emass

Tips Menjual Perhiasan Emas Supaya Bisa Untung dan Tidak Rugi

Posted on

Emas telah menjadi salah satu jenis investasi yang paling populer dan menjanjikan. Selain nilai anti inflasinya, emas juga dapat dengan mudah dijual kembali saat dibutuhkan.

Maka tak heran jika jenis investasi ini tetap menjadi primadona, terutama di kalangan ibu-ibu. Jadi bagaimana Anda menjual emas untuk keuntungan yang lebih tinggi?

Berikut beberapa tips menjual emas perhiasan yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko kerugian saat menjual emas:

1. Pahami Kadar Emas dan Harga Jualnya

Nilai jual emas tergantung pada karat dan beratnya. Harga jual emas 18 karat pasti akan berbeda dengan emas 24 karat. Pastikan jumlah nominal uang yang kita terima harus sesuai dengan jumlah emas.

2. Temukan Tempat yang Tepat

Tips menjual perhiasan emas selanjutnya adalah menemukan niche atau toko emas yang tepat. Tidak semua toko perhiasan ingin membeli emas dengan harga tinggi, karena setiap toko memiliki standar harga emas yang berbeda-beda.

Di mana Anda menjual emas yang bagus? Salah satu tempat bagus yang dipilih orang untuk menjual emas biasanya adalah Pegadaian, karena Pegadaian dapat membeli emas dengan harga yang relatif tinggi, sekitar 97% dari nilai pasar. Tempat yang baik untuk menjual emas yang siap menawarkan 95% dari harga pasar lainnya adalah unit Antam dan toko emas di berbagai pusat perbelanjaan.

3. Jual di Tempat Saat Membeli Emas

Jika Anda tidak dapat menemukan toko atau tempat yang cocok untuk menjual emas, tips selanjutnya adalah Anda dapat menjual perhiasan emas Anda di toko tersebut saat Anda membeli emas. Pada umumnya toko emas ketika membeli emas akan bersedia menerimanya kembali.

Namun, harganya tentu saja akan lebih rendah dibandingkan saat pembelian. Biasanya, nilai nominal yang diterima hanya 70-80% dari harga pembelian.

4. Teliti Keaslian Emas

Ketika kita ingin menjual perhiasan emas, saran yang harus kita perhatikan adalah berhati-hati dengan keadaan keaslian emas dengan jenis alat yang digunakan. Beberapa toko perhiasan umumnya akan memberikan persyaratan pendeteksian emas untuk menentukan keaslian emas tersebut.

Misalnya, seorang pandai emas yang jujur ​​akan sering menggunakan multimeter atau fluoresensi sinar-X untuk memeriksa keaslian emas. Namun, jika perhiasan meminta Anda untuk menggosok emas, Anda harus menghindarinya. Pasalnya, penggosokan emas pada umumnya dapat ditujukan untuk mengurangi kandungan emas.

5. Sertakan Surat Pembelian Emas

Sertifikat pembelian emas merupakan bukti keaslian emas tersebut. Umumnya surat pembelian emas akan berupa nota resmi dari toko tempat kita membeli emas tersebut. Namun, bagi banyak orang yang melupakan pentingnya surat pembelian, kita harus berhati-hati saat menyimpannya. Jika kartu untuk membeli emas hilang, maka harga jual emas akan berkurang.

Itulah tips menjual perhiasan emas agar tidak rugi. Semoga bermanfaat untuk kalian semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.