bacaan Doa Sore Hari
undanganmagelang.com

Doa Sore Hari

Posted on

Doa sore hari sesuai namanya bisa dibacakan kala waktu sore menjelang. Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari pembacaan doa harian ini. Manfaat secara langsung dan tidak langsung bisa didapatkan.

Sore hari identik dengan waktu peralihan antara waktu beraktivitas padat menjelang waktunya beristirahat. Namun, pada rentang waktu ini pula godaan setan tidak bisa dihindari.

Karenanya membaca doa bisa jadi salah satu langkah baik untuk menangkalnya.

Doa Sore Hari Arab, Latin, dan Artinya

Doa sore hari menjelang malam ini memiliki banyak variasi. Tentunya ragam doa ini bersumber dari akar yang sama yakni sunah dan hadis.

Disebutkan doa ini hadir sebagai pengantar peralihan waktu di dunia. Berikut doa kala sore hari yang bisa Anda baca setiap hari:

اَللَّهُمَّ بِكَأَمْسَيْنَا،وَبِكَنَحْيَا،وَبِكَنَمُوْتُ،وَإِلَيْكَالنُّشُوْرُ

Allāhumma bika amsainā, wa bika nahyā, wa bika namūtu, wa ilaikan nusyūr.

Artinya, “Ya Allah, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali,” (HR Abu Dawud, At-Turmudzi, Ibnu Majah, dan lainnya).

Bersumber dari Abu Hurairah RA meriwayatkan doa Rasulullah SAW yang dibaca ketika sore hari sebagaimana dikutip oleh Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 63.

Berdoa di waktu tertentu merupakan refleksi dari keimanan seorang hamba terhadap tuhannya. Perkuat keimanan Anda dengan membaca doa ini secara rutin.

Tidak masalah untuk tetap berdoa sambil membaca karena yang terpenting adalah niat pembacaannya yang bersih.

Namun, untuk hasil yang lebih afdol Anda bisa mulai menghafal doa sore hari dan artinya. Penghafalan arti ternyata bisa menambah kekhusyukan dalam membaca doa.

Menghafal arti berarti Anda sedang memperdalam makna doa yang diucapkan.

Manfaat Membaca Doa Sore Hari

tulisan arab doa sore hari
undanganmagelang.com

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, doa sore hari akan memberikan banyak manfaat pada pembacanya.

Manfaat secara kebatinan juga bisa didapatkan bila doa diamalkan secara baik dan rutin. Berikut manfaat membaca doa di waktu sore:

1. Menutup Hari dengan Berkah

Manfaat pertama yang bisa didapat secara tidak langsung adalah keberkahan. Menutup hari dengan berkat dan rahmat dari Allah SWT merupakan suatu keinginan yang luhur.

Maka keinginan tersebut bisa diusahakan lewat pembacaan doa kala sore hari menjelang.

Doa yang juga merupakan pengharapan kepada Allah menjadi salah satu usaha terbaik untuk mendapatkan berkah.

Insyaallah lewat pembacaan doa ini keberkahan akan datang pada saat itu dan hari selanjutnya.

2. Membuka Pintu Rizki Lainnya

Rezeki bisa datang dari sumber mana pun. Untuk mengoptimalkannya Anda bisa meminta hanya kepada Allah, agar pintu rezeki dibukakan selebar mungkin.

Kemudahan dalam mencari dan mendapatkan rezeki bisa dipanjatkan lewat doa.

Baca Juga: Doa Pagi Hari

Karenanya doa waktu sore ini hadir untuk mendorong usaha menggapai rezeki yang halal. Pembacaan doa ini dapat berdampak pada pembukaan pintu rezeki selebar lebarnya saat itu atau hari yang akan datang.

3. Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan

Manfaat selanjutnya dari pembacaan doa waktu sore adalah meningkatnya keimanan dan ketaqwaan. Doa merupakan representasi cara berkomunikasi antara seorang hamba dengan tuhannya.

Memelihara hubungan dengan tuhan berarti juga Anda sedang memelihara keimanan diri. Ini juga akan berdampak pada peningkatan kadar taqwa yang bisa dipupuk mulai sejak dini.

Dapatkan manfaat peningkatan iman dan taqwa dengan mengamalkan doa waktu sore ini.

4. Membuat Hati Tenang

Membaca doa juga ampuh membuat hati tenang. Memfokuskan diri untuk berdoa berkomunikasi dengan sang pencipta membuat tubuh tenang.

Dengan segala bentuk pengharapan dan pujian hanya kepadanya Anda bisa mendapat kedamaian.

Baca Juga: Doa Dimudahkan Segala Urusan

Tidak hanya efek sesaat hati yang tenang bisa terbawa hingga hari hari berikutnya. Hati yang terang juga bisa terlihat dari perilaku yang santun dan tidak tergesa. Berikut dengan mimik wajah yang terlihat kalem di segala situasi.

5. Menghindari Perbuatan Tidak Bermanfaat

Terakhir, pembacaan doa ditujukan untuk menghindari perbuatan tidak bermanfaat terlebih perbuatan maksiat. Lebih mendekatkan diri pada Illahi Robbi lebih banyak mendatangkan manfaat terlebih mendatangkan pahala.

Tuntunan Membaca Doa Sore Hari

Untuk pembacaan doa yang lebih baik tersedia berbagai macam tuntunan dari para alim ulama.

Seperti halnya di bawah ini, tuntunan membaca doa waktu sore yang paling sederhana bisa dilakukan setiap hari tanpa mengurangi esensi di dalam doa. Berikut penjabarannya singkatnya:

Pada dasarnya tidak ada aturan pasti dalam mengucapkan doa. Hal terpenting dalam pembacaannya yakni niat yang bersih dan penujuan doa hanya kepada Allah.

Waktu sore yang berharga diisi dengan aktivitas yang bernilai pula. Anda bisa mulai membaca doa dengan cara:

  • Membaca doa dengan membersihkan diri terlebih dulu.
  • Pilih tempat berdoa yang paling nyaman.
  • Mulailah doa dengan mengucap nama Allah (bismillah)
  • Mulai dengan memuji Allah dengan nama yang Agung
  • Masuk ke pembacaan doa dan lengkapi dengan dzikir dan sunnah membaca doa sore hari lainnya.
  • Tutup dengan bacaan aamiin dan alhamdulillah.

Tuntunan praktis di atas bisa Anda lakukan setiap hari. Ditambah dengan doa sore hari yang cukup pendek bisa dihafal dengan mudah. Amalkan ibadah ringan dengan manfaat besar ini untuk hidup yang penuh berkah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.