contohnya mengucap yarhamukallah tadi. Toh tidak membuang tenaga, waktu dan harta Anda kan? Jadi, mulai dari sekarang silahkan menerapkannya pada kehidupan sehari-hari ya.

5. Menambah Keakraban

Arti yarhamukallah sudah Anda ketahui lengkap dengan alasan kenapa harus mengucapkannya. Tapi tahukah Anda jika ada satu lagi yang sekaligus menjadi kabar bahagia, yaitu dapat menambah keakraban antara satu orang dengan lainnya.

Bagaimana bisa? Contohnya ketika ada orang yang tidak dikenal bersin, kemudian Anda menjawabnya, pasti orang tersebut akan merasa tertarik dan mengucapkan terimakasih. Nah dari terimakasih inilah Anda bisa berkenalan dan menambah relasi.

Hal ini juga berlaku untuk orang yang dikenal karena bisa mempererat persaudaraan dan Anda akan mendapatkan doa kembali seperti yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad pada poin nomor satu di atas, yaitu “Mudah-mudahan Allah memberikan petunjuk padamu”.

Nah tidakkah Anda ingin keharmonisan ini terjadi? Jadi semua dalam Islam itu mengandung makna kebaikan, bahkan hal terkecil seperti bersin ini.

Bagaimana apakah Anda sudah paham dengan benar arti yarhamukallah dan alasan mengucapkannya? Jika sudah, maka silahkan dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari ya, karena berdoa itu tidak ada ruginya dan akan mendapatkan keberkahan yang berlipat ganda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.