Bacaan Ratib Al Haddad
Undanganmagelang.com

Bacaan Ratib Al Haddad

Posted on

Membaca doa dan dzikir adalah dua hal yang sangat dianjurkan. Tujuannya bermacam-macam yaitu menolak musibah, memanjangkan umur, memuji Allah, meminta rezeki dan masih banyak lagi yang lainnya. Salah satu yang terkenal di pesantren adalah bacaan Ratib Al Haddad.

Apabila Anda penasaran lengkapnya, maka membaca penjelasan ini dari awal hingga akhir adalah pilihan yang tepat.

Bacaan Ratib Al Haddad

Sebelum membahas lebih jauh, Anda harus memahami bahwasanya Ratib Al Haddad adalah amalan yang isinya doa dan dzikir karya seorang ulama’ asal Hadramaut yang bernama Habib Abdullah bin Alwi bin Muhammad al Haddad tahun 1055 – 1132 H.

Amalan ini dinilai memiliki banyak khasiat, sehingga tak heran jika dijadikan amalan rutin santri di beberapa pondok pesantren seluruh daerah Indonesia. Ratib Al Haddad ini sendiri terinspirasi pada malam lailatul qadar (27 Ramadhan 1071 H).

Jika Anda bertanya Ratib Al Haddad dibaca kapan maka jawabanya adalah setelah sholat isya’ dan shubuh. Namun jika ingin membaca satu hari satu kali saja maka tidak masalah. Jika Anda penasaran dengan bacaannya maka silahkan bisa Download Bacaan Ratib Al Hadad Lengkap.

Sedangkan untuk doanya sendiri bisa terserah yang melantunkan dan disesuaikan dengan hajatnya masing-masing.

Namun biasanya, jika di pesantren yang membaca doa adalah Kiai dan itu diyakini sebagai doa yang mencakup keseluruhan.

Bacaan Ratib Al Haddad di atas juga bisa dilakukan sendiri di rumah loh. Mengingat berdoa bisa kapanpun asalkan dengan hati yang ikhlas dan benar-benar mengharap Ridha Allah SWT.

Manfaat Ratib Al Haddad

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwasanya Ratib Al Haddad tidak diragukan lagi manfaatnya. Semua sudah terangkum dalam kitab yang berjudul Wirdul Imam Al ‘Allamatud Dunya yang sudah dirangkum pada beberapa poin di bawah ini:

1. Memanjangkan Umur

Manfaat yang pertama adalah memanjangkan umur. Coba Anda perhatikan pada bacaannya, ada salah satu bagian yang meminta Allah untuk dipanjangkan umurnya.

Maka apabila Anda mengamalkan doa ini secara rutin, maka akan terhindar dari kematian yang mendadak.

Memang umur tidak ada yang tahu dan sudah dipastikan oleh Allah SWT sejak dalam kandungan, namun ada satu yang bisa mengubahnya yaitu doa dan Ratib Al Haddad di atas adalah yang paling sesuai.

2. Mati dengan Khusnul Khatimah

Bacaan Ratib Al Haddad, selain memanjangkan umur maka bisa membuat seseorang mati dengan khusnul khatimah (akhir yang baik).

Inilah yang diinginkan semua orang, mengingat semua proses yang dilakukan di dunia tidak akan membohongi detik-detik menjelang mati.

Namun harus tetap diiringi dengan ibadah lain dan tidak meninggalkan yang wajib, karena ada dua hubungan yang wajib dibagun yaitu hubungan dengan Allah dan dengan manusia.

3. Penjagaan dari Segala Bencana

Setiap orang akan ditimpa Allah dengan bencana untuk menguji sejauh mana kadar keimanan. Bencana ini ada yang di darat, laut dan udara.

Namun apabila Anda rutin mengamalkan Ratib Al Haddad ini maka Allah akan mengirimkan malaikat penjaga.

Jadi, Anda akan dijaga dari segala kemalangan. Jangan lupa sedekah juga ya, karena ia juga dapat menolak bala’.

4. Mengabulkan Hajat

Sudah pasti jika bacaan Ratib Al Haddad ini diucapkan karena seseorang memiliki hajat atau keinginan tertentu.

Anjurannya, Anda harus membaca di tempat yang sepi agar menambah kekhusyukan, menghadap kiblat, suci dari hadas besar dan kecil.

Apabila sudah selesai membaca semuanya, maka silahkan sebut apa keinginan Anda. Allah akan mengabulkan baik cepat ataupun lambat.

5. Terhindar dari Sifat Kemunafikan

Hadits Nabi sudah menjelaskan bahwasanya orang yang munafik dibagi menjadi tiga ciri-ciri. Pertama apabila berkata maka ia berbohong. Kedua jika berjanji ia mengingkari dan ketiga dan ketika dipercaya ia berkhianat.

Semua itu terjadi karena lemahnya iman dari seseorang. Oleh karena itu membaca doa dan dzikir adalah salah satu jalan untuk meningkatkannya dan senantiasa menjadi orang yang apa adanya, tidak munafik.

6. Memperoleh Kemudahan di Segala Urusan

Percaya atau tidak, segala kemudahan yang Anda rasakan semua tergantung bagaimana menjaga hubungan dengan Allah SWT. Apabila Anda merasa jauh, maka urusan pun akan terasa sulit.

Oleh karena itu, membaca dzikir dan doa Ratib Al Haddad bisa mendekatkan diri kepada Allah dan semua urusan yang ada di dunia akan diberikan kemudahan. Ingat, tidak ada tempat bergantung dan berharap selain Allah SWT.

7. Terjaga dari Bencana Kebakaran dan Pencurian

Tahukah Anda jika sebuah rumah dibacakan Ratib Al Haddad maka akan terjaga dari kebakaran dan pencurian, mencakup 40 rumah di sekitarnya.

Bayangkan saja, apabila dalam satu dusun mengamalkannya, maka betapa tentram dan asrinya suasana yang ada disana.

Bagaimana apakah Anda sudah memahami dengan baik dan benar bacaan Ratib Al Haddad? Jika sudah, segera amalkan setiap selesai solat isya atau subuh ya.

Pastikan suasana sekitar tenang agar lebih khusyuk dan doa bisa langsung dikabulkan oleh Allah SWT.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.