Tulisan Arab Shobahul Khoir
Undanganmagelang.com

Shobahul Khoir

Posted on

Sudah menjadi kewajiban seluruh umat manusia, khususnya muslim untuk menyapa dengan cara yang hangat. Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan tentang makna shobahul khoir yang sering didengar di beberapa kesempatan dan manfaat apa saja yang akan didapatkan jika mengucapkan.

Shobahul Khoir dalam Bahasa Arab dan Artinya

shabahul khair ( صَبَاح الْخَيْر )

Pada kalangan umat Islam, wajib mengucapkan kalimat yang baik ketika menyapa sesama. Selain assalamualaikum yang bermakna semoga keselamatan tetap tercurah padamu, ada juga “shobahul khoir”.

Ucapan tersebut bermakna selamat pagi, walaupun pada masyarakat Arab sebenarnya kata sapaan di waktu pagi hari sangat beragam.

Apabila dilihat dari susunannya, terdiri dari dua kata yaitu shobah yang artinya adalah pagi dan khoir yang artinya adalah kebaikan.

Jadi, maknanya hampir sama dengan good morning dalam bahasa Inggris. Siapapun yang disapa menggunakan kalimat ini, maka bisa menjawab “shobahunnur” yang artinya adalah selamat pagi juga.

Memang, jika dilihat dari maknanya “Nur” artinya adalah cahaya, namun jika dipadukan dengan shobah, maka maknanya berbeda. Beberapa orang Arab juga menggunakan kata lain yang lebih simpel.

Contohnya adalah shobahuu yang artinya pagi, shobahul barokah yang artinya adalah selamat pagi atau semoga pagi harinya berkah dan masih banyak lagi yang lainnya.

Apabila Anda ingin lebih romantis lagi maka bisa mengucapkan shobahul ward yaitu semoga pagi harinya indah seperti bunga mawar. Apakah sampai sini bisa dipahami?

Manfaat Mengucapkan Shobahul Khoir

arti shohabul khoir
undanganmagelang.com

Ucapan shobahul khoir memang biasa, namun sebenarnya memiliki banyak manfaat loh, berikut ini diantaranya:

1. Menciptakan Suasana yang Harmonis

Apabila Anda mengucapkan kata tersebut kepada anggota keluarga atau pasangan kekasih, maka suasana yang harmonis akan tercipta. Hal ini dikarenakan ucapan simpel itu membuat seseorang merasa diperhatikan dan dipedulikan.

Mulai dari sekarang, Anda tidak boleh canggung ya menyapa selamat pagi pada keluarga atau pasangan.

2. Menciptakan Suasana yang Demokratis

Seorang atasan, pimpinan atau manajer wajib memberikan sapaan yang hangat kepada para bawahannya karena mereka akan merasa dihargai dan diakui hingga pada akhirnya tercipta sama rata dan interaksi bisa berjalan dua arah.

Para bawahan tidak akan takut lagi mengemukakan pendapatnya kepada Anda dan pengembangan pekerjaan berjalan sesuai harapan.

3. Menyambung Tali Silaturahmi

Salah satu hadits Nabi Muhammad mengatakan bahwasanya siapa saja yang menyambung silaturahmi maka ia akan mendapatkan umur yang panjang.

Oleh karena itu, menyapa selamat pagi sangat penting agar jalinan satu orang dengan yang lainnya terjaga.

Biasanya sapaan akan membuka peluang obrolan yang lain dan berkemungkinan menjadi sarana terbukanya pintu rezeki.

4. Mampu Membangkitkan Motivasi

Tahukah Anda bahwa sebenarnya, baik atau buruknya perasaan ditentukan oleh keadaan di pagi hari. Oleh karena itu mengucapkan sapaan yang ramah adalah salah satu hal yang harus dilakukan untuk membantu orang lain agar motivasinya bangkit.

Jika motivasi sudah berhasil bangkit, maka akan tercapai hal-hal hebat, inovasi dan kreasi yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

5. Mampu Mencairkan Suasana

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwasanya shobahul khoir adalah selamat pagi dan apabila diucapkan di waktu yang tegang seperti rapat, evaluasi diiringi dengan senyuman, maka bisa mencairkan suasana.

Apalagi jika sebelumnya Anda bermusuhan dengan orang lain, menyapanya lebih dulu akan membuat hatinya luluh sehingga keduanya sama-sama ikhlas memaafkan apa yang telah lalu.

Shobahul khoir memang terkesan remeh tapi ia membawa dampak yang cukup besar dalam aktivitas sehari-hari.

Contohnya adalah lebih semangat belajar, bekerja dan menjalin keakraban dengan orang lain, sehingga muncul peluang-peluang lain yang tidak pernah disangka sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.