susunan acara lamaran pernikahan

Tutorial Susunan Acara Lamaran Sederhana Lengkap dengan Gambar

Pernikahan adalah momen yang dinantikan bagi calon pengantin ataupun keluarga dari kedua mempelai. Akan tetapi sebelum melaksanakan acara pernikahan ada satu hal yang tidak boleh dilewatkan yaitu lamaran.

Sudah menjadi budaya bagi masyarakat kita bahwa agenda lamaran didahulukan sebelum penikahan guna untuk membahas kesepakatan acara pernikahan yang akan segera diadakan.

Lamaran bisa diartikan sebagai proses meminang dari pihak laki-laki kepada perempuan untuk mendapatkan jawaban.

Selain itu proses lamaran juga sebagai pertemuan dari kedua pihak calon pengantin untuk saling mengenal atau bisa disebut juga sebagai silaturahim antar keluarga.

Lalu bagaimana susunan acara lamaran yang baik dan benar. Simak selengkapnya panduan di bawah ini.

1. Kedatangan calon mempelai pria dengan rombongan keluarganya

rombangan calon mempelai pria

Rangkaian acara yang pertama yaitu kedatangan rombongan dari calon mempelai pihak pria ke rumah calon mempelai perempuan.

Kunjungan ini disambut oleh keluarga mempelai perempuan dan mempersilahkan untuk duduk ditempat yang telah disediakan. Biasanya rombongan membawa beberapa seserahan untuk diberikan kepada pihak keluarga perempuan.

2. Pembukaan acara

Setelah kedua keluarga duduk di dalam satu ruangan yang telah disediakan, acara akan dibuka oleh MC yang berisi kata sambutan.

Baca Juga: Susunan Acara Pernikahan

Selain itu MC juga memperkenalkan keluarga perempuan dan kemudian menanyakan maksud kedatangan keluarga pria ke rumah keluarga wanita.

3. Keluarga pria menyampaikan maksud kedatanganya

susunan acara lamaran pernikahan islami

Menjawab pertanyaan yang telah diberikan MC, perwakilan dari keluarga mempelai pria mengutarakan maksud kedatnganya, yaitu ingin melamar calon mempelai wanita.

Perwakilan dari keluarga ini akan menanyakan kepada calon mempelai wanita apakah bersedia menerima lamaran tersebut dan akan menikah dengan putra mereka.

4. Jawaban lamaran dari keluarga wanita

Susunan acara berikutnya pembawa acara akan menanyakan jawaban dari calon mempelai wanita. Apabila lamaran diterima maka pihak keluarga wanita akan menjawab dan menyambut baik lamaran tersebut lalu dilanjutkan dengan acara berikutnya.

Namun biasanya kalo sudah acara lamaran diadakan kemungkinan besar pasti diterima karena sebelum nya kedua calon mempelai sudah saling komunikasi.

5. Pemberian seserahan

susunan acara lamaran

Setelah memperoleh jawaban dari keluaga perempuan bahwa lamaran diterima, kemudian dari pihak pria memberikan seserahan yang telah dibawa.

Baca Juga: Seserahan Pernikahan

Umumnya penyerahan seserahan ini dilakukan oleh ibu calon mempelai pria kepada ibu calon mempelai wanita secara simbolis.

Seserahan tersebut merupakan bentuk keseriusan dari pihak pria untuk meminang calon mempelai wanita.

6. Tukar cincin

Setelah acara proses penyerahan seserahan, kemudian prosesi tukar cincin. Ibu dari calon mempelai pria akan memasangkan cincin ke jari manis calon mempelai perempuan begitu pun sebaliknya.

Baca Juga: Foto Buku Pernikahan

7. Ramah tamah dan perkenalan sesama keluarga

Masing-masing keluarga akan saling memperkenalkan anggota keluarganya, dari mulai keluarga inti, keluarga jauh dan lain sebagainya.  Selain itu acara bisa sambil diisi dengan berbincang-bincang santai agar suasana lebih cair dan saling mengakrabkan diri.

8. Acara penutup

proses lamaran

Setelah acara perkenalan selesai dilanjutkan dengan doa penutup agar acara bisa berjalan lancar hingga hari pernikahan. Bisa dilanjutkan dengan foto bersama. Kemudian dilanjutkan dengan makan bersama.

Demikian rangkaian susunan acara lamaran sederhana yang bisa anda jadikan sebagai referensi. Segera tentukan tanggal lamaran anda agar dia tidak menunggu terlalu lama hee.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.