Susunan acara pernikahan

Pusing Membuat Susunan Acara Pernikahan? Ini Contoh Lengkapnya!

Kalau Anda memutuskan untuk menggelar acara pernikahan tanpa wedding organizer, tentu perlu membuat susunan acara pernikahan sendiri.

Sayangnya tak semua mengerti susunan seperti apa yang tepat, karena terkadang perlu penyesuaian dengan kondisi tempat dan waktu acara.

Biasanya susunan acara tersebut dibuat oleh orang yang sudah berpengalaman datang ke acara pernikahan, bisa juga pembawa acara.

Tapi kalau Anda tak punya salah satunya lebih baik cek contoh mudahnya berikut, agar persiapannya mulai dilakukan dari sekarang.

Contoh Susunan Acara Pernikahan

Pernikahan itu terbagi atas dua tahapan, pertama adalah akad nikah dan kedua resepsi pernikahan.

rundown acara pernikahan

Ada yang menyelenggarakannya pada hari dan tempat yang sama, tapi adapula yang berbeda. Secara garis besar susunan acara keduanya adalah:

Akad Nikah

Ada sekitar 12 susunan acara pernikahan yang perlu dilakukan selama prosesi akad berlangsung, Anda harus benar-benar paham dan mengimplementasikannya dengan benar.

  1. Cek dan Ricek
    Pengecekan terakhir sebelum acara diselenggarakan, untuk meminimalisir masalah saat acara berlangsung. Baik itu soal alat, posisi setiap orang, dan lain-lain.
  2. Acara Pembuka
    Dilakukan oleh Master of Ceremony (MC), dimana akan dijelaskan keluarga siapa berbahagia menikahkan anak-anaknya. Kemudian memperkenalkan nama mempelai wanita dan pria, dilanjutkan penjelasan secara garis besar susunan acara akad nikah tersebut.
  3. Sambutan Keluarga
    Dimulai dengan sambutan dari wakil pihak calon mempelai pria, dilanjutkan dengan sambutan dari pihak calon pengantin wanita.
  4. Serah Terima Pengantin
    Menegaskan diterimanya kedua mempelai oleh keluarga besar, disimbolkan dengan jabat tangan perwakilan keluarga atau kedua mempelai.
  5. Pemberian Seserahan
    Diberikannya barang dari calon mempelai pria untuk calon mempelai wanita, isi seserahan tergantung kesepakatan bersama sebelum akad nikah.
  6. Menerima Calon Pengantin Pria
    Ditandai dengan pengalungan rangkaian bunga di leher calon mempelai pria.
  7. Ijab Kabul
    Dipimpin penghulu untuk pengantin di agama islam atau pemuka agama masing-masing, sesuai keyakinan kedua mempelai. Untuk prosesi secara Islam dimulai dengan pembacaan Al-quran oleh calon mempelai pria, artinya dibacakan oleh calon mempelai wanita.
    Adapula yang dibaca oleh orang lain, sementara calon mempelai wanita masih belum masuk ke dalam ruangan. Selanjutnya ijab kabul berlangsung antara penghulu, calon mempelai pria dan orangtua atau kakak laki-laki mempelai wanita dan saksi nikah.
  8. Doa
    Setelah ijab kabul, dilanjutkan dengan pembacaan doa bersama yang dipimpin penghulu. Doa ini biasanya berisikan harapan untuk kedua mempelai yang akan mengarungi rumah tangga baru mereka.
  9. Pemberian Mas Kawin atau Mahar
    Mempelai pria menyerahkan mas kawin kepada mempelai wanita, apapun mas kawinnya sudah merupakan kesepakatan bersama agar bisa dimanfaatkan dengan baik oleh mempelai wanita.
  10. Nasihat Pernikahan
    Penghulu memberikan nasihat pernikahan, isinya tentang bagaimana peran suami dan istri dan bagaimana agar pernikahan berjalan dengan lancar dan langgeng.
  11. Sungkem
    Kedua mempelai memohon maaf dan izin kepada kedua orang tua masing-masing, lalu orang tua pasangan untuk menjalani hidup baru. Biasanya kedua orang tua akan duduk di kursi, kemudian mempelai sungkem dengan berlutut dan meminta restu.
  12. Foto / Dokumentasi
    Kedua mempelai berfoto dengan keluarga besar dan undangan yang hadir, ada yang memberikan jatah waktu sesuai target tuntasnya acara. Ada juga yang bebas mempersilahkan undangan untuk foto bersama mempelai.

Resepsi Pernikahan

Susunan acara pernikahan

Ada enam rangkaian acara yang dilaksanakan, yaitu:

  1. Pembukaan
    Dilakukan oleh MC, untuk memulai acara resepsi pernikahan. Ada yang ditandai dengan iringan lagi pernikahan.
  1. Masuknya Rombongan Pengantin
    MC memperkenalkan rombongan keluarga besar, yang memasuki ruangan acara. Masuknya rombongan disesuaikan dengan adat masing-masing daerah, ada yang diperkenalkan satu persatu adapula yang hanya berjalan beriringan menuju tempat duduk masing-masing.
  1. Sambutan Keluarga
    Kata sambutan dari perwakilan masing-masing keluarga, terkait pernikahan yang berlangsung.
  1. Doa
    Doa biasanya dipimpin oleh pemuka agama
  1. Ucapan Selamat
    Para tamu boleh mulai antri untuk mengucapkan selamat kepada kedua mempelai, lalu berfoto bersama di pelaminan.
  1. Makan
    Makan bersama dengan sistem penataan prasmanan, bisa juga langsung di meja tamu masing-masing.

Kalau Anda sudah tahu susunan acara pernikahan, pasti akan lebih mudah mempersiapkan semuanya. Libatkan orang terdekat yang bisa dipercaya untuk mengatur semua prosesnya, sehingga semua bisa berjalan lancar tanpa kendala apapun. Happy Wedding guys!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.