Jumat Mubarok
undanganmagelang.com

Doa Setelah Adzan

Posted on

Jika Anda bertanya apa hukum shalat? Jawabannya adalah wajib bagi semua umat islam. Salah satu penanda masuknya waktu shalat adalah adzan. Tahukah Anda jika ada doa setelah adzan yang memiliki banyak keutamaan. Pasti penasaran kan apa saja?

Tulisan Arab Doa Setelah Adzan Latin & Artinya

Sebelum membahas lebih jauh, Anda harus tahu bagaimana sih bacaan doa setelah adzan. Jadi Anda bisa menghafalkan kemudian membacanya dengan lancar dan mendapatkan keutamaan yang akan dijelaskan pada pembahasan selanjutnya, ini dia:

للهُمَّ رَبَّ هذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَف وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدَان

الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ

Allaahumma robba haadzihid da’watit taammah, washsholaatil qoo-imah, aati muhammadanil washiilata wal fadhiilah, wasysyarofa, wad darajatal, ‘aaliyatar rofii’ah, wab’atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa’adtah, innaka laa tukhliful mii’aadz

Artinya: Ya Allah, Tuhan yang mempunyai seruan yang sempurna dan shalat yang ditegakkan ini, berikanlah dengan limpah karuniaMu kepada Nabi Muhammad kedudukan dan keutamaan (paling tinggi) dan limpahkanlah kepadanya tempat yang terpuji yang telah engkau janjikan

Nah setelah mengetahui doa setelah adzan arab, selanjutnya Anda harus tahu apa saja sih kira-kira keutamaan yang akan didapatkan, mengingat semua hal yang baik tidak akan sia-sia.

Keutamaan Membaca Doa Setelah Adzan

Faedah doa setelah adzan
undanganmagelang.com

1. Diampuni Semua Dosanya

Dalam ajaran agama Islam, setiap orang disunnahkan untuk membaca doa ketika selesai adzan, karena dengan cara ini semua dosa dapat diampuni. Pernyataan ini didukung oleh salah satu hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.

Pastinya status hadis tersebut shahih dan bisa dipertanggung jawabkan. Selain itu, membaca doa juga tidak akan menyita banyak waktu Anda, namun meringankan timbangan dosa.

2. Mendapatkan Pertolongan (Syafaat)

Keutamaan lain yang akan didapatkan ketika ada seseorang yang membaca doa setelah adzan adalah mendapatkan pertolongan dari Allah kelak di hari kiamat. Hal ini juga sudah ada hadisnya loh, diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim.

Hadis tersebut menjelaskan bahwasanya siapa yang berdoa setelah mendengarkan suara adzan dan mengucapkan doa: Ya Allah Tuhan yang memiliki seruan sempurna serta shalat yang didirikan. Limpahkanlah derajat yang tinggi dan keutamaan pada Nabi Muhammad.

Bamgkitkanlah di tempat terpuji yang telah Engkai janjikan, berhaklah baginya untuk mendapatkan syafaatku (pertolongan Nabi atas izin Allah) di hari kiamat kelak.

Masya Allah sungguh luar biasa bukan? Jadi apakah Anda masih menyia-nyiakan kesempatan ini?

3. Mendapatkan Keutamaan Tersendiri

Nah keutamaan yang ketiga ini bisa dibilang rahasia Allah, karena hanya Allah lah yang berhak memberikan sesuatu untuk hambaNya. Contohnya adalah kebaikan di dunia dan akhirat, dilancarkan segala urusannya dan diberikan keturunan yang sholih dan sholihah.

Anda tidak akan pernah tahu kan amalan apa yang membuat Anda mendapatkan keberuntungan yang begitu banyak? Bisa jadi karena Anda membaca doa ketika adzan selesai dikumandangkan.

Namun syaratnya, harus ikhlas lillahi ta’ala, jangan sampai riya’ (pamer) kepada orang lain karena semua sudah ada nilainya masing-masing.

4. Dikabulkan Segala Doanya

Apakah Anda tahu kenapa berdoa setelah adzan sangat dianjurkan? Jawabannya karena termasuk salah satu waktu yang mustajabah. Apalagi jika di bagian akhir Anda mengucapkan apa yang menjadi keinginan, insya Allah semuanya akan terkabul.

Keutamaan ini bisa Anda temui pada hadis yang diriwayatkan oleh Abu Daud 524 dan Ibn Hibban 1695 yang sudah dihasankan oleh Syuaib Al Arnauth. Dalam hadis tersebut Rasulullah meminta umatnya untuk mengucapkan seperti apa yang diucapkan oleh muadzin.

Apabila sudah selesai, maka berdoalah maka akan diberi. Nah hadis ini sahih loh, jadi tidak perlu diragukan lagi kelemahannya.

5. Balasan Surga

Kehidupan di dunia memang sementara yang kekal adalah kehidupan di akhirat. Oleh karena itu, dunia menjadi ladang untuk beramal sebanyak-banyaknya agar mendapatkan tempat yang terbaik yaitu surga.

Salah satu cara untuk sampai pada keinginan tersebut adalah membaca doa setelah adzan yang dijanjikan masuk surga.

Bukan tanpa sadar, berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad, Nasai dan dihasankan oleh Syuaib Al Arnauth menjelaskan bahwasanya Nabi pernah bersabda, siapapun yang mengucapkan seperti apa yang dilfalkan Bilal maka yakin ia masuk surga.

6. Menjadi Saksi Kebaikan Bagi yang Berdoa

Keutamaan yang didapatkan ternyata tidak hanya berlaku pada si pembaca doa, melainkan yang mendengarkannya juga. Ia menjadi saksi kebaikan yang mana akan mendapatkan pahala dan bisa dipertanggungjawabkan kelak di hari kiamat.

Hal ini sebagaimana diriwayatkan oleh Bukhari nomor 609, yang mana waktu itu Rasulullah SAW bersabda: Tidaklah suara adzan yang sangat keras dikumandangkan akan didengar oleh manusia, jin dan semuanya itulah akan menjadi saksi kelak di hari kiamat.

7. Allah Memberikan Pahala Sebanyak 10 Kali

Keutamaan membaca doa ketika setelah adzan adalah Allah akan memberikan pahala. Namun dilipatgandakan menjadi 10 kali lipat jika ditambah dengan sholawat. Pernyataan ini ada di hadis Muslim Nomor 38.

Rasulullah SAW bersabda bahwasanya apabila mendengar muadzin, maka jawablah kemudian baca sholawat untukku, karena siapapun yang membaca sholawat untukku sekali saja maka Allah akan memberikan 10 kali.

Membaca sholawat dan mengetahui doa setelah adzan beserta artinya memang tidak ada ruginya, karena banyak sekali keutamaan yang akan didapatkan.

Setelah mengetahui beberapa keutamaan di atas, apakah Anda masih ingin meninggalkan doa setelah adzan? Memang tidak instan langsung diberikan oleh Allah, namun menjadi tabungan Anda ketika di akhirat nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.