Jumat Mubarok
undanganmagelang.com

Jumat Mubarok, Apa Saja 6 Amalan yang Dianjurkan?

Posted on

Sadarkah Anda jika hari jumat adalah hari yang pendek. Biasanya sekolah memulangkan siswanya lebih awal agar bisa beribadah di rumah. Umat Islam sering menyebutnya sebagai jumat mubarok yang artinya adalah hari jumat yang berkah.

Hal tersebut bukan tanpa sebab, ada sebuah hadis yang mengatakan bahwasanya pada hari jumat lah Allah menciptakan Nabi Adam, memasukkan dan mengeluarkannya dari surga hingga menetapkan kiamat. Oleh karena itu ada beberapa amalan istimewa yang bisa dikerjakan.

Amalan Pada Hari Jumat Mubarok atau Jumat Berkah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa hari jumat ini memiliki keistimewaan sendiri. Barang siapa yang melakukan berbagai amalan baik wajib maupun sunnah maka akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dan pengampunan atas segala dosa.

Jika Anda penasaran amalan apa saja yang bisa dilakukan, maka simak beberapa poin di bawah ini ya!

1. Membersihkan Diri

Pertama Anda dianjurkan untuk membersihkan diri secara total pada hari Jumat. Contohnya adalah keramas, memotong kuku, memakai wangi-wangian dan berpakaian yang bersih.

Namun bukan berarti Anda tidak membersihkan diri di hari yang lain ya.  Hanya saja, ada keistimewaan dan pahala khusus bagi siapa saja yang melakukannya di hari Jumat.

Dalam sebuah hadis Bukhari dan Muslim dijelaskan, barangsiapa yang mandi pada hari Jumat, bersuci semampunya, memakai wangian, minyak rambut, diam dan mendengarkan khutbah, maka dosanya akan diampuni mulai dari Jumat ini hingga berikutnya.

2. Membaca Surat Al Kahfi

Amalan istimewa selanjutnya pada hari Jumat mubarok adalah membaca surat al kahfi. Salah satu hadis menjelaskan siapa saja yang membacanya, maka akan mendapatkan cahaya dari tempat dimana ia berdiri hingga Makkah Al Mukarramah.

Selain itu, barangsiapa yang membaca 10 ayat terakhirnya, kemudian di saat yang bersamaan Dajjal keluar, maka ia tidak akan bisa dikuasai. Masya Allah sungguh hebat sekali bukan Jumat mubarok al kahfi ini.

Lalu kapan sih waktu yang tepat untuk membaca surat Al Kahfi ini? Jika mengikuti tradisi Pondok Pesantren, maka santri biasanya melakukannya selepas sholat subuh, dipimpin oleh Kyai atau ustadz, ustadzah.

Namun jika Anda ingin melakukannya sendiri juga tidak masalah, karena segala amal dinilai baik ataupun buruk itu tergantung niatnya. Sampai sini bisa dipahami kan?

3. Memperbanyak Berdoa

Jumat mubarok adalah waktu yang sangat mustajabah untuk berdoa dan memohon kepada Allah agar semua keinginan dikabulkan.

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, waktu itu Rasulullah membicarakan tentang hari Jumat, beliau mengatakan jika seorang muslim berdoa maka akan diberikan apa yang ia minta.

Oleh karena itu, Anda harus memanfaatkannya dengan sebaik mungkin, memohon kebaikan dan yakin bahwa pada waktu tersebut Allah akan mengabulkan doa dan memberikan segala keberkahan dalam hidup.

4. Memperbanyak Sholawat Nabi

Sebenarnya melantunkan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Namun sekali lagi apabila dilaksanakan pada hari jumat maka akan lebih dekat dengan Rasulullah ketika hari kiamat nanti.

Hal tersebut bukan tanpa dasar, Anda bisa membuka Kitab Sunan Al Kubra dan Shahih At Targhib wa At Tarhib, karena ada hadis yang diriwayatkan oleh Imam Baihaqi tersebut disana. Bagaimana apakah Anda masih ragu untuk bersholawat pada jumat mubarok?

5. Membaca Surat-Surat Pendek

Selain keempat amalan di atas, ada satu lagi perbuatan yang dinilai istimewa dan bisa dilakukan pada hari Jumat, yaitu membaca surat-surat pendek. Contohnya adalah Al Ikhlas, Al Falaq dan An Nas masing-masing 7 kali.

Anda bisa membacanya setelah melaksanakan sholat Jumat. Apabila Anda mencari hadisnya ada banyak sekali yang meriwayatkan perihal membaca 3 surat pendek ini pada hari Jumat.

Manfaatnya Allah akan menjaga diri, keluarga dan harta mulai dari Jumat ini hingga berikutnya. Begitu banyak Allah berbaik hati, apakah sebagai insan yang penuh dosa masih ingin menyia-nyiakannya?

6. Bersedekah

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa Jumat mubarok artinya adalah hari Jumat yang diberkahi. Oleh karena itu, Anda harus memperbanyak bersyukur dengan memberikan sedekah pada orang lain.

Tidak perlu dalam jumlah yang banyak, yang penting ikhlas dari lubuk hati yang paling dalam. Siapa saja yang bersedekah pada hari Jumat, maka pahalanya akan dilipat gandakan dan diberikan tambahan rezeki..

Bersedekah juga tidak harus ke panti asuhan, masjid dengan mengadakan acara besar dan lain sebagainya. Melainkan juga bisa sedekah ke keluarga yang kurang mampu, orang tua dan pengemis yang ditemui di jalanan.

Apalagi sekarang sudah ada lembaga amal dan zakat yang pastinya mempermudah siapapun yang ingin bersedekah jika bingung ingin disalurkan kemana.

Jumat mubarok adalah waktu yang hanya ditemui selama satu minggu sekali, belum tentu di minggu depan menemuinya lagi. Oleh karena itu, maksimal ibadah dan melakukan beberapa amalan di atas agar mendapatkan pengampunan, penjagaan, pahala dari Allah SWT.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.