Bacaan Doa Sesudah Makan
undanganmagelang.com

Doa Sesudah Makan

Posted on

Sering kali seseorang melupakan doa sesudah makan dikarenakan terlalu kenyang atau punya kesibukan mendesak lainnya. Tidak hanya mengucapkan alhamdulillah ternyata terdapat doa khusus untuk dibaca sesaat setelah selesai makan.

Doa pendek ini termasuk doa harian yang dapat diingat dengan mudah. Isi doa tidak lain sebagai bentuk syukur atas segala rezeki dan berkah yang dilimpahkan. Membaca doa juga menandakan keimanan seorang hamba terhadap tuhannya.

Doa Sesudah Makan

Doa pendek untuk sehari hari memang banyak bentuknya. Salah satunya doa setelah makan yang juga banyak diajarkan sejak kecil. Mengajarkan doa sejak kecil banyak berdampak pada kehidupan yang akan datang.

Setelah menyelesaikan santapannya, sebaiknya seorang hamba mengucap syukur. Salah satu bentuk ucapan tersebut bisa berbentuk doa. Selain mengucap alhamdulillah, Anda bisa mengucapkan doa sesudah makan dan artinya yang umum diketahui sebagai berikut ini:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْنَ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Alhamdu lillaahil ladzii ath’amanaa wa saqoonaa wa ja’alnaa muslimiin

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang Islam”

Doa ini diucapkan atas rasa syukur terhadap segala rezeki dan berkah yang dilimpahkan oleh Allah SWT. Pengucapan doa ini juga dijadikan penanda bahwasanya seorang Anda seorang muslim yang bertakwa hanya kepada-Nya.

Kapan Baiknya Doa Diucapkan?

Doa selepas makan seperti namanya baik diucapkan setelah Anda selesai makan. Doa digunakan sebagai jalur pengharapan seorang hamba kepada tuhannya. Tidak hanya berperan sebagai penutup sesi makan, terdapat banyak pula filosofi di dalamnya.

Filosofi pertama menandakan seseorang dengan kadar keimanan yang tinggi. Hal ini tercermin dari arti doa yang terkandung di dalamnya. Selain itu, pembacaan doa juga menandakan orang yang sabar dan tenang.

Dimana dalam proses pembacaannya seorang hamba diharuskan untuk diam sejenak setelah makan. Ia tidak buru buru mengejar urusan lainnya sekalipun ia memiliki segudang aktivitas yang padat. Filosofi ketenangan batin dan fisik bisa terpancar dari pembacaan doa yang singkat ini.

Ada banyak hikmah yang bisa di dapat. Percaya atau tidak senggang sejenak setelah makan dapat mempererat tali silaturahmi pada momen makan bersama. Inilah yang secara tidak sengaja didapatkan oleh seorang hamba yang membaca doa syukur setelah selesai melakukan kegiatannya.

Adab Sesudah Makan

Doa sesudah makan dan sebelum makan banyak disandingkan karena bisa diucap dalam waktu yang sangat berdekatan. Namun, selain doa tahukah Anda ada beberapa hal yang menjadi adab sesudah makan? Berikut 5 adab yang harus diketahui:

1. Menjilat Ujung-Ujung Jari

Adab pertama yang diambil dari sunnah yakni menjilat kelima ujung jari kanan yang dipakai untuk makan. Ternyata selain menjadi adab dalam agama Islam, cara ini juga dianggap penting karena bisa mendapat enzim tertentu dan telah secara ilmiah.

Menjilat jari juga menambah kenikmatan akhir saat sesi makan telah berakhir. Ini juga bisa jadi penanda kepada sang penyedia makanan bahwa Anda sangat menikmati hidangan yang disediakan.

2. Berhenti Sebelum Terlalu Kenyang

Adab selanjutnya yang paling banyak diketahui yakni berhenti makan sebelum merasa kenyang. Namun, bila memang sudah merasa kenyang, maka berhentilah sebelum merasa terlalu kenyang. Adab ini juga bisa berdampak pada kondisi organ pencernaan.

Pasalnya, kondisi kekenyangan dapat menimbulkan efek negatif yang sangat beragam dan yang paling dekat yakni rasa kantuk karena terlalu banyak kadar gula.

Kondisi melonjaknya produksi gas juga bisa saja datang menghampiri. Karenanya ada baiknya Anda mengikuti adab yang telah dianjurkan.

3. Membersihkan Sisa Makanan

Anda juga dianjurkan untuk membersihkan sisa makanan, baik sisa makanan yang terjatuh atau sisa makanan yang tidak bisa dihabiskan seutuhnya. Ini bisa dilakukan baik saat Anda makan bersama maupun makan sendiri.

Ingatlah bahwa kebersihan sebagian dari iman, maka membersihkan sisa makanan bisa jadi salah satu refleksi dari pengamalan jati diri seorang muslim tersebut. Terlebih hal ini akan meningkatkan kenyamanan pribadi maupun orang banyak.

4. Membersihkan Diri

Memberi kenyamanan pada diri sendiri dan orang banyak juga bisa dilakukan dengan membersihkan diri sehabis makan. Ada beberapa bagian tubuh yang digunakan saat makan dan ada baiknya untuk membersihkannya setelah sesi makan selesai.

Mulai dari tangan, mulut, hingga rongga mulut bisa dibersihkan dengan baik. Bayangkan bagaimana nyamannya diri yang bersih sehabis mengonsumsi makanan yang beragam bentuk dan efek sampingnya.

5. Membaca Doa Selesai Makan

Doa sesudah makan dan minum bisa dilafalkan dengan baik. Anda bisa mengucap doa ini sembari pengucapan kalimat alhamdulillah. Mengucap doa bukan hanya jadi ritual penutup sesi setelah makan.

Di balik hal tersebut terdapat banyak pengharapan dan puji syukur terhadap segala karunia yang telah di dapat. Pengharapan untuk masuk dalam golongan beriman juga termasuk dalam lafal doa penutup ini.

Doa sesudah makan masuk dalam doa pendek sehari hari yang tentunya tidak boleh dilupakan begitu saja. Selain mengucap hamdalah Anda bisa memanjatkan doa tambahan seperti doa sunnah yang telah disebutkan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.