adab malam pertama pengantin

Bacaan Doa Malam Pertama Lengkap

Malam pertama merupakan salah satu momen yang dinanti pasangan, yang baru menyelesaikan proses ijab kabul dan sah sebagai suami istri.

Menurut islam prosesinya tidak sembarangan karena ada doa malam pertama yang dibaca, agar Anda dan pasangan bisa mendapatkan berkah luar biasanya.

Islam memberikan tuntunan yang jelas bagi pasangan suami istri, untuk melakukan hubungan seksual halal usai menikah.

Semua memiliki etika yang akan membuat hubungan, menjadi sangat menyenangkan dan memuaskan bagi suami maupun istri.

Sayangnya tak sedikit yang masih mengabaikannya, tapi Anda jangan masuk dalam kriteria tersebut. jika  sebentar lagi menikah, mulailah untuk menghafal doa-doa tersebut sehingga di saatnya nanti bisa dibaca dengan benar.

Seperti apa doa-doa tersebut?

Bacalah Tiga Doa Malam Pertama Ini Sesuai Waktunya

Ada tiga doa yang dibaca selama proses bersetubuh oleh suami, agar apa yang dilakukan bersama istri mendapatkan ridha dari Allah SWT.

doa malam pertama

Ada doa sebelum memulai bersetubuh, usai penetrasi, dan setelah selesai menggauli istri.

1. Sebelum Bersetubuh

Dalam Islam sebelum menggauli istri di malam pertama, ada beberapa rutinitas yang sebaiknya dilakukan seperti melepas pakaian, kemudian bercumbu dengan mengucapkan kata manis dan menggoda pasangan. Selanjutnya baca doa berikut:

بِاسْمِ اللَّهِ ، اللَّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ ، وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا . فَإِنَّهُ إِنْ يُقَدَّرْ بَيْنَهُمَا وَلَدٌ فِى ذَلِكَ لَمْ يَضُرُّهُ شَيْطَانٌ أَبَدًا

Bismillah allahumma jannibnaasy syaithoona wa jannibisy syaithoona maa rozaqtanaa.

Arti: Dengan menyebut nama Allah SWT, ya Allah jauhkanlah kami dari gangguan setan serta jauhkanlah setan dari rezeki yang Kau anugerahkan.

Sebaiknya walaupun sudah melepas pakaian, suami istri melakukan hubungan di bawah selimut untuk menanamkan sifat malu yang disukai Allah SWT.

Karena Rasulullah SAW melalui riwayat Imam Ahmad mengatakan, Allah punya sifat pemalu dan mencintai rasa malu.

Rangkaian doa malam pertama ini dijelaskan secara detail dalam hadits yang diriwayatkan oleh HR. Bukhari dan Muslim.

Ditambahkan bahwa jika Allah memberikan rezeki anak dari hubungan yang dilakukan oleh suami istri itu, maka setan tidak bisa merusak dan membuat celaka anak tersebut untuk selamanya.

2. Usai Penetrasi

Doa ini diucapkan oleh suami dan istri secara bersama, tujuannya adalah bersyukur kepada Allah SWT. Bacaannya adalah:

اَللّهُـــمَّ اجْعَــلْ نُطْفَتَــنَا ذُرّ ِيَّةً طَيِّــبَةً

Allahummaj’alnuthfatanaa dzurriyyatan thayyibah

Arti: Ya Allah jadikanlah nutfah kami menjadi keturunan yang baik lagi saleh.

Membaca doa tepatnya ketika sperma suami sudah masuk ke dalam vagina istrinya, karena saat inilah waktu yang tepat untuk memohon yang terbaik kepada Allah SWT. Terutama harapan untuk memiliki keturunan.

3. Selesai Berhubungan

. اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ خَلَقَ مِنَ المْـَــاءِ بَشَـــرًا

Alhamdu lillaahi dzdzii khalaqa minal maa i basyaraa

Arti: Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air mani ini menjadi manusia atau keturunannya.

Doa ini merupakan doa penutup usai melakukan hubungan suami istri. Sebagai tanda bersyukur karena sudah diberikan kesempatan, untuk merasakan kenikmatan bersama pasangan sah.

Hal ini juga dijelaskan secara gamblang, dalam sejumlah riwayat para sahabat Rasulullah SAW.

Hikmah Membaca Doa Malam Pertama

Kalau Anda menjalankan malam pertama dan membaca semua doa malam pertama yang dianjurkan, akan ada hikmah yang didapat. Bukan saja untuk diri sendiri, tapi juga untuk pasangan dan keluarga yang baru dibina tersebut.

doa malam pertama lengkap dengan terjemahan

Berkah paling utama adalah menjalankan ajaran Rasulullah SAW, yang sejak dahulu sudah diikuti oleh para sahabat.

Dalam salah satu hadits riwayat HR. Bukhari dan Muslim Abu Bakar RA menegaskan bahwa dia mengikuti semua amalan Rasulullah SAW karena tidak ingin menyimpang dari Islam.

Berkah selanjutnya yaitu pasangan yang membaca doa, akan diberikan kesempatan lebih besar untuk mendapatkan anak yang saleh salehah.

Kemudian dengan doa yang meminta setan menjauh, maka keturunan akan diselamatkan dari semua gangguan yang berasat dari setan.

Bahkan menurut beberapa pemahaman ulama, anak yang dihasilkan dari hubungan sah suami istri memohon ridha Allah SWT lewat doa di malam bersetubuh akan selalu ingat fitrahnya sebagai muslim.

Godaan seberat apapun yang dihadapinya, tidak akan membuatnya melenceng ke jalan yang salah.

Masih mau tahu berkah lainnya? yaitu ucapan bismillah yang dilantunkan saat membaca doa di malam pertama, akan menghalau setan yang ingin ikut dalam hubungan tersebut.

Sehingga pasangan suami istri bisa menjalankannya tanpa godaan setan, untuk melakukan hal-hal di luar syariat Islam.

Karena ketika seseorang sudah menyebut nama Allah SWT dalam doanya, maka hubungan intim yang dilakukan secara sah tidak akan mendapat gangguan.

Seperti dijelaskan dalam riwayat Fath Al-Bari, dimana ketika pasangan tidak mengucapkan bismillah maka setan akan ikut dalam senggama mereka.

Jangan mengabaikan pentingnya doa malam pertama, karena akan sangat menentukan banyak hal dalam sebuah rumah tangga.

Mulai dari keberkahan hubungan suami istri hingga terwujudnya impian untuk mendapatkan keturunan terbaik di mata Allah SWT.

Tags:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.