cara membuat frame undangan dengan ms word

Cara Simpel Desain Frame Undangan di MS Word

Membuat desain undangan yang bagus memang tidak mudah, ada banyak elemen dan detail yang harus diperhatikan agar menghasilkan desain yang bagus.

Saat Anda akan mendesain sebuah undangan, salah satu hal mendasar yang harus dibuat yaitu frame undangan.

Biasanya editor profesional menggunakan software seperti Photoshop dan Corel Draw untuk membuat sebuah desain.

Namun sebenarnya ada software yang lebih sederhana lagi jika Anda ingin belajar mendesain undangan, yaitu Microsoft Word.

Berikut kami bahas bagaimana cara membuatnya.

Bagaimana Membuat Frame Undangan yang Ideal?

Mungkin Anda bertanya-tanya, seperti apakah sebuah bingkai undangan yang ideal itu? Sebenarnya, semua tergantung kepada tema yang Anda pilih.

Tema tersebut bisa berupa vintage, mewah, estetik, dan yang lainnya. Pemilihan bingkai yang sesuai, yaitu mengikuti tema dan background undangan.

Namun perlu Anda ketahui, bahwa pada dasarnya sebuah bingkai hanya menjadi pelengkap dan penghalang antara setiap sudut dan sisi halaman.

cara membuat frame undangan dengan ms words

Jadi, Anda tidak perlu pusing untuk memilih desainnya. Pilihlah desain yang sederhana untuk memberikan kesan rapi pada halaman kertas.

Selain itu, pilihlah warna yang sesuai dengan background. Jika ingin aman dan tidak mau ambil pusing, Anda bisa memilih warna putih dan mengaturnya agar terlihat sedikit transparan.

Teknik ini bisa digunakan untuk semua tema undangan, karena tidak akan mengganggu tampilan keseluruhannya.

Cara Membuat Frame Undangan Sederhana dengan MS. Word

Sebelum membahas lebih jauh mengenai frame, sebaiknya Anda pahami dulu apa itu pengertian dari frame.

Dalam hal ini, frame adalah garis yang mengelilingi batas margin halaman undangan. Frame tersebut bisa dibuat seunik mungkin untuk memperbagus tampilan.

Anda bisa membuat beberapa model frame menggunakan software Microsoft Word, mulai dari Ms. Word 2007, 2010, 2013, dan versi yang lebih baru lagi.

Selain dibuat untuk undangan, Anda juga bisa membuat frame untung ijazah, sertifikat, foto, dan lain-lain. Berikut beberapa langkah dan caranya:

  1. Buka Ms. Word dan pilih blank space untuk medapat halaman yang kosong
  2. Pilih menu Home dan klik Borders, lanjutkan dengan memilih border and shading. Disini Anda akan langsung memilih bentuk frame sesuai kebutuhan.
  3. Kemudian pilih menu pada fitur Setting, Style, dan Width. Disini Anda akan memilih box dan width untuk mengatur ketebalan garis. Serta fitur style, utuk memilih gaya garis yang diinginkan.
  4. Jika semua sudah diatur meggunakan fitur-fitur tersebut, Anda tinggal menekan OK untuk memunculkan hasil frame yang sudah dipilih tadi.
  5. Selanjutnya, Anda harus mengatur batas antara atas, bawah, kanan, dan kiri atau margin pada setiap halamannya dengan menekan menu Page Layout.

Cara Kedua Membuat Frame dengan MS. Word

Ada cara lain untuk membuat bingkai dari Ms. Word ini, yaitu dengan memanfaatkan fitur insert picture. Sebenarnya cara ini merupakan “alternatif”, atau cara cepat yang bisa Anda lakukan.

Selain itu, cara ini juga menghasilkan bingkai lebih mudah dari pada cara yang pertama. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Siapkan gambar frame yang Anda sukai, bisa mengunduh dari internet atau hasil desain menggunakan software lain.
  2. Buka MS. Word, dan atur dan sesuaikan dokumen seperti margin, ukuran kertas, orientasi potrait atau landscape.
  3. Selanjutnya berikan watermark dengan memilih opsi Page Layout, lalu sesuaikan dengan apa yang Anda inginkan.
  4. Lalu Anda bisa langsung memilih gambar bingkai yang sudah disiapkan tadi, dengan cara menekan opsi Select Picture.
  5. Hilangkan centang pada washout bila perlu, hal ini dilakukan untuk mengatur gambar bingkai agar tidak menjadi transparan.
  6. Selanjutnya sesuaikan dengan format kertas, dengan memilih opsi scale untuk memperbesar atau memperkecil bingkai hingga sesuai.
  7. Jika sudah pas, Anda tinggal menekan Save file untuk menyimpan hasil desain udangan. Anda bisa langsung mencetak undangan dengan printer.

Membuat frame undangan memang terbilang mudah, namun Anda tetap harus memperhatikan beberapa detail, agar hasilnya pas dan enak dilihat.

Ukuran kertas, jenis font, dan background undangan juga harus diperhatikan untuk menjadi bahan pertimbangan saat membuat frame.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.