Doa Sebelum Makan
Undanganmagelang.com

Doa Sebelum Makan

Posted on

Makan merupakan kegiatan yang dilakukan dalam frekuensi sering. Agar keberkahan selalu menyertai Anda sangat disarankan untuk mengucap doa sebelum makan. Doa makan mungkin sangat familier ditelinga karena banyak diajarkan semenjak kecil.

Namun perlu diketahui terdapat variasi doa sebelum makan dan artinya dari berbagai sumber. Perbedaan ini tentunya tidak perlu diperdebatkan karena isinya sama sama mengacu pada hal yang sama. Anda juga dibebaskan untuk memilih doa makan mana yang akan digunakan.

Doa Sebelum Makan dan Artinya

Sebelum makan terdapat doa yang dianjurkan. Akan sangat baik bila anda melafalkan doa ini sesaat ketika hendak akan makan. Berdoa sebelum makan bisa meningkatkan kenikmatan dalam mengonsumsi rezeki yang tersaji. Berikut doa sebelum makan yang bisa umum gunakan:

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Alloohumma barik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa ‘adzaa bannar

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air ini (minuman) segar dan menggiatkan dengan rahmat-Nya dan tidak menjadikan air ini (minuman) asin lagi pahit karena dosa-dosa kami”

Sebagai pengawalan baiknya Anda membaca bismillah terlebih dulu. Doanya yang pendek dan mudah diingat tidak jarang diajarkan semenjak dini. Anda yang sudah berusia dewasa juga bisa ikut menghafal kembali doa ini.

Namun bila Anda lupa mengucapkan doa ini di awal terdapat doa lain yang bisa diucapkan. Doa ini bisa diucapkan di tengah proses makan Anda.

Lafalnya yang oendek memungkinkan siapapun untuk mengingaatnya dengan mudah. Berikut doa yang bisa anda baca:

بِسْمِ اللهِ فِىِ أَوَّلِهِ وَآخِرِهِ

Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya”.

Bacalah doa di atas bila Anda lupa mengucapkan doa perawalan makan bahkan lupa mengucap bismillah. Doa ini berlalu untuk makan kecil maupun makan besar.

Doa Setelah Makan dan Artinya

Setelah makan hendaknya seorang hamba mengucap syukur aras rezeki yang telah diterimanya. Selain mengucap alhamdulillah ternyata terdapat lafal doa setelah makan. Saama seperti doa untuk memulai makan, doa penutup ini tergolong doa pendek. Berikutlafal doanya:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ

Alhamdu lillaahil ladzii ath’amanaa wa saqoonaa wa ja’alnaa muslimiin

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang islam”

Doa ini dibaca atas dasar mensyukuri rezeki dan karunia yang telah terlimpajkan. Terlebih sebagai penaanda bahwasannya anda termasuk dalam orang yang beriman hanya kepada-Nya.

Adab Ketika Makan dalam Islam

Islam adalah aga beradab. Karenanya setiap kegiatan setiap perilaku dicantumkan adabnya sedemikian rupa agar memberi kenyamanan untuk diri sendiri maupun orang lain. Tidak terkecuali adab makan yang bisa dipraktikkan setiap harinya.

1. Doa Sebelum Makan dan Sesudah Makan

Keberkahan dari setiap apa apa yang dikerjakan bisa didapatkan salah satunya lewat doa. Adab makan yang diperkenalkan dalam Islam yakni membaca doa baik sebelum dan sesudahnya.

Doa singkat bisa diucap dengan bismillah lalu menyambung ke isi doa.

Pengucapan doa membuat makanan yang dimakan insya allah lebih berkah. Pembacanya juga mendapat keutamaan berupa dihindarkan dari godaan setan hingga dicukupkan rezekinya. Raih berkah lebih dengan memanjat doa hanya kepada-Nya.

2. Habiskan Semua Makanan yang Diambil

Kedua, habiskan makanan yang telah diambil. Bagaimanapun makanan yang didapatkan merupakan bagian dari rezeki. Karenanya akan sangat disayangkan bila rezeki yang diterima malah terbuang begitu saja.

Karenanya Islam mengajarkan umatnya untuk tidak menyia-nyiakan apa yang dimilikinya. Ini juga mengandung filosofi mendalam.

Bila Anda menghabiskan apa yang diberi oleh orang lain maka orang yang memberi tersebut akan merasa di hargai.

3. Bila Meminta Makanan Orang Ambil dari Pinggir

Tidak hanya mengajarkan adab terkait doa dan menghabiskan makanan, ajaran adab Islam juga menyentuh sopan santun.

Termasuk sopan santun ketika meminta makanan milik orang lain yang posisinya terbuka.

Anda disarankan untuk mengambil makanan dari bagian pinggirnya. Jangan langsung mengambil makanan yang berada di bagian tengah apalagi mengacak makanan yang masih dinikmati oleh pemiliknya.

Selain kesopanan hal ini juga meningkatkan nilai estetika ketika santap bersama.

4. Makan Menggunakan Tangan Kanan

Perlu diingat, Islam mengajarkan umatnya untuk makan menggunakan tangan baik yakni tangan kanan.

Ini juga yang telah rasul katakan diriwayatkan dari Ibn Umar bahwasanya makan dan minumlah menggunakan tangan kanan karena makan dan minum menggunakan tangan kiri adalah prilaku setan.

Tentu saja sebagai muslim yang beriman diharuskan untuk mencontoh akhlak yang baik. Akhlak Rasulullah yang mulai bisa jadi patokan dalam melakukan sesuatu termasuk dalam urusan makan. Maka hindarilah kebiasaan buruk layaknya setan.

5. Makan Perlahan

Terakhir, makanlah secara perlahan. Tidak dianjurkan untuk makan secara terburu buru apalagi menyerupai orang rakus. Selain menjadi anjuran agama hal ini juga jadi anjuran dalam dunia kesehatan modern.

Pasalnya makan perlahan dapat mengontrol jumlah kalori yang masuk dalam tubuh dalam satu kali makan.

Makan perlahan juga bisa mengontrol kerja organ pencernaan agar tidak kram. Begitu pula makan perlahan dapat meningkatkan kenikmatan makanan.

Doa Sebelum Makan dan setelah makan bisa digunakan setiap hari agar makanan lebih berkah dan terasa lebih nikmat.

Aplikasikan juga adab makan berdasar sunah yang telah diajarkan langsung oleh Rasulullah. Tidak hanya membuat nyaman diri menggunakan adab makan juga membuat nyaman orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.