Doa pernikahan sesuai sunnah Rosulullah
hijabifashions.com

Doa Pernikahan

Posted on

Pernikahan tentunya merupakan salah satu ibadah yang mulia dan merupakan ibadah terlama bagi umat islam. Dalam islam juga menikah harus mengikuti tata cara yang sudah disyariatkan oleh agama islam.

Bahkan doa pernikahan juga sudah ditentukan dan merupakan salah satu amalan yang dianjurkan dalam islam. Ketika Anda mengunjungi pesta pernikahan seseorang, ada baiknya Anda mendoakan mereka dengan doa terbaik selain ucapan selamat menikah.

Berikut dibawah ini kami telah merangkum beragam jenis doa pernikahan dari mulai doa akad sampai doa untuk mendapatkan keturunan yang shalih.

Doa Agar Kedua Mempelai Mendapatkan Keberkahan dari Pernikahannya

Doa pernikahan pertama adalah doa yang dibacakan oleh para tamu undangan ketika menghadiri pesta pernikahan.

Sebenarnya lafadz doa ada banyak dan semuanya dianjurkan untuk dibaca ketika menghadiri pesta pernikahan.

doa pernikahan islami
uppre.com

Salah satu doa yang populer dikalangan masyarakat adalah doa yang berada di hadist riwayat Abu Hurairah radhiyallahu anhu. Doa tersebut adalah

Barakallahu laka wabaraka alaika wajangal bainakuma fii khior

Doa tersebut memiliki arti sebagai berikut:

Mudah-mudahan Allah Ta’ala memberikan keberhana ketika waktu bahagian maupun ketika waktu susah dan semoga Allah Ta’ala selalu mempersatukan keduanya dalam kebaikan dan keberkahan (Hadits Riwayat Abu Dawud Nomor 2130)

Selain doa di atas, Anda juga bisa menggunakan doa lainnya yang terdapat di kitab Adabuz Zifaf yang merupakan salah satu buah karya dari ulama besar Syaikh Al-Albani.

Doa Ketika Selesai Makan di Pesta Pernikahan

Islam memang agama yang sempurna dan telah mengatur setiap sisi kecil dalam kehidupan ini, islam mengatur setiap permasalahan kecil sampai besar.

Bahkan, saking sempurnanya agama ini, adab ketika Anda diundang ada secara khusus doa yang bisa dipanjatkan.

Dan doa ini memang seringkali terlupakan oleh masyarakat, doa ini berisi doa untuk orang yang telah mengundang Anda ketika Anda selesai makan di pesta tersebut.

Melalui ulasan ini, yuk kita hidupkan kembali sunnah-sunnah Nabi Shallahu Alaihi Wassalam ini.

Doa tersebut diantaranya adalah:

Allahummagfirlahum warhamhum wabarik lahum fiimaa rojaktanhum

Ya Allah, berikan pengampunan kepada mereka, berikan kasih sayang mu kepada mereka serta berikan keberkahan yang tidak terhingga kepada mereka. (Hadits Riwayat Ahmad IV/187-188)

Doa lainnya yaitu:

Allahumma attngim min at amani wasqi man tsaqoni

Ya Allah, berikan keberkahan atas setiap makanan yang telah diberikan kepada ku dan berikan keberkahan dari minuman yang telah dia berikan kepada ku (Hadits Riwayat Muslim nomor 2055)

Doa Saat Malam Pertama

Salah satu doa ketika akan hendak melakukan malam pertama adalah salah satunya dengan mendoakan atas keberkahan kepada istri sambil memegang ubun-ubun istri didalam kamar secara berdua.

Doa ini berdasarkan hadits dari Amr bin Syuaib, diriwayatkan dari bapaknya dan dari kakeknya bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam pernah bersabda:

Ketika kalian para suami menikahi seorang istri sebelum melakukan hubungan intim maka bacalah terlebih dahulu doa berikut:

Allahumma inni as aluka min khoiriha wa kohiri ma jabaltaha alaih. Wa audzu bika min ysarihaa wa syarri ma jabartahaa alaih.

Ya Allah, berikan kebaikan dan aku memohon kebaikannya serta tabiat yang dia bawa pada ku. Dan aku juga berlindung kepada mu Ya Allah dari setiap kejelekannya yang dia bawa (Hadits Riwayat Abu Daud nomor 2160, Ibnu Majah nomor 1918 dan Al Hafidz Abu Tharir juga mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Doa tersebut dimaksudkan untuk meminta keberkahan dan kebaikan kepada istri dan kebaikan dari sisi akhlak baik dari seorang istri. Selanjutnya Anda harus membaca doa berikut ketika akan melakukan hubungan intim.

Doa lainnya ada dalam sebuah hadits dari Ibnu Abbas radhiyallahu anhuma, dia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda:

Ketika diantara kalian para suami akan melakukan hubungan intim maka bacalah doa berikut ini:

Bismillah allahumma jannibnaasy syaithoona wa jannibisy syaithona ma rozaqnatana.

Dengan menyebut nama Allah, kami meminta kepadamu untuk menjauhkan kami dari beragam gangguan setan dan jauhkan rizki yang engkau berikan dari gangguan setan dan kemudian jika kami ditakdirkan untuk melahirkan seorang keturunan dari hubungan intim yang telah kami lakukan maka buatlah setan tidak bisa mencelakai anak kami selama-lamanya (Hadits Riwayat Bukhari no 6388 dan Muslim nomor 1434)

Doa untuk meminta perlindungan dari gangguan setan dan doa ketika akan melakukan malam pertama tersebut diawali dengan bacaan bismillah.

Kenapa ? Karena hal ini adalah bentuk meminta pertolongan dan juga sebagai bentuk berdzikir kepada Allah Ta’ala.

Agar keduanya dapat dijauhkan dari setan yang terkutuk ketika akan melakukan berhubungan intim, serta diharapkan agar keturunannya nanti dijauhkan dari setan. Hal ini seperti yang dijelaskan dalam Aun Al Ma’bud, 6:143.

Semoga dengan kumpulan doa pernikahan tersebut bisa menambah keberkahan terhadap pernikahan nya dan mengundang keberkahan juga bagi tamu undangannya.

Tentunya, Anda bisa memanjatkan doa lain selain di atas, karena ada banyak doa pernikahan yang bisa Anda panjatkan.

Anda juga bisa mendoakan mereka dengan ucapan dalam bahasa indonesia jika belum hafal doa-doa diatas.

Namun, khusus untuk doa malam pertama memang lebih afdhol menggunakan bahasa arab secara utuh seperti yang diriwayatkan dalam hadits di atas.

Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat untuk Anda dan pasangan maupun tamu undangan, mari hidupkan sunnah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam dengan memanjatkan doa sesuai dengan apa yang diajarkan Allah dan Rasulnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.