Kaligrafi Istighfar Kufi

Tulisan Arab Astaghfirullahaladzim Beserta Keutamaanya

Manusia merupakan tempatnya salah dan lupa. Setiap saat tidak luput dari yang namanya dosa, baik itu disengaja atau tidak disengaja, baik itu dosa kecil atau besar.

Dosa itu bisa berupa lalai terhadap perintah Allah, melakukan hal-hal yang dilarang-Nya, tidak menggunakan waktu yang diberikan dengan baik dan masih banyak lagi.

Dosa-dosa yang kita perbuat tersebut dampaknya bisa mempersempit rezeki, berbagai masalah dating, ketaatan semakin berkurang bahkan kelak di akhirat mendapatkan balasan yang lebih berat dari pada di dunia ini yaitu berupa siksaan api neraka. Na’udzubullahi min dzalik.

Maka dari itu kita sangat membutuhkan ampunan dari Allah SWT. Salah satu cara yang dianjurkan yaitu dengan memperbanyak membaca istighfar.

Bacaan istighfar merupakan ucapan yang bermakna agar Allah mengampuni dosa-dosa yang telah kita lakukan.

Kemudian bagaimana sih bacaan istighfar yang baik dan benar? Berikut beberapa bacaan atau tulisan arab astaghfirullahaladzim berdasarkan AlQuran dan Sunnah.

Baca Juga: Tulisan Arab Alhamdulillah

Tulisan Arab Astaghfirullahaladzim

Berikut berbagai bacaan istighfar dari mulai yang pendek, panjang hingga sayyidul istighfar:

1. Bacaan Istighfar Pendek
اَسْتَغْفِرُاللهَ
Latin: Astaghfirullahal’adzim
Artinya: “Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung”

 

2. Bacaan Istighfar Panjang
اَسْتَغْفِرُاللهَ الْعَظِيْمَ
Latin: Astaghfirullahal’adzim
Artinya: “Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung”

3. Bacaan Saiyyidul Istighfar
اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ ، لَا إِلٰـهَ إِلاَّ أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمتِكَ عَلَيَّ ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ ، فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ

Latin: ALLAHUMMA ANTA RABBII LÂ ILÂHA ILLÂ ANTA KHALAQTANII WA ANA ‘ABDUKA WA ANA ‘ALA ‘AHDIKA WA WA’DIKA MASTATHA’TU A’ÛDZU BIKA MIN SYARRI MÂ SHANA’TU ABÛ`U LAKA BINI’MATIKA ‘ALAYYA WA ABÛ`U BIDZANBII FAGHFIRLÎ FA INNAHU LÂ YAGHFIRU ADZ DZUNÛBA ILLÂ ANTA

Artinya:”Ya Allâh, Engkau adalah Rabbku, tidak ada Ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Engkau. Engkau yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi perjanjian untuk taat kepada-Mu dan janji balasan-Mu sesuai dengan kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku kepada-Mu, maka ampunilah aku. Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain Engkau”

Keutamaan sayyidul istighfar

Sayyidul Istighfar Beserta Maknanya

Keutamaan Dzikir Istighfar atau Astaghfirullahal’adzim

Sebagai manusia biasa pastinya mempunyai dosa dan khilaf. Rosulullah SAW menganjurkan kepada umatnya agar senantiasa bertaubat dan beristighfar memohon ampun kepada Allah setiap saat.

Kaligrafi istighfar

Astaghfirullaha Wa Atuubu Ilaih

Sungguh dasyat keutamaan dari istighfar ini, diantaranya yaitu:

  1. Allah akan mengampuni hamba-Nya bagi yang beristighfar. Sebagaimana dijelaskan di dalam surah al Muzzammil (73:20) “Dan mohonlah ampunan kepada Allah, Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. Dosa-dosa yang kita perbuat akan meninggalkan noda hitam di dalam hati sehingga hidayah susah masuk, dengan istighfar maka noda tersebut bisa lenyap.
  1. Menjadi wasilah agar hujan segera diturunkan dari langit untuk menghilangkan kekeringan dan menjadikan tanah lebih subur.
  2. Allah akan melapangkan rezeki serta mensejahterakan bagi hambanya yang senantiasa beristighfar memhonon ampun kepada-Nya.
  3. Diberikan kemudahan dalam memperoleh keturunan. Jika keluarga tidak juga diberi momongan maka lakukan amalan dzikir ini agar Allah segera memberikan keturunan.
  4. Dimudahkan segala urusan dunianya. Allah akan memberikan jalan keluar bagi hambanya yang taat dari arah yang tidak disangka-sangka.
  5. Menolak bala dan musibah yang akan menimpanya. Allah tidak akan memberikan azab bagi mereka yang senantiasa bertaubat minta ampun kepada-Nya.
  6. Dihapuskan segala keburukanya dan Allah angkat derajatnya karena Allah maha pengampun lagi maha penyayang. Sebagaimana yang dijelaskan di surat An-Nisa’ : 110.

(Sumber: Islampos.com)

Baca Juga: Tulisan Bismillah

Demikian penjelasan tentang tulisan arab astaghfirullahaladzim lengkap dengan keutamaanya atau korelasi antara bacaan istighfar dengan segala kemudahan, kesejahteraan dan kebahagiaan hidup di dunia ini.

Jika kita senantiasa beristighfar dengan hati yang ikhlas InsyaAllah akan dimudahkan segala urusan di dunia apalagi di akherat.

Kumpulan Kaligrafi Istighfar

Tulisan arab Astaghfirullah

Istighfar

Tulisan arab astaghfirullahaladzim

Astaghfirullah

Tulisan arab astaghfirullahaladzim

Semoga kira senantiasa istiqomah dalam mengamalkan amalan dzikir setiap harinya, sehingga hati ini bersih dari segala dosa yang pernah kita lakukan. Amiin.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.