Arti Tulisan Arab Hasbunallah Wa Ni’mal Wakil
undanganmagelang.com

Hasbunallah Wa Nikmal Wakil

Posted on

Manusia merupakan makhluk yang teramat kecil jika dibandingkan ciptaan Allah lainnya. Ia memiliki kekuatan yang hanya diberikan atas kehendak Allah SWT. Oleh karena itu, diwajibkan berdzikir termasuk hasbunallah wa ni’mal wakil yang memiliki banyak manfaat.

Apabila Anda ingin tahu lebih banyak, silahkan baca penjelasan di bawah ini dari awal hingga akhir ya! Maka akan menemukan intisarinya.

Makna Dzikir Hasbunallah Wa Ni’mal Wakil

Sebelum membahas lebih jauh, marilah kita bedah makna hasbunallah wa ni’mal wakil. Sebenarnya lafadz “Hasbunallah” artinya adalah Allah akan mencukupi semua urusan kamu (manusia).

Sedangkan “Wa Ni’mal Wakil” merupakan sebaik-baik tempat untuk menyandarkan segala urusan manusia dan yang mendatangkan kebaikan.

حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

Apabila ditarik kesimpulan maksud dari dzikir tersebut adalah memberikan sebuah penegasan, bahwa sebenarnya tidak ada kekuatan kecuali dari Allah. Selain itu, semua urusan manusia yang ada di dunia harus diserahkan kepada Allah dan hanya Allah lah yang berhak memberi pertolongan.

1. Pasrah kepada Allah

Tahukah Anda bahwa pasrah dalam semua takdir yang sudah digariskan oleh Allah, entah itu baik atau buruk membuat jiwa menjadi lebih tenang. Termasuk jika dihadapkan pada cobaan yang begitu berat.

Hati manusia akan terasa lebih dekat dengan Allah, sehingga membuatnya memiliki kepekaan yang tinggi dan terhindar dari segala bentuk kejahatan. Dikisahkan bahwa nabi terdahulu juga sering mengamalkan dzikir hasbunallah wa ni’mal wakil ini.

Tujuannya sama, sebagai bentuk kepasrahan diri kepada Allah. Beliau percaya bahwasanya tidak ada tempat berlari selain kepada Allah dan semua keselamatan terjadi atas kehendak-Nya.

2. Hanya Allah Tempat Bergantung

Makna yang kedua dari dzikir ini adalah mengakui bahwasanya hanya Allah lah tempat bergantung, bukan pada makhluk apalagi musuh-Nya. Apabila semua sudah disandarkan pada Allah, maka semua urusan akan dimudahkan.

Kekuatan dzikir ini sangatlah besar, bahkan semua yang ada di muka bumi tidak ada yang bisa menandinginya. Hal ini dikarenakan dzikir hasbunallah merupakan potongan dalam sebuah ayat di Al Qur’an.

Jadi, Anda harus mempelajarinya dengan sungguh-sungguh agar mengetahui apa sih sebenarnya keutamaan dari dzikir ini lengkap dengan hikmah di dalamnya.

3. Dzikir Pendatang Kebaikan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwasanya arti kalimat terakhir dalam dzikir ini adalah meyakini bahwa Allah akan mendatangkan segala kebaikan, tidak ada keburukan sama sekali.

Nah, jika dalam diri manusia sudah tertanam seperti itu, maka Allah pun akan mengabulkan, karena sekali lagi Allah sesuai dengan prasangka hamba-Nya. Oleh karena itu, dzikirlah dengan kalimat yang positif.

Bagaimana apakah sampai sini bisa dipahami hasbunalah wa ni’mal wakil artinya apa? Jangan sampai menjadi manusia yang hanya ikut-ikutan saja tanpa tahu makna yang terkandung di dalamnya. Lalu, selanjutnya apa sih khasiat atau manfaat dari dzikir ini?

Keutamaan Dzikir Hasbunallah Wa Ni’mal Wakil

Bacaan Dzikir Hasbunallah Wa Ni’mal Wakil
undanganmagelang.com

Apabila berbicara tentang dzikir ini, maka manusia akan berharap jika Allah akan memberikan pertolongan, memberikan keberanian dan menguatkan diri ketika ada masalah datang. Hal ini bukan tanpa alasan karena manusia akan diuji dengan kegelisahan dan kesakitan.

Namun, apabila Anda rajin mengamalkan dzikir hasbunallah wa ni’mal wakil ini, maka akan mendapatkan banyak sekali khasiat, di antaranya adalah:

1. Bertambahnya Ketakwaan kepada Allah SWT

Tidak jauh dari penjelasan yang sebelumnya sudah dibahas, bahwasanya membaca dzikir ini merupakan salah satu bentuk ketakwaan seorang hamba kepada Allah SWT, berserah diri, dan mendekatkan kepada-Nya.

Tidak hanya setengah-setengah, melainkan menyerahkan seluruh baik jiwa dan raga hanya kepada Allah. Jadi, semua urusan, masalah, atau apapun yang sedang dihadapi disandarkan kepada Allah sembari meminta perlindungan.

Oleh karena itu, apabila mengamalkan dzikir ini, maka fikiran untuk mengambil jalan pintas, bunuh diri, atau lainnya tidak akan ada. Sebaliknya, ketakwaan dan keimanan akan bertambah karena tidak ada sebaik-baiknya penyelesaian urusan kecuali Allah SWT.

2. Memperoleh Ketenangan Hati

Tahukah Anda bahwasanya hidup akan penuh dengan permasalahan, tidak ada yang bisa menghindarinya. Permasalahan ini bisa datang dari segi apa saja, contohnya adalah pertengkaran rumah tangga, depresi karena lingkungan sosial, dijahati orang, dan lainnya.

Namun, apabila Anda membaca dzikir hasbunallah ini dan mengamalkannya secara rutin, maka Insya Allah ketenangan hati dan pikiran yang jernih akan terbuka lebar.

Selain itu, satu hal yang perlu diketahui bahwasanya banyak orang yang terkena gangguan mental karena masalah yang baginya berat. Padahal jika dipikir kembali apabila membandingkannya  masih ada orang lain yang memiliki masalah lebih berat.

Oleh karena itu, Anda tidak boleh berputus asa, baca dzikir ini dan melakukan amal shaleh, tidak lama pastinya Allah akan menunjukkan kuasa-Nya dengan membuat hati Anda menjadi lebih tenang.

3. Mendapatkan Pahala yang Berlipat Ganda

Ternyata dzikir hasbunallah wa ni’mal wakil ini dijanjikan Allah kepada siapapun yang membacanya akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Tentunya untuk jumlahnya hanya Allah lah yang tahu.

Manusia, hanya wajib berusaha dan berdzikir sebagai bentuk penghambaan. Bayangkan saja, jika tidak ada pegangan yang utuh dan pendirian yang tegak bahwa ada Sang Pencipta yang kuasa atas segala sesuatu, maka Anda akan menjadi manusia yang terombang-ambing.

Selain itu, dunia memang ladang untuk mencari pahala yang hanya boleh berhenti ketika ajal pun tiba. Pahala inilah yang nantinya akan menjadi timbangan kebaikan waktu yaumul hisab dan bisa menentukan apakah surga atau neraka tempat seseorang.

Jadi, apakah masih ragu untuk mengamalkan dzikir ini? Mengingat artinya pun juga sangat bagus, tidak mengandung kejelekan satu pun.

4. Semakin Meyakini bahwa Allah Maha Esa

Hasbunallah wa ni’mal wakil adalah bacaan yang ada dalam Al Qur’an sekaligus sebagai bentuk mengagungkan keesaan Allah. Membaca dzikir ini bisa membentuk Anda menjadi pribadi yang lebih yakin, bersyukur dan senantiasa mengagungkan Allah.

Jadi, apabila suatu saat ada cobaan yang datang dalam kehidupan, bahkan hal yang menyakitkan sekalipun seperti fitnah yang dilakukan oleh orang yang terdekat atau lainnya.

Maka Anda akan menjadi pribadi yang lebih yakin bahwa tidak ada yang bisa membolak-balikkan hati seseorang kecuali Allah.

Baca dzikir ini saat pagi ataupun petang, yakin bahwa Allah akan selalu melindungi orang yang benar dan pasrahkan semuanya. Insya Allah dalam waktu dekat kebenaran akan muncul dan masalah Anda bisa terselesaikan dengan baik.

Ingat, balas keburukan dengan kebaikan, khususnya dengan berdzikir sembari meyakini bahwa hanya Allah lah satu-satunya dzat yang akan memeluk hamba-Nya, bahkan di saat orang lain tidak ada yang berpihak sama sekali.

5. Masalah yang Membelit Bisa Terselesaikan dengan Baik

Sesuai dengan artinya bahwa Allah akan mencakup semua urusan, sebaik-baik tempat untuk bersandar dan yang mendatangkan kebaikan. Oleh karena itu, jangan khawatir akan masalah yang membelit, insya Allah terselesaikan.

Pastinya dengan cara yang baik pula, yaitu dengan terus menerus membaca dzikir ini. Hal ini dikarenakan dzikir adalah doa yang apabila dipanjatkan terus menerus, maka akan sampai pada tujuan akhirnya.

Nah, jadi itu dia beberapa khasiat atau manfaat yang akan Anda dapatkan jika rajin mengamalkan dzikir hasbunallah wa ni’mal wakil. Apakah sampai sini bisa dipahami dengan baik? Jika sudah, mari lanjut ke pembahasan bagaimana cara mengamalkannya.

Cara Mengamalkan Dzikir Hasbunallah Wa Ni’mal Wakil

Jika Anda bertanya sebaiknya dilakukan waktu kapan dzikir ini? Jawabannya, bisa dilakukan kapan saja, di manapun, dan dalam kondisi apapun. Namun, apabila mau membacanya pada waktu-waktu tertentu seperti saat selesai sholat tahajud atau dhuha, maka akan ada keutamaan tersendiri.

Selain itu, juga ada cara lainnya untuk mendapatkan manfaat yang lebih, bagaimanakah itu? Ini dia lengkapnya:

1. Membacanya Secara Rutin

Sebenarnya ini sudah disinggung pada pembahasan di atas, bahwasanya siapapun yang istiqamah atau rutin mengamalkannya maka akan mendapatkan khasiat yang ak ternilai harganya.

Sebaiknya, jangan hanya dibaca ketika ada masalah saja, dalam keadaan baik-baik pun tetap harus mengamalkannya. Allah lebih menyukai yang demikian. Lalu, adakah ketentuan jumlahnya? Jawabannya ada di poin selanjutnya.

2. Membaca dalam Hitungan Tertentu

Mengamalkan dzikir memang harus dilakukan sebanyak-banyaknya, namun sebenarnya ada jumlah tertentu yang akan mendatangkan keutamaan dan kemustajaban. Anda bisa membacanya 450 kali agar lebih cepat keluar dari permasalahan yang membelit.

Keutamaan lainnya yang akan didapatkan ketika Anda membaca dalam jumlah tersebut adalah Allah akan memenuhi kebutuhan, melindungi dari kejahatan makhluk, dan senantiasa diberikan pertolongan.

Hal tersebut sebagaimana dikatakan oleh Syekh Abi hasan As Syadzili yang mana, apabila seorang hamba istiqomah dalam membaca dzikir hasbunallah wa ni’mal wakil, maka ia akan memperoleh banyak keberuntungan.

3. Membaca pada Waktu yang Mustajabah

Nah, mungkin Anda sudah tahu bahwa ada waktu-waktu mustajabah yang apabila seorang hamba melantunkan doa, maka akan lebih cepat sampai kepada Allah. Contohnya adalah selesai sholat fardhu, sholat di sepertiga malam, hari jumat, antara adzan dan iqamah.

Jadi, kalau bisa Anda harus mengamalkan dzikir ini pada waktu-waktu tersebut. Pastinya satu hal yang perlu diingat yaitu harus diiringi dengan hati yang ikhlas karena Allah ta’ala.

Jangan lupa juga untuk berusaha sebisa mungkin. Cara ini membuat hati akan lebih ikhlas dan menerima apapun hasil yang diberikan oleh Allah.

Ingat, Allah tidak akan menakdirkan sesuatu yang buruk, karena yang baik bagi Anda belum tentu Allah demikian. Oleh karena itu, menerima segala keputusannya adalah hal yang paling benar.

4. Dilakukan dengan Khusyu’ dan Khidmat

Cara pengamalan yang terakhir dan sudah pasti adalah berdzikir harus dilakukan dengan khusyu’ dan khidmat. Hilangkan semua beban pikiran dan masalah untuk sementara waktu. Fokuslah curhat kepada Allah, memuji dan meminta pertolongan.

Mintalah dengan sesungguhnya, karena Allah akan melihat usaha hamba-Nya terlebih dahulu. Selain itu, sebaiknya dilakukan di tempat yang sepi, tidak ada yang mengganggu, jadi semua yang Anda minta tersampaikan dengan baik.

Allah sendiri sudah berfirman dalam Al Qur’an yang artinya kurang lebih “Berdoalah kepada-Ku maka akan Ku kabulkan”. Bagaimana, Allah sungguh baik, bukan?

Sekarang Anda sudah memahami apa makna, khasiat dan cara mengamalkan dzikir hasbunallah wa ni’mal wakil. Selanjutnya mulai praktekkan, insya Allah semua akan ada jalan keluarnya dan Anda senantiasa diberikan perlindungan oleh Allah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.