seserahan lamaran

Macam-Macam Seserahan Pernikahan Adat Jawa

Bagi mereka yang akan melaksanakan pernikahan, menyiapkan seserahan pernikahan adalah sebuah keharusan.

Meskipun berbeda daerah, namun pada dasarnya ada beberapa barang yang memang harus ada dan jumlahnya haruslah ganjil.

Walaupun begitu, isi dari tiap seserahan bisa bervariasi tergantung dari kesepakatan kedua mempelai.

Untuk adat Jawa, setiap seserahan memiliki filosofi dan semuanya harus dipersiapkan oleh pihak calon mempelai pria untuk calon mempelai wanita.

Daftar Seserahan Pernikahan yang Umum

1. Alat Makeup

seserahan pernikahan

undanganmagelang.com

Seserahan berupa perlengkapan untuk merias diri ini wajib adanya dimasukkan ke dalam seserahan. Jenisnya bisa bermacam-macam, mengingat ada begitu banyak merk perawatan wajah dan makeup yang ada di pasaran.

Biasanya pihak calon mempelai wanita sendiri yang akan memilih, sebab umumnya kaum lelaki tidak akan mengerti karena memang detailnya bisa sangat banyak dan beragam.

Baca Juga: Susunan Acara Lamaran

Untungnya, sekarang ini banyak pengusaha yang memberikan penawaran berupa alat makeup sebagai seserahan yang memudahkan calon pengantin agar tidak usah membeli per item sehingga harganya bisa lebih terjangkau.

2. Pakaian

seserahan pernikahan baju

undanganmagelang.com

Umumnya pakaian yang diberikan sebagai seserahan adalah pakaian untuk acara formal atau bisa juga pesta. Selain satu set pakaian, di dalam seserahan tersebut juga disertakan sepatu dan tas untuk pesta.

Tidak ada aturan khusus tentang model maupun bahan pakaian. Jumlahnya pun tidak ditentukan. Hanya saja, seperti yang ditulis di atas, kesemua seserahan tersebut harus tetap berjumlah ganjil.

Selain pakaian untuk mempelai wanita, ada juga pakaian yang ditujukan untuk ibu dari mempelai wanita. Biasanya berupa kebaya dan juga kain jarik. Ada juga yang memberikan satu set pakaian kepada pihak nenek mempelai wanita.

3. Perhiasan

seserahan pernikahan perhiasan

undanganmagelang.com

Zaman dahulu, pemberian perhiasan dari calon mempelai laki-laki kepada calon mempelai wanita harus seperangkat. Kalung, gelang, anting dan terkadang cincin menjadi bagian seserahan yang tidak boleh terpisahkan.

Tetapi, sekarang pemberian perhiasan tergantung dari kesepakatan. Hal ini tentunya juga mengingat besarnya anggaran yang tersedia.

Baca Juga: Persiapan Pernikahan

Jika anggaran terbatas, dan pihak mempelai pria hanya bisa memberikan salah satu item atau bahkan tidak bisa memberikan sama sekali maka semuanya sah saja. Asalkan nantinya tidak menimbulkan perdebatan.

4. Pakaian Dalam

seserahan lamaran sederhana

undanganmagelang.com

Seringkali, di antara seserahan lainnya, seserahan ini yang paling sering menarik perhatian. Sebab, biasanya pakaian dalam yang diberikan untuk calon mempelai wanita dibentuk sedemikian rupa sehingga tidak terlihat bentuk aslinya.

Biasanya bentuk binatang adalah yang paling sering digunakan. tetapi, seiring perkembangan zaman, bentuk seserahan dengan pakaian dalam ini juga mengalami modernisasi.

Untuk urusan pengadaan barang, biasanya dilakukan oleh mempelai wanita sendiri. Pihak mempelai pria hanya akan menghiasnya sedemikian rupa.

5. Perlengkapan Mandi

Perlengkapan Mandi

undanganmagelang.com

Benda yang wajib ada tentunya adalah handuk, sabun serta sikat gigi.

Selebihnya bisa mengikuti kebutuhan sang mempelai wanita, misalnya shampoo, lulur mandi, wewangian, atau bahkan minyak aroma terapi untuk menemani waktu mandi.

Baca Juga: Undangan Walimatul Ursy

6. Makanan & Buah-buahan

Makanan adalah keharusan di dalam seserahan karena melambangkan kemakmuran. Hal ini juga sebagai simbol bahwa mempelai laki-laki akan bertanggung jawab memberikan penghidupan bagi keluarga kecil mereka nantinya.

seserahan buah-buahan

undanganmagelang.com

Selain masakan matang, terdapat pula makanan seperti jadah dan wajik. Ada pula beras, gula dan teh. Selain itu buah-buahan juga diikutsertakan bersamaan dengan pemberian satu tangkup pisang raja dan juga suruh ayu.

Seserahan pernikahan adalah salah satu mahar yang harus diberikan oleh pihak calon mempelai pria kepada calon mempelai wanita.

Pemberian ini adalah pengikat dan juga sebagai simbol bahwa pihak laki-laki serius akan mengusahakan penghidupan yang layak untuk calon istri masa depannya tersebut.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.