contoh mas kawin pernikahan

Contoh Mas Kawin Pernikahan Paling Unik dan Hits Tahun Ini

Ingatkah Anda berita viral pasangan menikah dengan mas kawin segelas cendol dawet? Tergolong unik dan sangat berkesan, sebab biasanya emaslah yang dijadikan syarat pernikahan seseorang. Selain cendol banyak contoh mas kawin pernikahan lainnya, yang bisa dijadikan pilihan. Penasaran?

Mas kawin atau dalam bahasa arab disebul al-mahar adalah benda atau barang, yang diberikan pihak laki-laki kepada pihak perempuan saat menikah. Barangnya bisa apa saja sesuai kesepakatan, antara kedua belah pihak. Berikut ini beberapa contohnya.

Contoh Mas Kawin Pernikahan

Buat Anda yang saat ini sedang bingung menentukan mas kawin yang akan dipersembahkan kepada pujaan hati, bisa intip beberapa contoh berikut ini. Ada yang sangat sederhana tanpa perlu biaya mahal untuk mendapatkannya, adapula yang super mewah.

1. Air Putih

Mungkin menurut sebagian orang ini adalah ide mas kawin paling konyol, tapi sebenarnya bisa dijadikan pilihan. Apalagi bagi Anda yang ingin kesakralan yang lebih penting, daripada mahalnya sebuah mas kawin.

Ada pasangan yang menjadikan air putih sebagai mahar dimana segelas air putih diletakkan di meja, kemudian mempelai pria mengucapkan janji setianya. Setelah itu barulah air tersebut diminum oleh mempelai wanita.

2. Uang Tunai

Ini adalah mas kawin paling banyak dipakai oleh pasangan, karena siapapun pasti perlu uang untuk berbagai kebutuhan hidup. Tapi esensi uang sebagai mas kawin bukan saja sebagai pemenuhan kebutuhan, tapi punya nilai tersendiri.

Apalagi kalau dibentuk sedemikian rupa menjadi sebuah barang penting seperti bentuk bunga, wajah kedua mempelai atau lainnya. Adapula yang memastikan jumlah uang sesuai, dengan tanggal pernikahan atau tanggal lahir mempelai wanita.

3. Emas

Emas batangan adalah contoh mas kawin pernikahan yang banyak dipilih, alasannya adalah nilai jualnya yang makin tinggi. Jadi selain bentuknya yang elegan,  juga bisa digunakan untuk pemenuhan kebutuhan di saat mendesak.

Ada yang memadukan emas batangan dengan logam berharga lainnya, dikemas dengan bentuk yang menarik sehingga menjadi mas kawin beda dari yang lain. Ditambah pula saat ini banyak ukurannya jadi bisa disesuaikan dengan kemampuan saat membelinya sebagai mahar.

4. Produk Kecantikan

Wanita kekinian tak sedikit yang bergantung pada produk kecantikan, agar terlihat selalu menarik. Makanya produk ini banyak juga dipilih sebagai mas kawin, tapi bukan yang abal-abal melainkan seperangkat produk kecantikan, mulai dari skincare hingga make up terbaik.

Tapi sebelum membelinya ada baiknya diskusi dulu dengan calon mempelai wanita, soal produk yang biasa dipakainya sehari-hari. Sebab tak semua wanita cocok menggunakan satu jenis produk kosmetik, semua tergantung jenis kulit dan kenyamanan si wanita menggunakannya.

5. Barang yang Menunjang Hobi

Apa hobi pasangan Anda? misalnya dia hobi memasak maka tinggal berikan mas kawin seperangkat alat masak, agar usai menikah dia lebih semangat memasak untuk Anda. Atau dia suka main alat musik, tak ada salahnya memberikan mahal alat musik kegemarannya.

Bisa juga Anda belikan kamera jenis terbaru yang akan menunjang hobi fotografinya, dijamin dia akan sangat senang menerima mas kawin tersebut.

6. Cincin

Cincin berlian, emas, atau perak juga bisa jadi mas kawin penuh makna untuk pernikahan. Anda bisa membeli untuk pasangan saja, atau beli sepasang agar bisa dipakai bersama sebagai pengingat status dan memaksimalkan kesakralan pernikahan.

Jangan lupa untuk model cincin dan ukurannya pastikan sesuai dengan keinginan pasangan, karena dialah yang akan menggunakannya untuk jangka panjang. Kalau tidak cocok, tentu hanya akan jadi barang pajangan atau pengisi kotak hiasannya saja.

7. Paket Wisata Atau Ibadah

Bulan madu berkesan juga bisa dipersembahkan, sebagai mas kawin pria kepada wanitanya. Misalnya paket wisata ke daerah romantis yang diidamkan pasangan, pilih jadwal keberangkatan yang sesuai untuk kalian berdua.

Wisata ibadah umroh ke tanah suci Mekah atau wisata ibadah ke Yerusalem, merupakan salah satu upaya untuk lebih dekat dengan tuhan dan pilihan mas kawin yang tepat. Sehingga ada momen berkesan usai pernikahan, yang akan menambah kelanggengan hubungan.

Ternyata banyak contoh mas kawin pernikahan yang bisa dipilih, untuk melengkapi sunnah pernikahan yang akan dijalani bersama pasangan. Anda tinggal menentukan mana yang terbaik sesuai keinginan si dia, kemudian pastikan anggaran yang kamu sediakan untuk membelinya.

Tags:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.