cara memilih cincin tunangan
vecteezy.com

Cincin Tunangan

Posted on

Cincin tunangan adalah salah satu syarat dalam melakukan proses pengikatan diri dengan calon pasangan dan cincin tunangan termasuk bagian sakral untuk pasangan yang akan menikah.

Banyak calon pasangan yang rela menabung untuk membeli cincin yang terbaik.

Tentunya dalam memilih cincin tunangan tersebut tidak boleh sembarangan, cincin harus sesuai dengan selera calon pasangan dan harus cocok ketika diselipkan di jari pasangan Anda.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih cincin tunangan tersebut.

Dari mulai bentuk yang sesuai, ukuran serta anggaran dana yang harus dipersiapkan.

Hal penting yang perlu Anda catat, bahwa cincin untuk pertunangan tentunya sangat berbeda dengan cincin kawin atau cincin yang biasa digunakan untuk pernikahan.

Tips Memilih Cincin Tunangan

Lalu, apa saja tipsnya ketika akan membeli cincin tunangan tersebut? Simak pembahasannya di bawah ini.

tips beli cincin tunangan
rumedia24.com

1. Perhatikan Budget yang Harus Dipersiapkan

Sebelum Anda memilih cincin, sebaiknya Anda persiapkan terlebih dahulu budgetnya dan jika sudah dipersiapkan, maka hitung kembali budget yang Anda miliki tersebut.

Kenapa? Karena besar atau kecilnya budget yang dimiliki akan menentukan cincin seperti apa yang akan dibeli.

Jika Anda hanya memiliki budget yang terbatas, maka Anda tidak perlu memaksakan diri untuk membeli cincin tunangan yang terlalu mewah.

Karena yang terpenting dari cincin tunangan adalah cocok dipakai pasangan dan keseriusan Anda terhadap pasangan.

Tentunya, cincin tunangan yang dibeli dengan keringat sendiri jauh lebih berharga dimata pasangan Anda.

2. Tentukan Bentuk Band

Sebelum membeli cincin tentunya saja Anda harus menentukan bentuk band nya terlebih dahulu. Karena hal ini sangat penting, terlebih untuk sebuah cincin pertunangan.

Perlu Anda ketahui, band adalah salah satu bagian cincin yang biasanya terbuat dari emas, platinum maupun perak.

Band ini nantinya akan melingkar di jari tangan pasangan Anda. Jadi sangat penting bukan memilih bentuk ban yang sesuai dengan tangan atau jari pasangan agar Anda tidak kecewa.

3. Pilih Mata Cincin yang Tepat

Mata cincin adalah salah satu bagian penting lainnya dari sebuah cincin dan Anda harus memilih mata cincin yang tepat untuk proses pertunangan Anda. Biasanya, mata cincin ini diletakkan dibagian band.

Posisi mata cincin ini beragam sesuai dengan konsep dari cincin itu sendiri. Jika Anda memilih kombinasi yang tepat antara band dan mata cincin, tentunya Anda akan mendapatkan cincin yang menawan dan indah.

Mata cincin adalah salah satu bagian cincin yang paling disukai wanita, mata cincin favorit wanita biasanya adalah berlian.

Maka diharuskan untuk berdiskusi terlebih dahulu dengan pasangan dan mencocokkan selera pasangan untuk bentuk cincin yang diinginkan.

4. Ukur Terlebih Dahulu Lingkar Jari Pasangan

Tips berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah mengukur terlebih dahulu lingkar jari pasangan.

Tentu Anda tidak mau kan, jika Anda sudah membeli cincin mahal dan mewah. Namun cincin tersebut tidak muat di jari pasangan Anda.

Pastinya hal tersebut akan membuat kecewa Anda dan pasangan Anda. Lalu, bagaimana cara mengukur lingkar jari? Gampang, cara pertama Anda bisa menanyakannya secara langsung ke pasangan Anda.

Mudah bukan? Setelah tau ukurannya baru deh Anda membeli cincin tersebut.

5. Agar Lebih Eksklusif, Custom Cincin Tunangan

Anda bisa memesan secara khusus atau custom desain cincin. Memang akan lebih mudah memilih cincin yang sudah jadi.

Tapi, jika pasangan Anda menginginkan bentuk cincin yang berbeda dari yang lain. Maka memesan custom cincin tunangan adalah pilihan terbaik.

Memilih pengrajin cincin juga tidak sembarangan, Anda harus mencari tahu terlebih dahulu pengalaman, testimoni pelanggan sebelumnya, status dan sampel cincin yang pernah dibuat sebelumnya.

Anda juga harus ikut di setiap proses pembuatannya juga. Gampang bukan?

6. Beli Saat Sedang Ada Promo Diskon

Hal ini tidak tercela kok, Anda bisa membeli cincin tunangan ketika di toko emas tersebut sedang ada promo diskon atau sedang ada potongan harga karena tepat di hari momen tertentu seperti akhir tahun dan momen lainnya.

7. Cek Apakah Cincin Tersebut Praktis atau Tidak

Jika pasangan Anda adalah seorang penjelajah atau yang sering melakukan traveling maka Anda perlu mempertimbangkan cincin yang praktis dan dapat melindungi dari kerusakan karena aktivitas yang konstan tersebut.

Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan tata letak mata cincin, semakin tinggi posisi mata cincin tersebut, maka semakin mudah mata cincin tersebut akan tersangkut ketika pemakaian, bisa tersangkut rambut, perkakas dan lain sebagainya.

Jika sering tersangkut atau gampang tersangkut tentunya akan lebih beresiko lepas dan hilang.

Nah itu dia beberapa poin penting sebelum melakukan pembelian cincin tunangan, manfaatkan momen pertunangan tersebut untuk memberikan yang terbaik melalui pemilihan cincin tunangan yang tepat dan sesuai harapan pasangan.

Semoga ulasan ini dapat memberikan manfaat lebih untuk kelangsungan pernikahan Anda ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.