arti Doa Nurbuat
undanganmagelang.com

 Doa Nurbuat

Posted on

Doa nurbuwwah yang selanjutnya lebih dikenal dengan sebutan doa nurbuat banyak memiliki manfaat. Disebut sebagai doa universal, doa ini banyak digunakan untuk mengabulkan banyak keinginan lainnya.

Doa ini disebut sebagai doa yang mustajab. Konon siapa pun yang membaca doa ini 100 kali tanpa berhenti bisa bertemu Rasulullah di dalam mimpinya.

Doa ini juga banyak dilafalkan untuk meminta petunjuk atau mengabulkan berbagai keinginan.

Lafal Doa Nurbuat

Berbeda dengan doa harian yang cukup pendek, doa ini memiliki kalimat yang cukup panjang. Bila dipenggal terdapat 4 bagian utama tidak termasuk lafal bismillah. Berikut lafal doa nurbuat dan artinya secara keseluruhan:

tulisan arab dan latin Doa Nurbuat
undanganmagelang.com

arti doa nurbuat

Penggunaan Doa Nurbuat

Lantas, apa sebenarnya kegunaan doa ini? Berbeda dengan doa lainnya yang memiliki kegunaan satu spesifik, doa ini dipergunakan untuk banyak keperluan.

Karenanya doa ini disebut juga doa universal karena ragam penggunaannya. Berikut sedikitnya 6 tujuan penggunaan doa universal ini:

1. Meminta Kelancaran Urusan

Pertama doa ini digunakan sebagai pengantar permintaan kelancaran urusan. Kebanyakan urusan dunia namun tidak menutup kemungkinan untuk kelancaran akhirat. Selain doa sapu jagat, Anda juga bisa menggunakan doa ini.

Dianjurkan bagi Anda untuk membaca doa ini sesaat setelah mendirikan shalat wajib. Disarankan juga untuk menyambung doa dengan amalan lainnya seperti zikir harian hingga membaca Al-Qur’an.

2. Meminta Dikabulkan Mimpinya

Mimpi bisa jadi perantara antara Allah dan hambanya atau bisa juga bunga tidur atas ikut campur setan. Tidak jarang juga isinya begitu menyenangkan seperti harapan yang telah lama terpendam jadi terwujud.

Tidak masalah untuk meminta mimpi jadi kenyataan asalkan meminta hanya kepada Allah. Mintalah mimpi dikabulkan dengan cara yang baik yakni dengan mengucap doa nurbuat secara rutin. Bila halnya mimpi baik dengan maksud yang baik insyaallah dikabulkan.

3. Meminta Kesehatan

Doa ini juga bisa digunakan bagi siapa saja yang mengharap kesehatan akal, batin dan jasmani. Mintalah dengan bersimpuh dan merendah di hadapannya. Pujilah Allah dengan segala nama nama baiknya.

Anda juga bisa menggunakan doa ini untuk meminta kesembuhan atas diri sendiri atau orang lain. Pelengkap doa untuk orang sakit dengan membaca lafal doa universal ini. Jangan lupa untuk mengawali doa dengan bismillah.

4. Meminta Mendekatkan Jodoh

Jodoh tidak bisa diprediksi. Bergantung pada ketentuan Allah, kita tidak bisa berbuat apa apa kecuali berikhtiar sambil berdoa kepada-Nya. Mintalah didekatkan dengan jodoh lewat pengucapan doa nurbuwwah.

Amalkan doa ini setiap hari setelah shalat fardu dan setelah melakukan shalat sunah. Doa bisa diiringi dengan zikir harian.

5. Menjadikan Lawan sebagai Kawan

Persaingan bisa timbul dimana saja baik di dunia kerja atau lingkungan lainnya. Islam mengajarkan untuk berbuat baik kepada lawan.

Namun, bila lawan tetap alot dan tidak bisa diajak kerja sama, Anda bisa meminta pertolongan kepada Allah semata.

Meminta sambil merendah bisa dilakukan oleh seorang hamba yang tidak tahu harus melakukan apa termasuk untuk menundukkan lawan.

Doa nurbuwwah bisa digunakan untuk menjadikan lawan sebagai kawan atas izin dari yang maha kuasa.

Keutamaan Membaca Doa Nurbuat

Selain memiliki banyak manfaat, doa nurbuwwah juga memiliki keutamaan layaknya doa lainnya. Sedikitnya ada 5 keutamaan dari doa ini yang bisa didapatkan secara berkelanjutan.

Berikut 5 keutamaan yang bisa dimiliki:

1. Dikabulkan Doanya

Pertama, dikabulkan doa-doanya. Siapa pun ingin doanya dikabulkan namun tidak sedikit yang hanya berdiam diri tanpa melakukan ikhtiar.

Salah satu ikhtiar guna mencapai pengabulan doa dengan mengamalkan doa ini. Pembacaan dengan hati bersih akan mendapat keutamaan.

Atas seizin Allah doa yang tertumpuk dan belum terealisasikan bisa terwujud dengan mudahnya. Karenanya doa ini terbilang sebagai doa mustajab. Bahkan doa yang tidak terucap dikatakan akan terkabul secara perlahan.

2. Menghapus Dosa

Doa ini juga bisa menghapus dosa yang telah lama diperbuat. Doa universal yang bisa digunakan untuk segala macam kebutuhan ini mengandung isi memohon pengampunan.

Karenanya keutamaan yang didapatkan yakni terhapusnya segala dosa.

Keutamaan ini didapatkan oleh seorang hamba yang meminta dengan tulus. Terlebih melakukan pengamalan ibadah tanpa putus.

Karenanya konsistensi dalam beribadah perlu diperhatikan agar segala keinginan dikabulkan oleh Allah.

3. Dijauhkan dari Api Neraka

Keutamaan lain yang bisa didapatkan bagi pembacanya yakni dijauhkan dari api neraka. Meminta sambil merendah dengan tulus membuat penangguhan dosa dan dijauhkan dari api neraka.

Sebaliknya pahala melimpah dan didekatkan dengan surga akan menghampiri.

Selain berbuat baik dan menabung pahala, Anda bisa mengamalkan doa ini. Siapa yang bisa mengira ternyata lewat pengucapan doa sederhana akan hadir keutamaan yang luar biasa. Insyaallah.

4. Mendapat Kesehatan Batin dan Jasmani

Di balik batin yang sehat terpancar jiwa yang sehat pula. Bagi sebagian orang mungkin akan sulit untuk mendapatkan ketenangan batin karena terus menerus ditempa oleh urusan duniawi.

Namun, bagi seorang muslim ada cara untuk mengendalikannya. Salah satunya dengan membaca doa.

Ketenangan batin merupakan hal yang ingin didapatkan oleh seorang hamba. Tidak hanya seorang hamba muslim, semua orang menginginkan kedamaian dalam hidupnya.

Salah satu cara yang bisa dilakukan yakni membaca doa mustajab ini.

5. Bisa Bertemu Rasulullah dalam Mimpi

Terakhir, doa ini memiliki keutamaan tak terhingga. Bertemu nabi Muhammad SAW merupakan harapan dari setiap muslim yang beriman.

Baca Juga: Doa untuk Orang Sakit

Doa ini diyakini bisa mengantar pada siapa saja yang menginginkannya dan terus berikhtiar untuk mendapatkannya.

Saking luhurnya doa ini seorang diyakini bisa bertemu dengan Rasulullah di dalam mimpinya. Dengan membaca doa sebanyak 100x secara berkelanjutan Anda bisa bertemu dengan kekasih Allah, Nabi Muhammad SAW.

Tuntunan Membaca Doa Nurbuat

Terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan saat membaca doa nurbuwwah agar lebih lengkap bacaannya. Selain itu, anjuran ini dimaksudkan agar dia yang ditujukan dikabul oleh Allah SWT. Berikut tuntunan pembacaan doa yang bisa dilakukan:

1. Bersihkan Niat

Hal pertama yang harus dipertimbangkan yakni membersihkan niat. Bersihnya niat menjadi pangkal terwujudnya suatu doa.

Niatkan doa yang diucap hanya ditujukan kepada Allah tanpa maksud tercela terhadap manusia lain.

Hati yang bersih dan ikhlas dapat tidak hanya membuat doa mustajab. Kondisi ini juga bisa membuat tubuh dan pikiran semakin tenang, karena tidak terbebani hal apa pun saat berdoa.

2. Baca Doa Sebanyak 7x dan Sambung dengan Mengucap Keinginan

Para alim ulama menyebutkan bahwa doa ini akan sangat baik bila diamalkan secara berkelanjutan dengan niat yang bersih.

Pengamalan doa bisa dilakukan setiap setelah shalat, baik wajib maupun sunah. Untuk memperlengkap doa Anda bisa melakukannya kapan pun dan di manapun.

Baca Juga: Doa Pagi Hari

Doa nurbuwwah baiknya paling sedikit dibaca 7x dalam sekali baca. Jangan lupa untuk mengawalinya dengan menyebut nama Allah.

Selanjutnya setelah doa selesai diucapkan sambung dengan mengucap keinginan Anda tanpa pengecualian.

3. Lengkapi dengan Zikir dan Membaca Mushaf

Lengkapi juga doa mustajab ini dengan bacaan zikir lainnya. Bagaimanapun suatu ibadah harus dilakukan sebaik mungkin. Salah satu caranya dengan mengucap zikir lain sesuai dengan kemampuan dan pengetahuan.

Tidak lupa juga untuk membaca mushaf atau Al-Qur’an. Tidak hanya membaca ayat sucinya saja, Anda bisa mulai mengkajinya sedikit demi sedikit dengan membaca terjemahannya.

Cara ini dilakukan untuk ibadah yang lebih lengkap agar dekat dengan Allah.

4. Dibaca Secara Rutin Sehabis Shalat Wajib

Terakhir, doa nurbuat latin dan terjemahannya sangat amat disarankan untuk dibaca setelah shalat wajib dilaksanakan.

Sebenarnya tidak ada aturan khusus, namun para ulama berpendapat akan sangat baik bila dilakukan dalam rentang waktu ini.

Secara umum, rentang waktu sehabis shalat bisa dikatakan sebagai waktu yang mustajab bagi seorang hamba untuk meminta kepada tuhannya. Bahkan saran untuk membaca doa ini kala bersujud juga bisa dilakukan.

Doa ini bisa Anda amalkan setiap hari untuk hasil yang maksimal. Mendekatkan diri dengan sang maha kuasa bisa dilakukan salah satunya dengan mengucap doa mustajab ini.

Insyaallah, semakin dekat dengan Allah maka semakin dekat juga Anda dengan ketenangan dan kebahagiaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.