Desain Bingkai Undangan Terbaik

Undangan menjadi salah satu hal penting saat akan menggelar pernikahan, karena pastinya Anda ingin orang-orang terdekat bisa hadir. Membuatnya berbeda akan jadi kepuasan sendiri, salah satu yang bisa dilakukan adalah memberi bingkai undangan terbaik yang menambah kesan menarik.

Pada umumnya undangan pernikahan memang menggunakan bingkai, kebanyakan dipilih untuk mempertegas konsep undangan. Kemudian memberikan kesan berbeda, karena banyak desain yang bisa dipilih dengan keserasian warna dan desain utama undangan.

Dari Desain Klasik Hingga Minimalis

Hampir sama dengan konsep bingkai foto, untuk undangan juga punya banyak pilihan desain. Masing-masing punya karakter, yang bisa Anda sesuaikan dengan tema acara pernikahan. Berikut ini beberapa desain yang bisa Anda contek.

1. Klasik

download bingkai klasik

Bingkai jenis ini memberikan desain pola sederhana, biasanya berupa garis lurus tanpa tambahan aksesoris apapun. Letaknya berada di pinggir undangan, dengan warna senada dengan warna utama undangan.

Kesan klasik akan semakin terlihat dengan pilihan warna klasik seperti emas, perak, atau warna kayu. Kemudian diberi sentuhan gambar vintage yang memberi kesan lawas maksimal, seperti bunga pada motif utama undangan.

2. Cat Air

Mau bingkai yang memiliki nilai artistik tinggi, Anda bisa memilih desain cat air yang terlihat seperti dilukis langsung dengan tangan secara manual. Pilihan motifnya juga sangat variatif, ada motif bunga hingga abstrak dengan perpaduan warna menarik.

Pilih desain ini pada dasar undangan berwarna netral atau warna pastel, agar karakter menenangkan dan indah dari bingkai bisa terlihat dengan lebih jelas. Atau jika ingin bingkai ini terlihat beda, berikan pada warna dasar hitam.

3. Embossed

bingkai embossed vector

Merupakan desain timbul yang memberi kesan elegan pada undangan, biasanya dibuat dengan motif tertentu dengan pilihan warna berkilau. Misalnya warna sparkling gold dengan motif ukiran, atau bisa juga warna dove dengan motif dedaunan eksotis.

Untuk mendapatkan hasil bingkai embossed yang maksimal, biasanya bahan undangan yang dipilih adalah yang lebih tebal seperti art paper. Anda bisa request langsung pada pemilik percetakan undangan, karena biasanya mereka sudah menyediakan desain bingkai ini.

4. Laser

Dengan menggunakan mesin laser, Anda bisa mendapatkan bingkai undangan yang unik dengan desain variatif. Mau desain sederhana berupa potongan daun kecil, hingga desain sesulit apapun bisa didapatkan.

Proses kerjanya juga sangat cepat, karena desain terlebih dahulu dibuat pada program yang tersedia di komputer. Kemudian dilanjutkan pada mesin laser, yang akan mengaplikasikannya pada bahan undangan.

5. Paper Quiling

Kalau Anda mau desain bingkai yang unik, bisa menggunakan paper quiling atau kertas yang digulung-gulung menjadi berbagai bentuk. Seperti bunga, daun, hingga motif apapun yang memiliki nilai seni tingkat tinggi.

Setelah dibentuk kertas gulung tersebut kemudian ditempelkan pada undangan, sebagai bingkai unik pada bagian terluar. Atau bisa juga pada sisi manapun yang menurut Anda indah, yang penting perpaduan antara warna paper quiling dengan dasar undangan tetap senada.

6. Pita

desain bingkai undangan pita unil
clipart.email

Desain ini cukup sederhana, karena hanya menggunakan pita sebagai bingkainya. Ada yang menggunakan teknik tempel menggunakan lem khusus, ada juga yang pakai teknik press khusus agar hasilnya lebih menakjubkan.

7. Geometris

bingkai undangan geometri unik

Mau desain anti mainstream pada bingkai undangan Anda? pilih desain geometris, yang memberikan kesan kekinian dan berkelas. Desain ini bisa diaplikasikan pada berbagai jenis bahan undangan, karena soal teknik pembuatan sama dengan desain pada umumnya,

Yang perlu diperhatikan adalah kesesuaian bentuk geometris yang dipilih, dengan konsep undangan. Jadi tidak terkesan memaksakan bingkai tersebut, pada undangan pernikahan Anda.

8. Bingkai Tradisional Mewah

desain bingkai undangan pernikahan

Dunia  memiliki beragam budaya dan seni, kalau ternyata Anda menikah dengan warga negara asing, coba padukan konsep bingkai tradisional. Yaitu desain khas di negara asalnya dan daerah Anda, contohnya ukiran khas India warna emas pada undangan berwarna merah terang.

9. Minimalis Modern

desain undangan keren

Desain ini memadukan kesederhanaan dengan gaya modern. Jadi Anda bisa memakai motif bingkai apapun, tapi tidak menempatkannya pada semua sisi undangan. Cukup sentuhan kecil di salah satu sudut undangan, contohnya motif bunga di sudut kanan atas undangan saja.

Sekarang pastinya sudah ada beberapa desain bingkai undangan, yang cocok dengan undangan pernikahan Anda bukan? coba deh diskusikan dengan pasangan bingkai mana yang paling memenuhi keinginan kalian, agar nanti benar-benar menjadi undangan terindah dan berkesan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.