emas1

Harga Tinggi Lagi, Menjanjikan Untuk Investasi Emas

Posted on

Harga emas terus meningkat dalam beberapa hari terakhir. Emas merupakan investasi teraman di tengah kondisi geopolitik dunia yang terus memanas.

Pada perdagangan kemarin, harga emas di toko Antam kembali menyentuh Rp1.005.000 per gram. Dengan kenaikan harga ini, emas menjadi investasi paling menjanjikan saat ini.

GK Invest Money Market Watcher, ada dua faktor utama yang mendorong kenaikan harga emas saat ini. Pertama, terkait dengan tingginya tingkat inflasi di beberapa negara besar dan global. Sangat mengganggu. Kedua, situasi geopolitik yang membawa ketidakpastian dan mengganggu proses pertumbuhan ekonomi pasca pukulan pandemi COVID-19.

Invasi Rusia ke Ukraina yang terjadi pada awal Maret 2022 memperburuk situasi dan mengganggu stabilitas politik di Eropa. Kondisi seperti itu menjadikan emas sebagai aset yang dikenal sebagai investasi yang aman, tempat berlindung yang aman dari situasi yang tidak pasti, dan pelindung saat inflasi tinggi, seperti lindung nilai, membuat panggung Anda bersinar kembali.

Dari tahun ke tahun, harga LM cenderung naik. Ada kalanya harga LM mengalami koreksi, namun penurunan harga ini kemungkinan karena faktor teknis, dan investor ritel biasanya membukukan keuntungan.

Sementara itu, bagi investor besar, termasuk bank sentral, harga emas justru menjadi peluang untuk melakukan aksi buyback.

Logam mulia di pasar Indonesia mencapai harga di atas hampir Rs 1,2 juta per gram dan sekarang diperdagangkan lebih dari Rs 1 juta per gram.

Mengingat pada fundamental dan teknologi, harga Logam Mulia sangat menarik untuk dibeli dan untuk investasi. Emas dalam bentuk logam mulia batangan memiliki tingkat likuiditas yang baik.

Keuntungan Berinvestasi Emas

Nilai aset yang jarang berubah, pembelian dan penjualan yang bisa dilakukan dimana saja, serta modal yang relatif terjangkau, hanyalah beberapa kenyamanan yang bisa Anda rasakan ketika memiliki investasi emas. Kemudahan ini bisa dibilang kemudahan berinvestasi emas. Di bawah ini Anda akan menemukan informasi rinci tentang manfaat yang bisa Anda dapatkan dari berinvestasi emas.

1. Nilai Aset Cenderung Stabil

Keuntungan pertama berinvestasi emas adalah nilai aset emas yang Anda miliki cenderung tetap stabil dari waktu ke waktu. Salah satu faktor yang cenderung membuat harga emas tetap dalam tabungan emas Anda adalah adanya penawaran dan permintaan yang jelas di pasar.

Berinvestasi emas sebagai komoditas tidak hanya berfungsi sebagai alat investasi, tetapi juga untuk melengkapi gaya hidup. Disaat melakukan transaksi emas tetap kuat, risiko penurunan harga aset emas mungkin minimal.

2. Mudah Dibayar

Keuntungan lain dari berinvestasi emas adalah mudah untuk menarik atau mengubah investasi emas Anda menjadi uang tunai. Sifat investasi emas, yang mirip dengan tabungan tradisional, memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengubah aset investasi emas Anda menjadi uang tunai.

Baik Anda memegang emas dalam bentuk fisik maupun digital, keberadaan emas sebagai salah satu jenis logam mulia masih diketahui keberadaannya di hampir setiap belahan dunia. Juga membantu dalam proses pencairan aset emas lebih mudah dimana saja.

3. Bebas Bunga

Jika Anda melakukan investasi lain selain investasi emas, Anda akan mendapati bahwa saat ingin melikuidasi aset, nilai yang Anda terima cenderung memiliki selisih yang besar dengan nilai aset yang Anda miliki karena adanya bunga. Namun hal berikut ini tidak berlaku untuk investasi emas.

Anda akan bebas dari bunga yang termasuk dalam nilai investasi. Jadi jika Anda short sell, nilai emas yang Anda lelehkan akan sama dengan tabungan Anda.

4. Bersifat Seperti Dana Darurat

Seperti pada tabungan tradisional, Anda bisa beranggapan bahwa tabungan emas bisa sebagai sumber dana disaat darurat. Dengan rutin menabung emas sebagai bentuk investasi, semakin besar potensi untuk memperkuat uang Anda. Dengan nilai aset yang cenderung stabil dan kemudahan dalam mengkonversi emas menjadi uang tunai, Anda dapat menggunakan tabungan emas apa pun yang Anda miliki sebagai sumber daya darurat atau mungkin untuk membentuk dana pensiun.

5. Melindungi Nilai Kekayaan

Dengan kecenderungan nilainya yang terus meningkat dari tahun ke tahun, emas sangat cocok jika disebut sebagai investasi yang paling mampu melindungi nilai kekayaan seseorang. Proteksi berinvestasi emas dapat tercermin dari kekayaan seseorang yang harganya selalu stabil dan cenderung meningkat, sehingga ketika dijual kembali, pemilik investasi emas cenderung memperoleh return yang lebih tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.