7 Ide Menarik Untuk Dekorasi Pernikahan Agar Hemat Biaya

Pernikahan pada dasarnya adalah sebuah momen sakral yang didambakan oleh setiap orang. Momen ini juga diharapkan bisa terjadi satu kali saja dalam seumur hidup. Karena hanya terjadi satu kali, maka ada berbagai macam persiapan yang harus dilakukan secara maksimal, termasuk dekorasi pernikahan.

Salah satu alasan mengapa perlu adanya persiapan adalah biaya pernikahan yang cukup tinggi terkadang tidak bisa Anda hindari begitu saja. Namun, Anda tidak perlu merasa khawatir, ada segudang cara yang bisa dilakukan agar anggaran pesta pernikahan bisa dihemat.

Biasanya agar lebih hemat, kebanyakan orang akan membuat souvenir pernikahan sendiri. Tetapi, kali ini Anda juga bisa membuat aneka macam properti sendiri sebagai hiasan dekorasi yang sudah jadi. Tidak perlu beli, anggaran pun bisa terkontrol. Berikut beberapa propertinya.

1. Panjangan Bunga Pada Botol dan Batang Bambu

Pada umumnya pernikahan identik dengan pajangan bunga yang berukuran besar. Agar tidak terlalu terlihat pasaran atau mainstream maka Anda bisa membuat pajangan bunga yang berbeda dan lebih menarik, yaitu dengan memanfaatkan batang bambu atau botol.

dekorasi pernikahan

Dekorrumah.net

Tenang saja, membuat pajangan bunga dari botol dan batang bambu sangat mudah kok. Langkah pertama siapkan alat dan bahan untuk membersihkan botol bekas dari label maupun kotoran yang melekat. Jika sudah langsung saja bersihkan.

Semprotkan cat frosted glass agar botol terlihat lebih buram. Selanjutnya ikatkan botol pada bambu dengan ketinggian kurang lebih 1,5 meter menggunakan tali. Terakhir, pasangkan 2 hingga 3 tangkai bunga sesuai selera pada botol yang telah digantung.

Hiasan yang seperti ini bisa Anda jadikan hiasan dekorasi untuk pernikahan layaknya pagar buatan pada area pesta. Selain itu juga bisa digunakan sebagai pemanis untuk prosesi foto pre-wedding.

2. Hiasan Ala-Ala Dengan Balon Udara

Balon adalah salah satu properti wajib agar suatu pesat bisa terlihat lebih meriah. Agar tidak terlihat biasa dan monoton maka Anda bisa membuat balon ala-ala balon udara. Caranya mudah kok, siapkan saja bahan dan alatnya seperti karton coklat, gunting, tali dan lainnya.

Langkah pertama, buatlah kotak dari kertas karton coklat, masukkan batu kecil di dalamnya agar kotak kertas memiliki massa dan tidak melayang-layang. Selanjutnya ikat dengan tali dan sambungan antara balon dengan kotak karton dengan pita cina pada 4 sisi.

Selain itu, Anda juga bisa menambah beberapa hiasan seperti kertas krep pada beberapa bagian balon. Kini hiasan balon udara sudah siap membuat pesta pernikahan Anda lebih menarik sebagai spot foto yang berbeda dengan lainnya.

3. Tirai Bunga Sebagai Hiasan Pintu Masuk

Pintu masuk acara pernikahan dengan janur rasanya sudah biasa dan terlalu mainstream. Anda bisa membuat suatu hiasan pintu yang berbeda dengan tirai bunga yang terpasang terbalik. Unik bukan?

Beberapa jenis bunga yang bisa Anda pilih adalah anggrek, krisan, bunga air mata pengantin dan wisteria. Satu hal yang perlu diingat jangan kumpulkan bunganya saja namun lengkap dengan tangkainya sebab nanti akan dipasang secara terbalik.

Jika semua bunga sudah siap maka ikat tangkainya menggunakan tali, sisakan tali kira-kira 20 cm. Kemudian pasang ujung tali ke tirai hingga membentuk setengah lingkaran. Pasang tali dengan ketinggian masing-masing, sisi pojok sedikit panjang dan tengah lebih pendek.

4. Hiasan Botol Bekas dan Cangkang

Membuat properti untuk dekorasi pernikahan tidak harus mahal kok. Bahkan Anda juga dapat memanfaatkan barang bekas yang sudah tidak terpakai seperti botol dan cangkang. Hal ini tentunya sangat cocok untuk konsep dekorasi pernikahan sederhana bernuansa pantai.

Selain bisa memberikan nuansa yang lebih unik, konsep ini juga akan terlihat sangat indah ketika diambil dengan jepretan kamera. Sekarang Anda bisa mulai mengumpulkan barang bekas berupa botol dan cangkang.

Jika semuanya sudah siap, hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah mencuci kedua bahan utama hingga bersih. Taruh cangkang di atas botol dan ikat menggunakan tali rami. Bagaimana simpel bukan? Anda bisa menaruhnya di sisi photobooth atau dekat kursi pelaminan.

5. Kayu Tua dan Bunga Sebagai Dekorasi Pernikahan Tahun 2018

Membuat properti untuk pernikahan yang elegan itu tidak sulit kok. Bahkan kayu yang sudah tua juga bisa Anda jadikan properti yang menarik. Ingat pernikahan semakin berkesan jika properti dan dekorasi yang digunakan unik dan elegan ketika dipajang.

Sama halnya dengan beberapa properti di atas, kayu tua dengan bunga juga tidak akan memangkas cukup banyak anggaran kok. Sebab Anda bisa membuatnya sendiri dengan batang kayu bekas. Cara menyulapnya juga sangat mudah, berikut beberapa langkahnya:

  • Potong kayu bekas menjadi beberapa bagian
  • Amplas kayu agar semakin halus dan indah
  • Pasangkan busa buket menggunakan kawat pada kayu
  • Hias buket bunga palsu maupun asli
  • Tancapkan tanaman suklen di bagian tengah batang
  • Tambahkan bunga amaranthus atau krisan berukuran kecil sebagai pemanis.

6. Photobooth dengan Aksen Sepeda Tua dan Hiasan Bunga

Setiap orang termasuk Anda pasti ingin jika dekorasi pernikahan yang diusung terlihat lebih menawan. Tenang saja, Anda pun bisa mendapatkan konsep yang sama pada sisi photobooth dengan hiasan sepeda tua dan bunga sebagai hiasan latarnya.

Tidak perlu sepeda baru ya, Anda bisa menggunakan sepeda tua atau bekas saja, kemudian tambahkan pot bunga pada beberapa bagian yaitu, sedel depan, sedel belakang dan karangan sepeda.

Selain pot, Anda juga dapat merangkai beberapa bunga dan daun pada tali. Kemudian tata tali ke semua bagian rangka sepeda tua atau bekas. Desain photobooth yang seperti ini akan semakin membuat setiap pengunjung foto di sana dan pernikahan Anda pun terkenang.

7. Foto Polaroid

Ide untuk menciptakan properti dekorasi pernikahan yang unik dan murah masih belum berakhir ya. Kali ini Anda juga bisa memanfaatkan foto polaroid sebagai salah satu hiasan yang menarik. Tenang, masih sama dengan beberapa properti di atas, cara membuatnya mudah kok.

Sebagai langkah awal siapkan bahan dasar berapa kardus bekas dan kayu. Selanjutnya buat kedua bahan tersebut menjadi bingkai segi empat dengan bagian bawah yang lebih lebar. Tampilan bingkai akan menjadi menarik dengan tulisan nama Anda di bawahnya.

Tambahkan sedikit bunga di bagian sudut bingkai agar terlihat semakin manis. Hiasan ini bisa Anda gantungkan pada beberapa tempat yang lumayan luas seperti venue atau photo booth sebagai spot untuk mengambil gambar yang menarik.

Hemat anggaran dan dana untuk biaya pernikahan adalah hal yang wajar saja, sebab kehidupan setelah menikah justru membutuhkan biaya yang lebih banyak. Beberapa ide membuat properti untuk dekorasi pernikahan di atas bisa Anda manfaatkan.

Kini bukan hanya mempertimbangkan sisi hemat dan lebih murah saja, namun unsur keindahan juga perlu untuk diperhatikan. Tenang saja beberapa properti di atas akan membuat pernikahan Anda terlihat jauh lebih berbeda dan menarik. Selamat mencoba ya, semoga berbahagia!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.