Pernikahan islam

Jangan Takut Menikah, Kenali 14 Keutamaan Pernikahan dalam Islam Berikut Ini!

Pernikahan dalam Islam merupakan sebuah fitrah untuk setiap umat manusia. Allah SWT begitu menyukai ibadah dengan menikah di samping beberapa ibadah dan amal shalih yang telah dikerjakan umatnya. Hal ini memberikan bukti bahwa menikah mempunyai keutamaan yang besar.

Ada cukup banyak keutamaan yang akan di dapatkan pasangan setelah menikah. Jadi Anda tidak akan pernah merugi setelah menikah, jika pasangan Anda memang benar-benar orang yang shaleh dan tanggung jawab. Berikut ini adalah beberapa keutamaan menikah dalam Islam.

1. Menjadi Penyempurna dari Ibadah

Menikah memiliki manfaat yang sangat luar biasa. Bahkan Islam begitu memuliakan pasangan yang menikah dengan landasan atau dasar untuk beribadah kepada Allah SWT. Jika didasari dengan niat untuk beribadah maka pernikahan akan jadi separuh kesempurnaan dari ibadah seorang muslim.

2. Ibadah Pada Allah SWT Lebih Meningkat

Dalam ajaran agama Islam muslim hidup dengan tujuan beribadah dan bertakwa pada Allah SWT dengan cara menjalani semua yang diperintahkan dan menjauhi larangan-Nya. Hal ini juga berlaku pada pernikahan sebagai ibadah yang sangat dicintai Allah SWT dibandingkan ibadah dan amalan lainnya.

3. Sebagai Sunnah Rasul

Pada suatu ketika terdapat tiga orang yaitu sahabat Nabi yang menceritakan amalan shaleh dirinya masing-masing. Salah satu di antaranya mengatakan bahwa dirinya akan menjalankan ibadah puasa selamanya tanpa ada satu pun yang terputus.

Baca: Rukun Pernikahan

Kemudian disusul dengan sahabat lainnya yang menyatakan bahwa dirinya akan menjauhi wanita, bahkan juga tidak akan pernah menikah selama-lamanya. Mendengar percakapan tersebut Rosul keluar dan menanyakan apakah keduanya serius dalam hal ini.

pernikahan sunnah Rosul

WeddingRings.com

Selanjutnya beliau juga menjelaskan bahwa dirinya paling takut. Beliau juga menjelaskan bahwasanya dirinya juga melakukan puasa dan buka, salat, tidur dan juga menikahi wanita. Jadi jika ada yang tidak suka dengan sunnah beliau maka orang tersebut bukan golongannya.

Dari cerita di atas maka bisa disimpulkan bahwasanya keutamaan pernikahan dalam Islam adalah salah satu sunnah dari Rasul. Setiap umatnya juga wajib menjalankan apa yang dilakukan atau disunahkan oleh beliau termasuk menikah.

4. Menjaga Kesucian Diri

Rasul menjelaskan barang siapa yang sudah merasa mampu untuk menjalankan ibadah pernikahan maka segerakan menikah. Sebab ketika menikah orang akan cenderung menundukan pandangan dan membentengi kemaluan yang dimiliki.

Baca: Alasan Taaruf

Kemudian bagi Anda yang merasa bahwa dirinya belum mampu untuk melakukan ibadah menikah dianjurkan untuk melakukan puasa sebagai salah satu jalan membentengi diri dari perbuatan yang keji.

Dalam hal ini bisa diambil kesimpulan dimana pernikahan akan menjaga kesucian dari seseorang. Seperti yang sudah Anda ketahui setiap orang pasti memiliki hawa nafsu dan ketika menikah hal tersebut akan tersalurkan secara halal.

5. Menjauhkan Diri dari Perbuatan Zina

Hasrat seksualitas adalah sebuah kodrat dari manusia. Dengan dasar inilah mengapa Islam sangat menganjurkan Anda yang sudah mampu untuk segera menjalankan perintah dari Allah SWT yaitu menikah.

Pada dasarnya menikah akan menjauhkan Anda dari zina sebagai salah satu dosa besar dan paling dibenci oleh Allah SWT. Padahal Allah SWT sendiri telah menganjurkan umatnya untuk tidak mendekati perbuatan tersebut. Jadi jika Anda dirasa sudah siap, segera saja menikah.

6. Membuat Suatu Ikatan yang Suci

Keutamaan pernikahan dalam Islam adalah menjadikan ikatan suci. Bagaimana tidak, menikah mempertemukan dua orang yang kemudian diikat secara sah. Dalam hal ini, menikah sudah menghalalkan pria dan wanita bukan muhrim.

7. Menyambung Silaturahmi

Menikah tidak hanya akan mempersatukan dua orang manusia yang akan membina rumah tangga secara sah saja. Namun juga mempersatukan keluarga besar dari setiap pasangan. Hal semacam ini menunjukkan jika dengan menikah seseorang bisa memperluas tali silaturahmi hingga akhir hayat nanti.

8. Menjalin Sebuah Kerja Sama di Antara Suami dan Istri

Kehidupan setelah menikah itu sangat berbeda ketika masih hidup lajang atau sendiri. Sebab setelah menikah Anda dan pasangan akan dituntut untuk menjalin kerja sama yang baik dalam berbagai macam hal seperti mendidik anak, mencari berkah, ibadah dan lainnya.

Baca: Ucapan Pernikahan

Oleh karena itu, keutamaan menikah dalam Islam tidak lain adalah menjalin hubungan kerja sama yang baik antara suami dan istri. Jika saat lajang Anda sering egois, setelah menikah mungkin hal tersebut akan sedikit disingkirkan untuk kepentingan keluarga baru Anda.

9. Keturunan yang Shalih Shalihah

Manfaat serta keutamaan pernikahan dalam Islam yang selanjutnya adalah memperoleh keturunan dengan anak yang shalih dan shalihah. Hal ini juga dijelaskan oleh firman Allah dalam Surat An-Nahl ayat 72. Anak, istri, dan cucu adalah salah satu rezeki untuk Anda.

Karena telah diberikan rezeki maka Anda diwajibkan untuk menjaganya dengan baik. Didiklah anak untuk menjadi pribadi yang baik dan shalih shalihah, karena anak juga termasuk tanggung jawab Anda.

10. Membentengi Akhlak

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern seperti saat ini, generasi muda adalah salah satu momok yang cukup menakutkan jika tidak dibekali dengan iman serta ketakwaan yang kuat dan baik.

Bujuk rayu untuk berbuat tidak benar ada dimana-mana, apalagi usia yang sedang ingin mencari jati diri membuat mereka cenderung berbuat hal-hal yang dilarang termasuk zina dan dosa lainnya.

Seperti yang dijelaskan di atas, akhlak dapat dibentengi dengan baik agar tidak terjerumus pada hal-hal yang dilarang. Jika Anda memang sudah mampu dalam segala hal maka menikahlah untuk tujuan menjadi pribadi yang lebih baik dan membentengi akhlak.

11. Membuka Pintu Rezeki

Allah SWT telah memerintahkan setiap umatnya untuk menikah jika semuanya dirasa sudah siap. Bahkan seseorang yang saat ini masih dalam keadaan fakir dan telah menjalankan perintah Allah SWT dengan menikah, maka dirinya akan mendapatkan rezeki yang cukup bagi istri dan anaknya.

12. Menegakkan Rumah Tangga Lebih Islami

Pada saat dua pasang sejoli di satukan dalam sebuah pernikahan, maka menunjukkan bahwasanya apa yang dilakukan adalah salah satu perbuatan untuk menegakkan rumah tangga pada ajaran Islam yang jauh lebih baik.

13. Menghindarkan Diri dari Fitnah

Jika ada seorang laki-laki dan perempuan telah menyukai satu sama lain, agama Islam menganjurkan untuk segera menikah. Salah satu tujuannya adalah menghindarkan Anda dari segala macam fitnah. Jadi ke mana saja Anda jalan berdua tidak akan ada orang yang menggunjingkan.

14. Membangun Sebuah Keluarga yang Sakinah, Mawadah, Warohmah

Keutamaan pernikahan tidak lain yaitu untuk membangun sebuah kehidupan yang sakinah mawadah dan warohmah. Dari sini kehidupan seseorang setelah menikah akan terasa lebih tenang, tenteram dan penuh kasih sayang.

Di atas tadi adalah beberapa keutamaan pernikahan dalam Islam. Cukup banyak bukan? Tunggu apalagi, jika Anda memang sudah merasa diri siap dalam segala hal maka segeralah menikah, sebab hal tersebut juga sudah dianjurkan sendiri sebagai perintah dari Allah SWT.

Jangan pernah takut masalah kehidupan setelah pernikahan, beberapa keutamaan di atas telah menjelaskan bahwasanya menikah justru membukakan pintu rezeki dan beberapa hal baik lainnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.