hemat biaya nikah

Pernikahan Terhalang Karena Biaya Nikah yang Mahal? Gunakan 7 Tips Hemat Ini

Banyak pasangan di luar sana yang rela menunda pernikahannya hanya dengan alasan biaya menikah yang mahal. Padahal menikah adalah hal yang sakral dimana yang dibutuhkan hanyalah mempelai pria dan wanita, saksi, wali dan juga penghulu.

Lantas, Mengapa Biaya Nikah Menjadi Hal yang Mempersulit Pernikahan?

Ada banyak alasan mengapa biaya nikah menjadi persoalan yang rumit dalam prosesi pernikahan. Ini karena banyak pasangan yang menginginkan pernikahan yang dilakukan hanya terjadi seumur hidup. Oleh sebab itu, mereka ingin membuat sebuah pernikahan yang bisa dikenang selamanya.

Dan untuk mewujudkan hal tersebut, salah satunya dengan mengadakan pernikahan yang mewah. Seperti yang diketahui bahwa pernikahan yang mewah membutuhkan biaya yang banyak. Bahkan, banyak keluarga yang rela berhutang hanya untuk mewujudkan pernikahan tersebut.

Baca: Contoh Undangan Pernikahan

Jika Sudah Begini, Bisakah Sebuah Pernikahan Dilakukan Dengan Penuh Makna dan Berkesan Namun Dengan Biaya yang Murah?

Melaksanakan sebuah pernikahan tentunya membutuhkan baya. Dimulai dari biaya untuk mas kawin, hingga melaksanakan sebuah resepsi. Meskipun demikian, hal ini tidak menutup kemungkinan melaksanakan pernikahan dengan biaya murah.

biaya nikah hemat

bhgre.com

Jangan sampai niat baik Anda untuk melangsungkan pernikahan terhambat hanya karena biaya nikah yang mahal. Sebab, yang namanya menikah itu harus disegerakan meskipun dengan atau tanpa adanya biaya.

Lantas, Bagaimana Cara Meminimalisir Biaya Nikah Agar Lebih Hemat?

Untuk Anda yang memiliki niat menikah dengan biaya yang hemat, Anda bisa ikuti beberapa trik ini. Dijamin deh Anda bisa menikah dengan khidmat tanpa pusing memikirkan biaya yang banyak. Berikut ini adalah beberapa trik yang bisa diikuti.

1. Seserahan

Sebelum proses pernikahan dilaksanakan, maka prosesi yang akan dilaksanakan adalah lamaran. Nah, dalam prosesi lamaran, maka calon pengantin pria akan memberikan seserahan kepada calon pengantin wanita.

Untuk memberikan seserahan ini, tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun, untuk menyiasati biaya pernikahan, Anda bisa memberikan seserahan pada saat harga-harga barang sedang diskon. Dengan demikian, seserahan yang diberikan lebih hemat biaya.

2. Cincin Pernikahan

Selain seserahan, menikah juga membutuhkan cincin pernikahan. Adapun cincin pernikahan juga biasanya berbentuk cincin emas. Seperti yang diketahui bahwa harga emas bisa dikategorikan cukup mahal per gramnya.

Jika Anda memiliki biaya yang minim, maka Anda bisa menyiasati dengan mengurangi kadar emas yang ada pada cincin. Dengan demikian, harga cincin pernikahan akan jauh lebih murah.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas cicilan dengan melakukan pembelian perhiasan secara online. Nah, untuk melakukan pelunasan bisa dilakukan setelah proses pernikahan dilakukan.

Baca: Cara Mendesain Undangan

3. Memilih Lokasi Pernikahan

Ada dua pilihan lokasi pernikahan yang sering digunakan oleh para pengantin, yakni di gedung dan di rumah. biaya nikah di gedung tentunya tidak bisa disepelekan, Anda harus menyediakan biaya yang cukup banyak.

Berbeda halnya jika Anda melangsungkan pernikahan di rumah, tentunya biaya nikah di rumah akan jauh lebih murah dan hemat. Pasalnya, saat Anda memutuskan untuk melaksanakan pernikahan di rumah, maka Anda hanya memerlukan biaya dekorasi,  bangku dan tenda saja.

Ada solusi lain jika Anda ingin melangsungkan pernikahan yang murah tanpa harus membayar sewa tempat selain di rumah. Anda bisa melangsungkan pernikahan di taman kota, sebab sejak tahun 2015 lalu taman kota boleh dijadikan tempat untuk menikah tanpa dikenakan biaya.

4. Souvenir

Benda satu ini juga menjadi hal yang penting jika Anda ingin melangsungkan sebuah resepsi pernikahan. Souvenir ini digunakan sebagai kenang-kenangan bagi para tamu bahwa mereka pernah mendatangi acara pernikahan Anda.

Souvenir pernikahan terdiri dari beberapa macam, dimulai dari harga yang murah hingga souvenir dengan harga yang mahal. Untuk Anda yang memiliki budget minim dan ingin menghemat biaya nikah, tidak ada salahnya jika memilih souvenir murah.

Agar lebih hemat biaya, Anda juga bisa membeli souvenir secara online. Di sana harga souvenir akan jauh lebih murah. Terlebih lagi saat ini pembelian souvenir juga bisa dikredit lo.

5. Menyewa Baju Pengantin

Saat ini banyak pengantin yang melakukan pernikahan dengan membuat baju pengantinnya sendiri. Padahal, untuk membuat satu stel baju pengantin tidaklah murah. Apalagi jika baju pengantin yang dibuat merupakan rancangan desainer terkenal.

Bukankah hanya untuk baju pengantin saja sudah mengeluarkan biaya hingga jutaan rupiah. Dibandingkan harus membuat baju pengantin sendiri, tidak ada salahnya jika Anda menyewa gaun pengantin yang sudah disediakan oleh salon rias.

Selain harganya lebih murah, Anda juga bisa memilih baju pengantin yang pas sesuai dengan yang diinginkan. Selain itu Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak, toh baju pengantin juga digunakan sekali seumur hidup.

Jika Anda membelinya, belum tentu baju tersebut digunakan lagi. apabila Anda menikah lagi, tentunya baju pengantin yang Anda miliki sudah tidak ngetren jika digunakan kembali.

6. Memasak Sendiri

Banyak pengantin yang hanya mencari praktisnya saja dengan memesan catering untuk memenuhi kebutuhan konsumsi saat pesta pernikahan. Padahal memesan catering membutuhkan biaya yang tidak sedikit, bahkan jauh lebih mahal.

Jika Anda ingin menghemat biaya nikah, Anda bisa menggunakan trik menghemat biaya konsumsi dengan memasak sendiri. Undang beberapa tetangga dan kerabat yang bisa masak untuk menyediakan konsumsi untuk para tamu undangan.

Momen ini juga bisa dijadikan sebagai momen yang tepat untuk kumpul bersama keluarga. Selain Anda bisa lebih hemat biaya, sisa makanan juga jauh lebih banyak sehingga bisa dibagikan kepada kerabat atau tetangga-tetangga dekat.

Selain itu, memasak sendiri juga dilakukan untuk menghindari terjadinya kekurangan makan pada saat pesta pernikahan sedang berlangsung. Bukankah cara ini menjadi salah satu cara yang tepat untuk menghemat biaya nikah?

7. Liburan Bulan Madu

Pasangan pengantin yang sudah resmi menikah tentunya ingin merencanakan bulan madu. Meskipun bulan madu bukanlah sebuah momen yang wajib dilakukan, namun momen ini menjadi momen yang paling ditunggu oleh pasangan pengantin baru.

Untuk melakukan bulan madu, tentunya Anda juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dimulai harga tiket pesawat, kamar hotel, tiket wisata, hingga makan dan oleh-oleh saat pulang nanti.

Semua itu tentunya membutuhkan biaya yang cukup banyak jika dirinci. Nah, untuk menyiasati hal tersebut, Anda bisa melakukan bulan madu selain di musim liburan. Hal ini bertujuan agar Anda bisa mendapatkan harga tiket yang jauh lebih murah.

Jika dihitung-hitung, bukankah semuanya merupakan paket lengkap pernikahan yang biasa didapatkan dengan biaya yang sedikit?

Memang cara ini terlalu ngirit dan tergolong terlalu hitung-hitungan. Namun, hal ini tidak menjadi masalah jika Anda ingin mengadakan sebuah pesta pernikahan yang layak dengan biaya yang murah. Menariknya lagi, dengan menggunakan cara ini Anda bisa melangsungkan bulan madu bersama pasangan lo.

Selain itu, pesta pernikahan juga tidak malu-maluin, terutama bagi calon besan yang datang berkunjung. Selain lebih hemat, pesta pernikahan ini juga bisa disesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk menggunakan tips ini? Untuk Anda yang minat dan tertarik, Anda bisa gunakan ketujuh tips menghemat biaya nikah di atas. Jangan jadikan biaya nikah sebagai penghalang kebahagiaan Anda.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.