lafadz takbiran lengkap
undanganmagelang.com

Lafadz Takbiran

Posted on

Umat Islam selalu merindukan momen takbiran, baik Idul Fitri ataupun Idul Adha. Sayangnya, yang menjadi kendala adalah tidak hafal lafadz takbiran secara lengkap dan manfaat apa yang didapatkan ketika membacanya, sehingga beberapa orang lebih memilih untuk mendengarkannya saja.

Lafadz Takbiran (Idul Fitri dan Idul Adha)

Sebelum membahas lebih jauh, perlu diketahui bahwasanya pembacaan takbir dibagi menjadi dua macam. Pertama adalah takbir mursal yang terikat waktu (dibaca sepanjang malam). Contohnya adalah takbir Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha mulai terbenamnya matahari hingga sholat dimulai.

lafadz pendek takbiran
undanganmagelang.com

Kedua adalah takbir muqayyad yang memiliki keterbatasan waktu. Contohnya adalah membaca takbir saat selesai sholat lima waktu selama hari tasyrik idul adha yaitu 11, 12 dan 13 Dzulhijjah. Lalu, bagaimana sih lafadz takbiran Idul Fitri secara lengkap? Ini dia:

اَللَّهُ اَكْبَرْ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللَّهِ بُكْرَةً وَاَصِيْلاً ـ  لآ اِلَهَ اِلاَّ اللَّهُ وَلاَنَعْبُدُ اَلاَّ اِيَّاهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْكَرِهَ الْكَافِرُوْنَ لآاِلَهَ اِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ  صَدَقَ وَعْـدَهُ  وَنَصَرَعَبِدَهُ  وَاَعَزَّ جُنْدَهُ وَهَزَمَ  الْأَحْزَابَ  وَحْدَهُ   لآ اِلَهَ اِلاَّ اللَّهُ .   اَللَّهُ اَكْبَرْ   اَللَّهُ اَكْبَرْ  وَلِلَهِ الْحَمْدُ

Lafadz takbiran di atas juga bisa dibaca saat Idul Adha, maknanya sama yaitu mengagungkan Allah dan memperbanyak bersyukur. Sebab, diberikan kesempatan bisa menikmati momentum indahnya malam Hari Raya Idul Fitri ataupun Idul Adha.

Manfaat Membaca Lafadz Takbiran

Nah, setelah mengetahui lafadz takbir hari raya secara lengkap, selanjutnya Anda juga harus tahu apa saja sih manfaat membacanya? Mengingat di semua daerah bersamaan melantunkannya dari malam hingga pagi hari menjelang sholat.

1. Memperoleh Pahala yang Berlipat Ganda

Tahukah Anda bahwa ucapan takbir sangat baik walaupun dalam keadaan yang tidak disengaja? Manfaatnya bisa menolong manusia dari godaan setan yang terkutuk, mendapatkan pertolongan, dan memperoleh keselamatan.

Tak ketinggalan juga pahala yang berlipat ganda yang Allah janjikan bagi siapa saja hamba-Nya yang mau berdzikir dan mengagungkan Allah. Hal ini sesuai dengan firman Allah Surat Al Isra’ ayat 111.

Dalam surat tersebut Allah berfirman bahwa tidak mempunyai anak dan tidak juga diperanak. Tidak ada sekutu yang menandingi kerajaannya, tidak bersifat hina layaknya manusia yang selalu membutuhkan pertolongan.

Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban bagi setiap umat Islam untuk mengagungkan Allah dengan pengagungan yang sebesar-besarnya.

2. Mendapatkan Pertolongan Allah SWT

Manfaat lafadz takbir yang kedua adalah mendapatkan pertolongan dari Allah SWT. Seseorang akan terhindar dari godaan setan yang terkutuk, yang menjerumuskan manusia pada dosa dan menimbulkan akibat yang membahayakan dirinya sendiri.

Apabila Anda mengagungkan nama Allah terlebih saat menjelang hari raya baik Idul Fitri ataupun Idul Adha, maka Allah akan senantiasa menjaga diri Anda. Apakah sampai sini bisa dipahami?

3. Merasakan Dahsyatnya Kalimat “Allahu Akbar”

Tahukah Anda jika takbir yang paling mudah diucapkan adalah Allahu Akbar, tidak wajib lengkap seperti yang sudah dicantumkan di atas? Walaupun begitu, ternyata banyak sekali kemuliaan yang akan didapatkan, lho.

Apalagi jika Anda mengucapkannya ketika melihat sesuatu yang menakjubkan atau membuat hati bergetar, maka akan mendapatkan kekuatan yang luar biasa. Anda akan dijauhkan dari bisikan tipu daya jin, kafir yang akan mengiring ke perbuatan dosa.

Oleh karena itu, di malam hari raya sebaiknya senantiasa membaca takbir dari malam hingga subuh. Mengingat ketika sudah tidak berpuasa, maka godaan akan lebih besar dan bisa jadi ketika bertemu dengan orang lain tak sengaja berbuat jahat. Jadi, tetap mengucap takbir, ya.

4. Memperkuat Rasa Ukhuwah kepada Muslim yang Lain

Membaca takbir baik di mushola atau masjid bersamaan dengan orang banyak, maka bisa memperkuat rasa persaudaraan. Biasanya disambi dengan mengobrol atau kesempatan mengenal satu dengan lainnya.

Tentunya ini adalah hal yang baik, kapan lagi kesempatan berkumpul, bersama-sama mengagungkan Allah kalau bukan di malam takbiran.

Bahkan di kehidupan masyarakat desa, biasanya masyarakat rela tidak tidur untuk menggantikan temannya yang lain melafalkan takbir. Begitu suka citanya suasana malam takbir, tidakkah Anda ingin menikmati momen yang demikian?

5. Memperkuat Keimanan dan Ketaqwaan

Manfaat yang kelima, membaca lafadz takbir mampu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan seorang hamba kepada Allah SWT.

Mengingat artinya adalah berisikan tentang mengagungkan Allah dan memuji-Nya, sehingga tambah yakin jika tidak ada kekuatan yang melebihi Allah SWT.

6. Terhindar dari Perbuatan yang Keji dan Mungkar

Apabila seseorang sudah terbiasa berdzikir, maka secara otomatis ia akan terhindar dari perbuatan yang keji dan munkar. Syaratnya memang harus dilakukan dengan setulus hati, ikhlas, mengharap ridho Allah, dan tidak memiliki sifat pamer kepada makhluk yang lainnya.

7. Mendapatkan Ketenangan Pikiran

Terakhir adalah mendapatkan ketenangan pikiran karena hati hanya berfokus pada Allah dan melepaskan semua beban yang ada. Tergantikan dengan suka cita menyambut hari raya lebaran. Saat malam itu juga, sedekah ramai dibagikan, sehingga orang yang tidak mampu turut berbahagia.

Bagaimana, pasti Anda sudah memahami kan dahsyatnya lafadz takbir? Oleh karena itu, jangan ragu-ragu untuk mengumandangkannya. Tidak hanya saat Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha saja, tapi amalkan setiap hari, Insya Allah akan dilindungi di manapun berada.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.