Arti Jazakallah Khairan Katsiiraa
undanganmagelang.com

Jazakallah Khairan Katsiiraa

Posted on

Mungkin Anda sering mendengar seseorang mengucapkan jazakallah khairan katziiraa? Namun Anda belum mengetahui artinya secara jelas dan bagaimana cara menjawabnya.

Bahkan ucapan ini memiliki keutamaan, baik bagi yang mengucapkan maupun orang yang diberikan ucapan.

Nah, langsung saja simak pembahasan berikut ini mengenai arti ucapan jazakallah khairan dan bagaimana cara menjawabnya serta beberapa keutamaannya.

Arti Ucapan Jazakallah Khairan Katsiiraa

Ucapan jazakallahu khairan merupakan salah satu ucapan yang tidak asing lagi di masyarakat Indonesia.

Meskipun sering digunakan oleh umat muslim, terutama dikalangan para santri. Namun masyarakat umum juga banyak yang menggunakan kalimat ini.

Walaupun tidak asing, akan tetapi tidak sedikit masyarakat yang belum mengetahui secara jelas mengenai arti dari ucapan tersebut.

Jazakallah atau jazakallah khairan katsiiraa yaitu sebuah ungkapan syukur kepada Allah SWT.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

Barang siapa ketika diberikan suatu perbuatan baik kepadanya, kemudian dia membalasnya dengan ucapan jazakallah khairan maka hal itu sudah mencukupi dalam berbuat syukur kepada Allah SWT” (HR.Tirmidzi)

Jawaban Jazakallah Khairan

Ketika Anda berbuat sesuatu kebaikan kepada orang lain dan orang tersebut menjawabnya dengan ucapan jazakallah atau jazakallah khairan katsiira atau mungkin kata yang sejenisnya, maka kita harus menjawab atau membalas apa?

Pada umumnya, ungkapan jazakallah merupakan sebuah doa yang kemudian dibalas dengan ucapan aamiin atau syukron.

Kata syukron memiliki arti terimakasih, bahkan ada sebagian orang ada yang menjawabnya dengan ucapan “sama-sama”.

Tulisan Arab Jazzakallah Khoiron

tulisan arab jazakallah khairan katsiiraa
theladders.com

Di dalam Islam biasanya ucapan jazakallah dibalas dengan ucapan aamiin, wa iyyaka atau amiin waiyyaku atau waiyyakum. Artinya adalah semoga Allah mengabulkan, begitu juga kalian/ kepadamu.

جَزَا ك الله خَيْرًا كَثِيْرًا

Dengan Anda membalas ucapan tersebut, maka kita juga kembali mendoakan seseorang yang telah mendoakan kita.

Namun jawaban tersebut merupakan jawaban yang umum digunakan, karena masih ada jawaban yang lebih baik lagi yang telah dituliskan di dalam hadits

Hadis sahih riwayat Ibnu Hibban dan Imam An Nasa’i, pada suatu waktu ada seseorang bernama Usaid bin Hudhair yang mewakili kaum Anshar yang mengucapkan terima kasih kepada Rasulullah SAW dengan mengucapkan jazakallah khairan.

Baca Juga: Arti Yarhamukallah

Kemudian Rasulullah pun membalasnya dengan kalimat fa jazakumullahu khoiron yang artinya adalah semoga Allah SWT akan membalas semua kebaikan mu untuk disebutkan pada seseorang yang jumlahnya lebih dari satu.

Fa jazaakallahu khoiron, artinya semoga Allah SWT akan membalas semua kebaikan mu untuk diucapkan kepada laki-laki tunggal dan fa jazakillahu khairan artinya semoga Allah SWT akan membalas semua kebaikanmu untuk seorang wanita tunggal.

Lalu, bagaimana jika seseorang tersebut hanya mengucapkan dengan kata syukron (terima kasih) saja? Anda bisa menjawabnya dengan kata “afwan” yang artinya yaitu maaf atau sama-sama.

Keutamaan Ucapan Jazakallah dan Syukron

Di dalam agama Islam sangat dianjurkan untuk membangun hubungan yang baik dengan Allah SWT dan juga diajarkan untuk menjalin hubungan baik terhadap sesama manusia.

Salah satu cara membangun hubungan baik dengan seseorang yaitu dengan membangun hubungan baik antara sesama dan saling mendoakan atau mengucapkan terima kasih apabila Anda merasa di tolong atau ada orang yang berbuat baik kepada Anda.

Bahkan lebih dari itu, bahwa mengucapkan terima kasih kepada seseorang yang sudah berbuat baik kepada kita merupakan tanda rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat yang diberikannya.

Baca Juga: Wallahu Alam Bishawab

Berikut ini beberapa keutamaan ucapan jazakallah khairan:

1. Ucapan terimakasih terbaik

Jika di bandingkan dengan ucapan terima kasih, syukron atau ucapan yang lainnya. Maka ucapan jazakallah khairan merupakan ucapan terbaik sesuai sabda Rasulullah SAW”:

“Barang siapa yang telah diberikan kebaikan kepadanya, kemudian orang tersebut  mengucapkan kata jazakallah khairan dengan orang yang membantunya, maka hal itu benar-benar suatu pujian yang tertinggi.

2. Sunnah Rasulullah

Mengucapkan terima kasih dengan ungkapan jazakallah khairan merupakan cara terbaik sesuai dengan sunah Rasul.

Beliau mengajarkan ucapan ini kepada para sahabatnya dan juga menganjurkan untuk mengamalkannya.

3. Ucapan doa

Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya, ketika kita mendapatkan suatu hadiah atau kebaikan dari orang lain hendaknya membalasnya dengan suatu kebaikan juga.

Setidaknya kita mengucapkan rasa terima kasih dan mendoakan orang yang memberikan kebaikan.

Sedikit ulasan mengenai ucapan jazakallah khairan katsiiraa di atas, semoga dapat menambah wawasan dan dapat diamalkan dalam kehidupan Anda ketika mendapatkan suatu kebaikan dari orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.