Pengertian Agama Islam
masjidds.org

Pengertian Agama Islam

Posted on

Istilah Islam sering disamakan dengan muslim. Keduanya memang berhubungan, tetapi bukanlah dua hal yang sama. Secara mendasar, Islam adalah agama dan muslim adalah sebutan untuk pemeluk agama Islam.

Dari ulasan singkat di atas, tentu seseorang tidak bisa secara langsung menilai ajaran Islam dari perilaku muslim, meskipun muslim dianjurkan untuk melaksanakan ajaran Islam secara menyeluruh.

Hal inilah yang menjadi alasan pentingnya memahami pengertian agama Islam.

Salah satu contoh yang cukup sering menjadi sorotan adalah wanita yang mengenakan jilbab masih melakukan tindakan tercela, seperti mencuri atau lainnya.

Banyak orang yang langsung mendiskreditkan agama Islam karena perilaku wanita tersebut.

Memang, mengenakan jilbab adalah salah satu ajaran Islam. Namun, Islam melarang umat-Nya untuk melakukan pencurian.

Oleh karenanya, perilaku wanita sebagai contoh tersebut tidak bisa dijadikan generalisasi untuk mendefinisikan agama Islam.

Pengertian Agama Islam Secara Umum

Secara umum, Islam adalah ajaran agama yang diturunkan oleh Allah kepada nabi dan disempurnakan oleh Nabi Muhammad. Oleh karenanya, agama dari para nabi sebenarnya adalah Islam.

Hal tersebut tercantum dalam petikan surat Ali Imran ayat 19,

إِنَّ ٱلدِّينَ عِندَ ٱللَّهِ ٱلْإِسْلَٰمُ

yang artinya:

Sesungguhnya, agama yang diridoi di sisi Allah hanyalah Islam (saja).

Ayat ini menjadi salah satu bukti penting terkait kedudukan Islam di sisi Allah. Selain itu, ayat ini juga menjadi penegas kesalahan pemikiran jika semua agama adalah sama.

Pengertian Agama Islam Secara Harfiah

Secara harfiah, Islam memiliki makna selamat, damai, bersih, dan tunduk. Hal ini didasari pada kata pembentuk Islam dalam bahasa Arab, yaitu sin, lam dan mim di mana ketiganya membentuk kata dasar yang artinya selamat.

Dari kata pembentuk tersebut, bisa disimpulkan bahwa Islam merupakan agama yang memiliki misi atau tujuan untuk membawa keselamatan baik di dunia ataupun di akhirat bagi pemeluknya.

Lebih dari itu, Islam juga memberikan perintah bagi para pemeluknya untuk menebarkan keselamatan serta kedamaian antar manusia. Salah satu bukti mendasar perintah berbagi keselamatan dalam ajaran Islam adalah dari salam yang diucapkan.

Umat Islam senantiasa mengawal perjumpaan dengan mengucap kalimat salam, yaitu Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh yang artinya semoga keselamatan dan rahmat Allah serta keberkatan-Nya terlimpah untukmu.

Pengertian Agama Islam di dalam Al Quran

Pengertian agama Islam

Ketika ditinjau dari segi bahasa, ada beberapa pengertian penting dari agama Islam. Salah satu pengertian tersebut adalah bahwa Islam berasal dari kata ‘salm’. Kata as-salmu memiliki arti kedamaian atau damai.

Dari dasar kata tersebut, tergambar bahwa agama Islam adalah agama yang mengajarkan umatnya untuk cinta pada perdamaian. Tidak hanya itu, kedamaian adalah ciri dari setiap pemeluk agama Islam.

Selain itu, Islam juga berasal dari kata aslama. Dalam bahasa Indonesia, kata tersebut memiliki arti pasrah atau berserah. Tentu saja, apa yang dimaksud dengan berserah tersebut adalah berserah kepada aturan Allah.

Kata tersebut juga memiliki makna terkait ajaran Islam. Ajaran yang dimaksud adalah bahwa setiap pemeluk Islam adalah seorang yang secara ikhlas menyerahkan jiwa serta raganya hanya kepada Allah semata.

Penyerahan jiwa dan raga juga berarti bahwa ia siap menjalankan perintah dan larangan sebagai konsekuensi dari keimanan yang dimiliki. Oleh karenanya, seorang muslim yang baik akan senantiasa berusaha untuk menjalankan setiap perintah dalam Islam.

Dalam pembahasan Islam ditinjau dari bahasa, kata Islam juga berasal dari kata Istaslama–mustaslimun. Makna dari kata tersebut adalah penyerahan diri kepada Allah secara total.

Bisa dikatakan jika makna ketiga ini adalah penguat dari poin sebelumnya. Dari penjelasan tersebut bisa disimpulkan bahwa salah satu konsekuensi dari seorang muslim adalah menyerahkan secara total jiwa dan raga mereka serta apa yang mereka miliki kepada Allah.

Berkaitan dengan hal tersebut, Allah berfirman dalam surat Al Baqarah ayat 208 yang artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam secara keseluruhannya, dan janganlah kamu turut langkah-langkah setan. Sesungguhnya setan itu musuh yang nyata bagimu.”

Ajaran Pokok Agama Islam

Islam merupakan agama yang mengatur semua urusan pengikutnya, mulai dari urusan pribadi, keluarga, masyarakat hingga bernegara. Hal tersebut bisa terlihat dari adanya aturan Islam untuk urusan buang air kecil hingga bagaimana mengelola sebuah negara.

Namun, jika ditarik ke bagian inti, tauhid adalah ajaran pokok dari agama Islam yang harus dipahami oleh semua muslim. Tauhid merupakan bentuk penempatan Allah sebagai sumber segala hal dan Tuhan yang wajib disembah.

Oleh karenanya, seorang muslim harus memiliki keyakinan bahwa apa yang menjadi sebab terjadinya sesuatu adalah izin Allah dan Allah adalah Yang Maha Berkehendak. Jika ditelusuri, hal inilah yang juga menjadi ajaran dari para nabi-nabi.

Demikian beberapa ulasan terkait agama Islam dan ajaran pokoknya. Hanya dengan terus mempelajari agama Islam seorang muslim akan semakin dekat dengan Allah dan mendapatkan banyak berkah dalam kehidupan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.