investasii

Pengertian dan Jenis Investasi

Posted on

Investasi merupakan salah satu faktor strategis kegiatan ekonomi. Investasi disebut juga dengan investasi.

Investasi adalah kegiatan menginvestasikan uang atau modal (aset nilai) untuk tujuan menghasilkan keuntungan. Orang yang akan melakukan investasi disebut investor.

Mengutip buku “Fundamentals of Investment Management” karya Neela Ferdowsi Nozola dan Firina Nurelli, dengan kata lain investor adalah pihak yang berinvestasi dengan cara membeli aset keuangan dan mengharapkan harga naik ketika asetnya dijual.

Investor diklasifikasikan menjadi dua divisi, yaitu investor individu dan investor institusional yang umumnya terdiri dari entitas, korporasi, dan institusi.

Pengertian Investasi

Berikut ini adalah pengertian investasi menurut berbagai ahli dan lembaga:

1. Riley dan Brown

Investasi adalah kesediaan seseorang untuk mengalokasikan sejumlah uang pada masa sekarang untuk memperoleh pendapatan di masa yang akan datang.

2. Bodhi, Ken dan Marcus

Investasi adalah kesediaan seseorang untuk mengalokasikan uang atau sumber daya yang berharga sekarang dan menahannya untuk jangka waktu tertentu untuk memperoleh keuntungan di masa depan.

3. Dornbusch

Investasi adalah pengeluaran yang dilakukan untuk menambah atau memelihara komponen barang modal.

4. Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Investasi adalah investasi yang umumnya diadakan untuk jangka panjang untuk membeli saham dan surat berharga lainnya untuk mendapatkan keuntungan.

Jenis Investasi

Ada berbagai bentuk atau jenis investasi. Beberapa jenis investasi adalah:

Investasi Properti

Investasi real estat adalah investasi dalam bentuk fisik. Secara umum, investasi real estat bisa sangat menguntungkan, karena harganya akan terus meningkat setiap tahun. Contoh investasi real estate adalah pembelian tanah dan pembelian rumah yang nantinya dapat dijual atau disewakan.

Investasi Emas

Emas adalah bentuk investasi paling sederhana dan klasik. Investasi emas bisa dalam bentuk logam mulia, perhiasan, emas batangan dan kupon emas (emas digital).

Investasi Reksa Dana

Investasi reksa dana didefinisikan sebagai wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dengan investor untuk diinvestasikan dalam portofolio manajer investasi.

Investasi Deposito

Investasi deposito digunakan jika dana yang ada akan disimpan untuk jangka waktu yang lama. Jangka waktu untuk deposito berkisar diantara 3 sampai 12 bulan. Jenis simpanan yang cenderung dipilih kaum milenial adalah deposito berjangka, sertifikat deposito, dan giro.

Investasi Saham

Saham merupakan tanda kepemilikan dalam perusahaan. Semakin tinggi risiko suatu saham maka semakin tinggi pula keuntungan yang akan diperoleh, sehingga diperlukan kemampuan menganalisis ketepatan posisi modal untuk investasi.

Investasi Cryptocurrency

Cryptocurrency atau mata uang kripto kini semakin dikenal masyarakat karena penggunaannya sebagai salah satu jenis investasi. Cryptocurrency tidak memiliki nilai wajar yang jelas. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan membeli koin. Koin terbaik adalah yang banyak digunakan orang saat ini dan memiliki potensi besar di masa depan, sebagaimana dikutip dari buku ‘Moment Crypto Trading Techniques’ oleh Elif K.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.