81

Milenial dan Gen Z ingin berinvestasi emas batangan, jadi Anda tidak perlu khawatir akan pemalsuan

Posted on

Dalam beberapa tahun terakhir, kasus imitasi paduan emas murni menjadi semakin mengkhawatirkan. Emas murni batangan palsu biasanya tidak mengandung emas dalam jumlah yang ditentukan, mungkin karena telah tercampur dengan logam lain atau bahkan tidak mengandung emas sama sekali.

Ada juga kasus produk paduan emas palsu yang terbuat dari emas dengan kemurnian tinggi, tetapi dengan merek dagang atau nomor seri palsu dari produsen yang memiliki reputasi baik.

Hingga saat ini, produsen emas batangan murni yang dijual di Indonesia mengemas produknya dalam kemasan yang tertutup rapat demi alasan keamanan, untuk menghindari risiko pemalsuan.

Fitur keamanan pembuktian keaslian produk selalu dilampirkan pada sertifikat, dengan membubuhkan hologram, kode QR pengaman, tinta dan kertas pengaman. Untuk alasan ini, sertifikat dan produk emas batangan selalu dibungkus rapat dalam satu kesatuan. Namun, ini berarti produk emas itu sendiri tidak bisa dipegang secara langsung.

Untuk itu, PT Emas ANTAM Indonesia (EAI) dan Hartadinata memberikan solusi fitur keamanan yang berhubungan langsung dengan produk emas murni, agar tidak lagi Perlu pengemasan produk secara hermetis Bambang Wijanarko, Direktur Utama PT Emas Antam Indonesia Tbk, menjelaskan dalam siaran pers dan diterima Suara.com, Rabu (13/7/2022).

Inovasi tersebut, kata dia, adalah penambahan teknologi proteksi dari Swiss bernama BullionProtect terkait dengan produk emas batangan murni, menjadikan EmasKita sebagai produk emas murni batangan langsung pertama di Indonesia.

BullionProtect Technology adalah teknologi terbaru untuk melindungi keaslian logam mulia yang dikembangkan oleh SICPA bekerja sama dengan METALOR Technologies.

Teknologi ini telah membuktikan kemampuannya untuk memerangi dan mencegah pemalsuan produk yang diperdagangkan secara komersial, termasuk produk emas batangan, dengan menempelkan tinta pengaman pada permukaan produk emas batangan murni.

Dengan menggunakan teknologi ini, EAI dan Hartadinata telah bermitra dengan SICPA, penyedia solusi keamanan global untuk mata uang tepercaya dan solusi identifikasi, pelacakan, dan otentikasi yang aman.

Eric Italiano, Direktur Teknik PT Sykpa Beruri Sikurink menjelaskan.

Hartadinata dan EAI meluncurkan koleksi emas batangan murni ini dengan kemasan aman 10g, 25g, 50g dan 100g emas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.