ijab qobul pernikahan
mirathaber.com

Ijab Qobul

Posted on

Ijab qobul berasal dari dua kata yaitu ijab dan qobul. Ijab sendiri memiliki arti yaitu wajib sedangkan kata qobul memiliki arti menerima.

Biasanya ijab qobul ini dipakai ketika ada acara pernikahan yaitu ucapan antara orang tua atau disebut sebagai wali dari mempelai perempuan.

Ijab qobul dikenal sebagai ucapan untuk menikahkan anak perempuan dengan seorang pria yang akan dinikahinya nanti.

Wali dari mempelai perempuan tersebut melepaskan anak perempuannya untuk dinikahi dan untuk mempelai pria menerima perempuan tersebut untuk dinikahi.

Jadi intinya dalam sebuah upacara pernikahan, ijab qobul memiliki arti sebagai kesepakatan diantara keduanya. Dalam pemilihan bahasa ketika pengucapan ijab qobul ini juga diputuskan secara bersama antara wali dan calon mempelai laki-laki.

Bacaan Ijab Qobul

Anda bisa mengucapkan ijab qobul dengan beragam bahasa, bisa dengan bahasa nasional yaitu bahasa Indonesia, bisa juga menggunakan bahasa arab maupun bahasa daerah lain seperti Sunda dan Jawa.

Di bawah ini adalah salah satu contoh pengucapan ijab qobul dengan menggunakan bahasa Indonesia:

Saya nikahkan dan kawinkan Anda (Sebutkan nama calon laki-laki) bin (nama ayah dari calon laki-laki) dengan putri saya bernama (sebutkan nama calon mempelai perempuannya) binti (sebutkan nama ayah dari calon mempelai perempuannya).

Dengan mas kawin (sebutkan mas kawinnya misalnya saja perhiasan emas batang 1 gram) dibayar (tunai atau hutang, pilih salah satu).

Nah, pernyataan diatas itu harus segera Anda jawab sebagai seorang pengantin laki-laki, di sebagian daerah di Indonesia ketika menjawabnya tidak boleh ada jeda waktu yang terlalu signifikan, jawaban dari ucapan tersebut adalah

Saya terima nikah dan kawinnya (nama calon perempuan) binti (nama ayah dari calon perempuan) dengan mas kawin 1 gram emas batang dibayar tunai.

Nah setelah jawaban dari wali dijawab, maka para saksi tentunya akan memeriksa apakah proses pengucapannya tidak ada selingan dengan pernyataan lainnya?

Artinya ucapan ijab qobul dari wali ke mempelai laki-laki tidak boleh terputus, melainkan harus saling nyambung menyambung.

Setelah diperiksa dan tidak ada masalah, biasanya para saksi akan bilang sah dengan mempertimbangkan dari persyaratan rukun sah nikah.

Tapi itu jika dalam pernikahan, ternyata istilah ijab qobul juga tidak hanya dipakai di upacara pernikahan saja.

Istilah ijab qobul juga digunakan di dalam akad jual beli yaitu ketika ada seorang penjual dan juga pembeli melakukan sebuah transaksi dan kesepakatan bisnis.

Tapi, ulasan artikel ini Kami tidak akan membahas tentang ijab qobul dalam perniagaan.

Tips Ijab Qobul Agar Tidak Grogi

tips ijab qobul
artboxstudio.com.au

Tapi yang akan kami bahas adalah ijab qobul dalam sebuah pernikahan atau lebih tepatnya jika dalam artikel ini tips ijba qobul super lancar dan tidak grogi. Apa saja? Simak pembahasannya dibawah ini;

1. Pastikan Tubuh Anda Sedang Dalam Kondisi Fit

Agar ketika Anda akan mengucapkan ijab qobul, maka Anda harus mempersiapkan tubuh Anda dan menjaga kondisi tubuh Anda beberapa hari sebelum melangsungkan akad nikah.

Kenapa harus memastikan tubuh fit ketika akan melakukan ijab qobul ?

Hal itu karena jika tubuh Anda tidak fit maka konsentrasi dan fokus Anda akan berkurang.

Bahkan, parahnya Anda tidak akan fokus jika Anda kekurangan tidur dan lain sebagainya. Jadi penting untuk menjaga tubuh Anda agar selalu fit.

Cara agar tubuh Anda tetap fit menjelang akad nikah adalah dengan tidak tidur terlarut malam dan penuhi nutrisi harian kami secara benar dengan cara memakan makanan yang sehat dan baik serta tidak lupa untuk selalu berolahraga dengan teratur.

2. Sebaiknya Latihan Terlebih Dahulu

Ini adalah tips mudah, untuk melakukannya Anda bisa melakukannya sendiri dirumah atau bisa latihan dengan wali calon pasangan Anda untuk meningkatkan kualitas keakraban Anda dengan calon mertua.

Ketika Anda rajin latihan, minimal lidah Anda sudah terbiasa dengan kalimat atau kata – kata ijab qobul tersebut, sehingga resiko kesalahan akan lebih kecil.

3. Sarapan di Pagi Harinya

Sebelum akad nikah dimulai, jangan lupa Anda harus terlebih dahulu sarapan pagi. Karena ketika kondisi perut kita lapar tentu hal itu akan mengganggu konsentrasi Anda ketika akan mengucapkan ijab qobul.

4. Rileks

Beberapa hari ke pesta pernikahan, Anda bisa melakukan beragam kegiatan yang bisa mengurangi rasa gugup dan rasa cemas Anda.

Misalnya saja yaitu dengan berolahraga, ngobrol dengan teman atau ngobrol dengan keluarga Anda.

Nah, setelah waktu tiba. Anda bisa melakukan terapi hidung dengan cara menghirup udara segar dari hidung lalu hembuskan secara perlahan. Hal ini akan membantu Anda lebih rileks.

5. Berdoa

Usaha-usaha diatas sudah dilakukan sekarang Anda perlu berdoa dan beroptimis bahwa semuanya akan berjalan lancar tanpa hambatan.

Berdoa bisa menghilangkan Anda dari prasangka buruk. Berdoa tidak hanya untuk Anda saja, calon istri juga harusnya berdoa juga.

Semoga beberapa tips yang sudah disebutkan di atas bisa membantu Anda yang sedang ketar-ketir menyambut hari pernikahan ya.

Semoga pernikahan Anda menjadi pernikahan penuh berkah dan selalu diberi kemudahan dalam setiap prosesesnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.