pasangan pengantin

Cara Mendapatkan Foto Buku Nikah yang Bagus

Salah satu hal yang wajib dipersiapkan calon pengantin ketika akan mendaftarkan diri ke Kantor Urusan Agama (KUA) adalah mempersiapkan foto buku nikah.

Walaupun tampak sepele, tetapi ternyata masih ada calon pengantin yang tidak paham mengenai aturan foto yang baik dan benar.

Disarankan bagi calon pengantin untuk melakukan pengambilan foto buku nikah di studio menggunakan jasa fotograper profesional agar hasil yang diperoleh maksimal.

Kalau pun terpaksa tidak menggunakan jasa pforesional gunakanlah kamera dengan resolusi tinggi agar hasil foto tidak pecah.

Untuk menghindari kesalahan dan memperlambat proses pengurusan, maka calon mempelai wajib mengetahui aturan tersebut.

Cara Mendapatkan Cetakan Foto Buku Nikah Yang Bagus

foto buku nikah

1. Ukuran Foto

Ada dua macam ukuran foto yang harus dipersiapkan oleh kedua calon mempelai. Ukuran pertama adalah ukuran 2 x 3.

Masing-masing mempelai harus mempersiapkan sebanyak empat lembar. Jadi jika ditotal kemudian, maka jumlah yang harus diserahkan adalah sebanyak 8 Lembar.

Ukuran kedua adalah ukuran 4 x 6. Untuk masing-masing mempelai cukup hanya mengumpulkan satu foto saja. Jadi total foto yang harus diserahkan sebanyak dua lembar.

Baca Juga: Susunan Panitia Pernikahan

Untuk berjaga-jaga, Anda bisa mencetak lebih banyak untuk keperluan pengarsipan dan juga kebutuhan lain yang mendadak.

2. Warna Latar Belakang Foto

Agar foto yang Anda serahkan tidak dikembalikan, maka Anda harus mencetak foto sesuai aturan dari Direktur Bimbingan Masyarakat Islam.

Aturan ini terbit pada tahun 2018 dan tercantum di Model N2. Anda bisa mencari tahu lebih banyak tentang latar belakang foto ini dengan mempelajarinya dari mesin pencari.

Dalam lampiran keputusan ini, maka warna latar belakang foto yang diizinkan adalah yang berwarna biru. Anda tidak perlu risau mengenai warna biru yang beragam, entah biru langit, biru dongker dan biru lainnya.

Tiap studio foto pasti sudah memiliki latar belakang foto yang standar dan sesuai aturan.

3. Warna Baju Sesuai

Hal ini sering tidak disadari oleh calon pengantin yang akan berfoto di studio. Padahal pemilihan warna baju yang dikenakan bisa mempengaruhi kualitas foto.

Baca Juga: Susunan Acara Lamaran

Jangan sampai Anda datang dengan memakai pakaian yang sewarna dengan warna latar belakang, selain karena tidak kontras tubuh Anda akan menjadi menyatu dengan latar belakang.

cara membuat buku nikah

Maka sebelum datang ke studio untuk berfoto, pastikan Anda memilih warna baju yang sesuai. Anda bisa mendiskusikan warna yang bagus untuk Anda dan pasangan.

Ada baiknya memang Anda berdua menggunakan warna pakaian yang serupa agar terlihat kompak.

Jika Anda bosan menggunakan warna putih, Anda bisa mempertimbangkan warna lain seperti merah, hitam, bahkan kuning.

4. Studio Terpercaya

Memilih studio yang terpercaya juga bisa menjadi solusi jika Anda menginginkan hasil foto yang bagus. Selain karena peralatan mereka lengkap, studio terpercaya pastinya juga memiliki fotografer yang berpengalaman.

Mereka bisa mengarahkan Anda sehingga tampilan foto akan lebih menarik.

Selain itu, studio yang terpercaya memiliki sistem penyuntingan foto yang sudah teruji. Anda tidak perlu melakukan pemotretan ulang, karena proses penyuntingan bisa memperbaiki item yang kurang pada foto Anda.

Jika pun Anda terpaksa tidak bisa datang ke studio, Anda masih bisa melakukan pemotretan secara mandiri.

Baca Juga: Nikah Siri

Peralatan di dalam ponsel pintar Anda juga sudah bisa menghasilkan foto yang mirip dengan cetakan studio. Anda bisa menggunakan aplikasi editing foto yang tersedia dan bisa Anda unduh dengan mudah.

5. Waktu Foto

Pertimbangkan mengambil foto ketika Anda sedang dalam keadaan prima. Walaupun wajah yang lelah bisa ditutupi dengan make up, tetapi akan lebih baik jika Anda datang dalam keadaan segar karena tentu akan menghasilkan foto yang lebih alamiah.

Anda bisa mengambil waktu pada pagi maupun siang hari, karena pada saat ini kondisi badan masih prima dan tidak akan mempengaruhi ekspresi wajah Anda.

Membuat foto buku nikah yang bagus sebenarnya tidak membutuhkan trik khusus. Yang terpenting dari itu semua adalah wajah Anda dan pasangan terlihat jelas dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.