Pengertian Habluminallah dan Habluminannas
undanganmagelang.com

Pengertian Habluminallah dan Habluminannas

Posted on

Di dunia ini hubungan manusia ada dua yaitu dengan Allah dan dengan sesama. Hal ini sangat penting untuk diketahui karena menyangkut landasan hidup dan ketentuan bagaimana harus bersikap. Berikut terdapat informasi detail pengertian habluminallah dan habluminannas lengkap:

Pengertian Habluminallah dan Habluminannas

Secara bahasa, pengertian hablum minallah adalah hubungan seorang hamba dengan Sang Penciptanya. Sedangkan pengertian habluminannas adalah hubungan seseorang dengan yang lainnya. Namun apabila dilihat secara syar’i, maka maknanya adalah sebagai berikut:

  1. Hablunminallah adalah perjanjian seorang hamba dengan Allah SWT, yaitu ketika dia masuk Islam maka harus beriman dan sebagai jaminan keselamatan dunia serta akhiratnya, sehingga harus tunduk dengan segala yang diperintahkan oleh Allah SWT.
  2. Habluminannas adalah perjanjian antara satu kaum mukminin dengan yang lainnya untuk hidup sebagai warga negara dan tidak membeda-bedakan agama lainnya. Contohnya berkaitan dengan segala jenis interaksi yang dilakukan.

Dari penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwasanya seseorang bisa dikatakan akhlaqul karimah, apabila ia menepati perjanjian dengan Allah yang diatur dalam syari’at dan menjalin kerangka hubungan dengan sesama manusia.

Pastinya melalui kewajiban yang harus dilaksanakannya dan memenuhi hak-hak baik kaum muslim atau tidak. Inilah yang sebenarnya menjadikan seseorang memiliki pribadi yang baik karena dia menjaga hubungan dari dua sisi.

Contoh Habluminallah

Nah, setelah mengetahui pengertian habluminallah dan habluminannas, maka sebagian dari Anda mungkin masih bingung apa saja contoh konkretnya. Ini dia contoh habluminallah, simak sampai akhir, ya!

1. Menunaikan Perintah Syariat

Pertama adalah menunaikan perintah syari’at. Dalam Agama Islam ada 5 rukun yang wajib dilaksanakan yaitu syahadat, sholat, zakat, puasa, dan haji bagi yang mampu.

Selain itu, juga ada rukun iman yaitu percaya pada Allah, malaikat, kitab Allah, nabi, dan rasul, hari akhir, takdir baik dan takdir buruk. Tak ketinggalan juga harus melaksanakan perbuatan baik dan mencegah perbuatan jahat.

Hubungan dengan Allah harus memenuhi semuanya agar lebih dekat dan dimudahkan segala urusannya. Ikhlas dengan semua takdir yang telah ditetapkan Allah SWT

2. Meninggalkan Hawa Nafsunya

Contoh habluminallah yang kedua adalah meninggalkan hawa nafsunya. Mengingat bahwa di dunia ini akan ada setan atau bisikan yang menggoda manusia untuk melakukan perbuatan yang keji.

Oleh karena itu, salah satu cara menjaga hubungan dengan Allah agar bisa menjadi hamba yang dicintai-Nya adalah dengan meninggalkan hawa nafsu keduniawian dan lebih berfokus pada akhirat?

Lantas, apakah seseorang tidak boleh bekerja? Ingat, jika sesuatu diniati karena Allah maka ia akan dinilai ibadah. Sebaliknya jika urusan tidak melibatkan Allah, maka tidak ada pahala apapun baginya.

3. Ikhlas dengan Segala Takdir

Contoh yang ketiga adalah ikhlas dengan segala takdir maksudnya adalah menerima segala ketetapan termasuk jodoh, mati, dan rezeki. Intinya harus bersabar walaupun terasa menyakitkan, namun itulah yang terbaik menurut Allah.

Rasa ikhlas akan menarik simpati Allah dan akan memberikan rezeki di balik segala kesusahan. Tidakkah Anda ingin terus menerus menjaga hubungan baik ini.

Contoh Habluminannas

Nah, karena pembahasan ini berkaitan dengan makna habluminallah dan habluminannas dan contohnya, maka selanjutnya adalah contoh dari yang kedua yaitu hubungan dengan sesama manusia, di antaranya adalah:

1. Saling Membantu dengan Tetangga

Pengertian habluminallah dan habluminannas di atas sudah Anda ketahui. Contoh dari habluminannas yang pertama adalah saling membantu dengan tetangga baik muslim atau bukan, bagaimanapun pertama kali yang dimintai tolong ketika kesusahan adalah tetangga.

Wajib hukumnya untuk bergaul dengan akhlak yang baik. Lebih luas lagi, tidak hanya tetangga tetapi juga semua orang yang pernah ditemui. Jangan sampai memiliki hati yang jelek dan berniat jahat kepada orang lain, karena habluminannas juga akan diperhitungkan kelak di akhirat nanti.

2. Mengasihani Orang Miskin

Kedua adalah mengasihani orang miskin, seperti memberikan sedekah berupa uang, pakaian layak pakai, dan lain sebagainya. Orang yang diberi akan merasa senang dan melantunkan doa kebaikan untuk Anda.

Doa inilah yang bisa jadi menjadi pembuka pintu rezeki lebih luas lagi. Jadi, tidak ada salahnya kan menjaga hubungan baik bahkan kepada orang yang hartanya jauh di bawah Anda.

3. Memberi Makan Anak Yatim

Terakhir adalah memberi makan anak yatim. Rasulullah pernah bersabda, bahwasanya siapa saja yang mengasihani anak yatim, maka akan didekatkan dengan beliau kelak di surga, seperti jari telunjuk dan jari tengah.

Tidakkah ingin demikian? Menjaga hubungan dengan sesama manusia amatlah penting karena hakikatnya memang makhluk sosial dan saling membutuhkan. Mulai dari sekarang bergaullah dengan cara yang baik juga, ya!

Pengertian habluminallah dan habluminannas di atas sudah cukup jelas. Habluminallah adalah hubungan dengan Allah contohnya adalah menjalankan perintahnya, ikhlas akan segala takdir dan lainnya.

Sedangkan habluminannas adalah hubungan dengan manusia seperti saling membantu, mengasihi orang miskin dan memberi makan anak yatim.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.