persiapan dalam pernikahan

Nikah Anti Ribet, Lakukan 9 Persiapan Pernikahan Berikut Ini

Berbicara tentang persiapan pernikahan memang identik dengan segudang aktivitas yang ribet dan membutuhkan banyak waktu. Anda mungkin juga sering mendengar hal semacam ini dari cerita teman-teman yang sudah pernah menikah.

Jika memang begitu, maka bisa dibayangkan bagaimana lelahnya persiapan untuk momen sakral yang ditunggu-tunggu. Terlebih lagi jika Anda ingin suatu konsep pernikahan yang istimewa dan dapat dikenang kerabat serta tamu undangan, semuanya pasti akan terasa sangat ribet.

Prosesi pernikahan sebenarnya ada banyak tahap yang perlu dipersiapkan sejak awal dan tidak boleh dadakan. Sebab jika semua mendadak, nantinya justru akan membuat diri Anda sendiri merasa keteteran.

Tidak ada salahnya jika Anda mempersiapkan segalanya sejak awal. Cicil beberapa hal mulai dari sekarang, sehingga menjelang hari H hanya perlu mempersiapkan beberapa yang kecil-kecil saja. Langsung saja yuk intip tips di bawah ini agar persiapan lebih matang dan tidak memusingkan.

1. Kebaya Pernikahan dan Baju untuk Kerabat

Kebaya untuk melangsung acara pernikahan dan baju kerabat adalah salah satu hal wajib yang bisa Anda cicil sejak awal sedikit demi sedikit. Mengingat jumlah kerabat yang banyak. Apalagi untuk wanita biasa lebih ribet untuk membuat baju yang telah lama diimpikan.

Baca: Proses Pernikahan Adat Jawa

Kebanyakan wanita telah memiliki impian sendiri untuk menggunakan pakaian pengantin seperti apa besok. Ada yang menginginkan konsep sederhana namun sedikit klasik. Ada pula yang ingin pakai baju tradisional khas daerah masing-masing.

kebaya pernikahan

BajuPengantinMuslim.net

Mau seperti apa baju yang akan Anda gunakan nantinya, semua wajib dipersiapkan dari sekarang. Anda tinggal pilih saja, hendak menyewa atau justru membuat sendiri. Jika sewa maka dari sekarang Anda harus sudah mulai mencari jasa persewaan yang berkualitas.

Sedangkan bagi Anda yang ingin untuk membuat baju pernikahan sendiri, maka mulai dari sekarang persiapkan semuanya dengan baik termasuk bahan dan penjahitnya. Selain itu, jangan lupa cicil bahan baju untuk kerabat juga. Tidak perlu takut rusak, kain bisa disimpan lama kok.

2. Gedung Pernikahan

Meskipun tanggal pernikahan belum ditentukan, tidak ada salahnya jika mulai memikirkan mengenai tempat berlangsungnya pernikahan apakah akan di rumah atau di gedung. Semuanya harus dipersiapkan secara matang ya.

Kedua hal ini sebenarnya tidak begitu rumit, karena Anda hanya perlu memilihnya sendiri sesuai dengan konsep dan keinginan. Jika memang ingin di gedung, maka segera cari informasi tentang persewaan gedung dan sesuaikan semuanya dengan anggaran dana.

Namun jika mantap untuk mengadakan acara pernikahan di rumah sendiri, mulailah untuk mempersiapkan beberapa hal yang dibutuhkan sedari sekarang seperti tenda, dekorasi, dan lainnya. jadi di akhir Anda hanya menghubungi pihak persewaan tenda saja.

Baca: Cara Mengurus Buku Nikah

3. Souvenir

Souvenir memang terlihat sebagai hal yang sepele, namun selalu jadi barang kecil yang wajib ada di acara pesta pernikahan. Biasanya souvenir akan jadi persiapan pernikahan yang dadakan, ya karena memang sering dianggap sebagai hal sepele tadi.

Padahal sesuatu yang sering dianggap sepele ini sering kali membuat pusing beberapa pasangan pengantin ketika mendekati hari H acara pernikahan. Oleh sebab itu, agar tidak pusing lagi di kemudian hari tidak ada salahnya jika Anda persiapkan souvenir sejak awal.

Contoh yang simpel begini, pilih salah satu souvenir yang unik dan langka. Misalkan saja tanaman kaktus sebagai hiasan mungil, kantong berisi kopi, bibit tanaman dan lainnya. Apapun souvenirnya jika sudah dicicil sedari sekarang pasti nantinya tidak akan merepotkan.

4. Katering Makanan

Daripada menghabiskan akhir pekan untuk berdiam diri di rumah, jauh lebih baik jika Anda keluar bersama pasangan untuk datang ke beberapa vendor dan mencicipi makanannya. Sekali dayung dua pulau terlampaui, Anda pun sekaligus bisa mengira-ira sendiri biayanya.

catering pernikahan

blog.shaadishop.co

Katering adalah salah satu bagian utama yang wajib diperhatikan selain gedung dan busana pernikahan. Sebab hal ini nantinya akan menyangkut jamuan untuk para tamu undangan yang datang.

Dalam hal ini Anda tidak boleh asal ya, sudah menjadi keinginan para pengantin untuk membahagiakan tamunya yang datang. Dari beberapa vendor yang sudah dikunjungi, Anda bisa memilih jasa yang paling tepat dan biayanya sesuai dengan anggaran yang dimiliki.

5. Para Tamu yang Akan Diundang

Siapa saja yang nantinya akan diundang pada acara pernikahan juga menjadi hal penting yang wajib untuk Anda perhatikan. Dari kebanyakan tamu yang ada Anda harus menentukan seberapa lama durasi waktu yang diperlukan untuk menyewa gedung dan persiapan lainnya.

Pastikan jumlah tamu undangan sudah sesuai dengan anggaran pernikahan yang Anda miliki. Jangan sampai katering yang terlalu sedikit dan akhirnya tamu undangan ada yang tidak kebagian.

Baca: Kado Pernikahan Unik

6. Administrasi di KUA

Jangan berpikir jika mengurus administrasi sebelum menikah itu mudah ya. Bahkan hal ini termasuk persiapan pernikahan yang paling penting, karena birokrasi mendapatkan buku nikah memang cukup rumit. Ada banyak dokumen pendukung yang perlu Anda lengkapi.

Beberapa dokumen tersebut diantaranya adalah fotokopi KTP, Kartu Keluarga, Pas Foto, Ijazah terakhir, pengantar RT, RW, desa dan materai. Sedangkan mekanisme pendaftarannya pertama dimulai dari mengurus surat pengantar dari RT dan RW setempat.

Surat pengantar adalah syarat awal yang harus dimiliki sebelum mengurus surat lainnya seperti N1, N2, N3, dan N4. Bahkan surat keterangan belum menikah dari kelurahan atau desa juga membutuhkan syarat surat pengantar.

Anda bisa datang ke KUA jika semua dokumen yang dibutuhkan sudah siap. Pelajari selengkapnya mengenai persyaratan dan mekanismenya, sehingga nantinya Anda tidak ribet kesana-kemari.

7. Tabungan

Bukan hanya pesta untuk pernikahan saja yang membutuhkan modal banyak. Namun, modal persiapan pernikahan pada dasarnya belum sebanding dengan besarnya modal untuk membangun kehidupan rumah tangga.

Setelah menikah Anda akan dihadapkan dengan beberapa hal seperti mau tinggal dimana, biaya untuk kehidupan sehari-hari, dan biaya untuk anak-anak ke depannya. Oleh sebab itu mulailah untuk menabung dari sekarang, sehingga setelah nikah ada cukup pegangan.

8. Urus Surat

Mengurus soal surat menyurat dalam pernikahan rasanya jadi hal yang wajib langsung Anda lakukan pasca tanggal bahagia Anda dan pasangan sudah ditentukan. Jika awalan Anda sudah melengkapi administrasi di KUA maka surat menyurat untuk pernikahan sisa melanjutkan saja.

9. Cincin Pernikahan

Selain beberapa hal di atas, Anda juga perlu mencari atau memesan cincin sebagai tanda bukti cinta yang ada di antara pasangan pengantin. Ingat jangan pernah sepelekan hal ini, apalagi bagi Anda yang ingin cincin dengan bentuk berbeda.

Mencari cincin itu tidak mudah, sudah ke toko perhiasan saja kadang tidak menemukan yang sesuai. Belum lagi ketika sudah pesan, biasanya akan membutuhkan waktu untuk proses pengerjaan. Jadi siapkan semuanya dari awal ya, pilih cincin yang sesuai dengan selera dan kebutuhan.

Bagaimana mengurus persiapan pernikahan tidak mudah bukan? Ada cukup banyak hal yang wajib Anda persiapkan sejak awal. Oleh sebab itu, buat rencana dan persiapan semaksimal mungkin agar hasil sebelum hari H juga maksimal dan Anda tinggal melengkapi beberapa hal yang belum terpenuhi.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.