Doa Masuk Kamar Mandi
Undanganmagelang.com

Doa Masuk Kamar Mandi dan Artinya

Posted on

Segala kegiatan baiknya diawali dengan doa agar keberkahan dan keselamatan menyertai hingga kegiatan selesai. Tidak terkecuali dalam proses masuk maupun keluar kamar mandi. Anda bisa mengenal doa masuk kamar mandi dan artinya untuk selanjutnya doa dilafalkan sehari hari.

Islam mengajarkan umatnya untuk beradap di segala situasi dan kondisi bahkan dalam tempat yang tidak terduga sekalipun. Seperti halnya doa masuk dan keluar kamar mandi yang bisa diamalkan setiap hari oleh umat muslim.

Doa Masuk Kamar Mandi dan Artinya

Doa dipanjatkan sebagai bentuk permohonan dan keberkahan dalam melakukan aktivitas. Termasuk pula dalam proses masuk kamar mandi. Doa dilafalkan untuk mencegah hal yang tidak mengenakan memohon perlindungan hanya kepada-Nya. Berikut doa masuk kamar mandi dan artinya bahasa Indonesia: 

، اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَب

Allaahumma Innii A’uudzu bika Minal Khubutsi Wal Khabaa-its

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, Sesungguhnya aku berlindung kepada Allah dari jin laki-laki dan jin perempuan.”

Doa Keluar Kamar Mandi

Islam mengajarkan umatnya untuk berperilaku baik secara utuh. Tidak hanya doa masuk, terdapat juga doa keluar yang bisa digunakan sehari hari. Berikut lafal doa keluar kamar mandi yang dianjurkan oleh para ulama:

غُفْرَانَكَ

Ghufraanaka.

Artinya: “Ya Allah, hamba memohon ampunan Mu.”

Sebenarnya ada versi doa keluar kamar mandi yang lebih panjang. Namun tidak masalah juga bagi anda yang hanya ingin menggunakan doa pendek di atas. Berikut doa versi panjang yang juga bisa dihafal dan di gunakan sehari hari:

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَذْهَبَ عَنِّي الْأَذَى وَعَافَانِي

Alhamdulillaahil Ladzii Adzhaba ‘Annil Adzaa Wa ‘Aa-faa-nii.

Artinya, “Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan kotoran dari ku dan yang telah menyehatkan ku.”

Adab Masuk Kamar Mandi

Islam mengajarkan agar umatnya mengutamakan adab saat berada di berbagai tempat. Beda tempat maka akan berbeda adabnya. Ini dilakukan demi kenyamanan yang didasarkan atas sunah Rasulullah SAW. Berikut adab yang dianjurkan saat hendak masuk ke kamar mandi.

1. Membaca Doa

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membaca doa ketika Anda berada di luar kamar mandi. Doa yang bisa dilafalkan yakni bismillah dengan doa yang sesuai dengan anjuran. Jangan lupa untuk membaca doa dengan tartil dan khusyuk.

Anda bisa mengucapkan bismillah terlebih dulu untuk doa yang lebih lengkap. Mengucap doa dengan menyebut nama Allah akan membuat doa Anda lebih sempurna. Hanya kepada Allah lah seorang hamba meminta keselamatan.

2. Melangkah Masuk dengan Kaki Kiri Terlebih Dulu

Setelah membaca doa, masuk ke kamar mandi dengan melangkahkan kaki kiri terlebih dulu. Cara ini menjadi sunah bahkan beberapa ulama berpendapat bahwa melangkahkan kaki kiri terlebih dahulu adalah sebuah keharusan.

Kaki kiri menandakan bahwa Anda hendak membuang najis yang berarti buruk. Lalu langkah pertama kaki kanan digunakan saat keluar kamar mandi. Selanjutnya langkah kaki kanan mengandung filosofi Anda telah keluar dengan keadaan bersih.

3. Disunahkan Menggunakan Alas Kaki

Pernah menemukan bakiak atau sendal jepit di area kamar mandi? Bila iya sebenarnya tempat tersebut tengah menjalankan sunah rasul. Dianjurkan untuk menggunakan alas kaki saat berada di dalam kamar mandi untuk menghindari najis yang tertinggal.

Alas kaki yang dianjurkan adalah bakiak. Sendal dengan hal tinggi yang terbuat dari kayu ini ternyata sesuai dengan apa yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Selain awet jenis sendal ini juga bisa menghindari kemungkinan terpeleset.

4. Tidak Berisik Ketika di Dalam

Sering kali seseorang mengeluarkan suara tertentu untuk memecah keheningan dalam kamar mandi. Namun tanpa disadari suara tersebut bisa membesar mengalahkan suara air. Inilah yang seharusnya dikurangi saat melakukan kegiatan di dalamnya.

Tidak disarankan juga untuk bersuara lantang di dalam kamar mandi. Anda juga tidak disarankan untuk berlama lama di dalamnya. Jadi baiknya Anda melakukan hal yang perlu saja di dalam kamar mandi tanpa berlama lama apalagi hingga bersuara lantang.

Adab Keluar Kamar Mandi

Tidak hanya adab masuk, Islam juga mengajarkan umatnya adab keluar kamar mandi. Sedikitnya ada 3 anjuran yang bisa Anda lakukan saat selesai melakukan urusan di dalamnya. Berikut 3 adab keluar kamar mandi yang bisa dilakukan.

1. Keluar dengan Kaki Kanan

Adab pertama yang bisa dilakukan adalah melangkah keluar menggunakan kaki kanan terlebih dulu. Berbeda dengan nada masuk yang menggunakan kaki kiri, adab ini menandakan bahwa Anda keluar dengan keadaan lebih bersih.

2. Membaca Doa

Selain doa masuk kamar mandi dan artinya Islam juga mengajarkan doa keluar kamar mandi. Akan sangat baik bila Anda keluar kamar mandi dengan mengucap doa yang telah di sunahkan. Anda bisa membaca penggalan doa yang telah di tuliskan di atas dengan tambahan ucapan hamdallah.

3. Merapikan Pakaian

Terakhir, rapikan pakaian Anda saat keluar kamar mandi. Tidak hanya soal adab keluar ruang, ini bisa membantu Anda untuk mencegah kejadian memalukan terkait pakaian. Baiknya Anda keluar dengan merapikan pakaian dan pastikan kamar mandi yang ditinggalkan dalam keadaan bersih.

Doa masuk dan keluar kamar mandi bisa dihafal dan dipraktikkan degan mudah dalam keseharian. Selain menggunakan doa Anda bisa mempraktikkan adab masuk dan keluar kamar mandi yang sudah di sunahkan oleh Rasulullah SAW.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.