Ucapan Pernikahan Islami Menyentuh dan Penuh Doa
sejatinyajomblo.com

Ucapan Pernikahan Islami

Posted on

Ketika kerabat atau sahabat menikah, tentu ada rasa syukur yang terucap. Pernikahan adalah penyempurna separuh agama dan merupakan salah satu sunah utama dalam ajaran Islam. Oleh karenanya, memberikan ucapan pernikahan Islami penuh doa kepada mereka bisa menjadi hal yang tepat untuk dilakukan.

Ucapan yang diberikan bukan hanya berfungsi sebagai bukti kedekatan atau kasih sayang semata, merupakan juga doa dan harapan untuk pernikahan yang langgeng dan penuh cinta.

Ada beberapa contoh kalimat ucapan untuk pernikahan bernapas Islam yang bisa Anda berikan. Simak ulasan selengkapnya.

Adab Memberikan Ucapan Pernikahan

Sebelum memberikan ucapan pernikahan, ada beberapa adab yang harus diperhatikan sesuai ajaran Islam. Sebagai rahmat bagi semua, Islam senantiasa mengajarkan adab yang baik untuk semua perbuatan.

Adapun beberapa adab terkait memberikan ucapan selamat pada pernikahan adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan kalimat yang baik, santun dan penuh doa serta tidak memberikan ucapan dengan kalimat yang buruk meskipun untuk lucu-lucuan
  • Memberikan doa yang mendalam bagi mempelai agar Allah senantiasa memberikan rahmat dalam pernikahan yang sudah berlangsung
  • Memperhatikan kondisi sekitar ketika memberikan ucapan selamat agar tidak menimbulkan kegaduhan dan permasalahan yang lainnya
  • Mengucapkan ucapan dengan lembut dan tidak menggambarkan karakter yang buruk
  • Tidak bersalaman dengan lawan jenis saat memberikan ucapan selamat kepada pasangan.

Adab-adab di atas merupakan hal mendasar yang harus diperhatikan. Dengan menggunakan adab tersebut, tentu ada keindahan Islam yang akan tergambar dan menjadi gambaran bagaimana indahnya ajaran Islam.

Ucapan Pernikahan Sesuai Ajaran Nabi Muhammad

Ucapan Pernikahan Sesuai Ajaran Nabi Muhammad
keywordbasket.com

Nabi Muhammad memberikan contoh terkait ucapan yang tepat untuk diberikan kepada pasangan dalam sebuah pernikahan. Contoh ini tentu bisa menjadi teladan agar ucapan yang diberikan juga bernilai sebagai sebuah doa dan ibadah.

Adapun beberapa ucapan pernikahan yang sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad adalah sebagai berikut:

Doa Pernikahan Riwayat Abu Hurairah

Salah satu ucapan yang bisa diberikan pada pasangan adalah doa yang berasal dari hadis sahih riwayat Abu Hurairah. Adapun doa tersebut adalah sebagai berikut:

“Baarakallahu laka wa baarakaa ‘alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir”

Yang artinya:

“Mudah-mudahan Allah memberkahimu dan memberkahi pernikahanmu, serta semoga Allah mempersatukan kalian berdua dalam kebaikan.”

Doa Pernikahan Nabi Muhammad Untuk Ali bin Abi Thalib

Ucapan kedua yang bisa diberikan sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad adalah doa ketika beliau menikahkan Ali dengan putrinya yang bernama Fatimah. Adapun terjemah dari doa yang beliau bacakan adalah sebagai berikut:

“Semoga Allah SWT mempertemukan yang terbaik dari keduanya, memberikan keberkatan kepada mereka berdua, meningkatkan kualitas unggul untuk keturunannya, dan menjadikan sebagai pembuka pintu rahmat, sumber ilmu, sumber hikmah dan pemberi manfaat baik untuk seluruh umat”.

Doa tersebut memiliki makna yang sangat dalam. Dari makna yang terbaca, bisa dikatakan bahwa ucapan pernikahan bukanlah sebuah ucapan yang main-main menurut ajaran Islam.

Kedua ucapan di atas bisa menjadi pilihan utama ketika hendak memberikan sebuah ucapan pernikahan pada pasangan. Dengan mengamalkan ajaran Nabi Muhammad, ada nilai ibadah yang didapatkan.

Ucapan Pernikahan Islami Lain yang Menyentuh

Selain kedua ucapan di atas, ada beberapa inspirasi lain untuk memberikan ucapan selamat pada pasangan yang menikah. Beberapa inspirasi ucapan pernikahan menyentuh ala Islam yang bisa diberikan adalah sebagai berikut:

  • Tidak ada ibadah yang indah melebihi keindahan pernikahan. Duduk kalian berdua adalah ibadah, bercanda kalian berdua adalah ibadah, bahkan sekadar menyiapkan makanan pun juga ibadah. Semoga Allah senantiasa memberikan keberkatan pada kalian. Aamiin.
  • Luruskan niat pernikahan hanya untuk beribadah kepada Allah. Atas izin Allah, perjalanan pernikahan akan senantiasa dipermudah dan diperindah. Jadikan pernikahan sebagai awal untuk ibadah yang lebih khusyuk demi mendapatkan rahmat Allah.
  • Pernikahan adalah sebuah tonggak baru dalam kehidupan kalian. Berikan hiasan pada tonggak baru kehidupan dengan ibadah dan zikir kepada Allah. Semoga Allah selalu melimpahkan rezeki dan memberikan kemudahan.
  • Pernikahan adalah penyempurna dari separuh agama. Namun, pernikahan bukan satu-satunya ibadah kepada Allah. Teruslah berusaha untuk memperbaiki diri. Semoga Allah memberikan kelapangan hati dan kemudahan untuk beribadah bersama pasangan tercinta.
  • Dengan pernikahan yang sudah terlaksana, ada sunah Nabi yang sudah purna. Berikan warna indah pada pernikahan tersebut dengan doa dan ibadah hanya kepada Allah. Tingkatkan ketaatan agar pernikahan kalian senantiasa penuh keberkatan.
  • Pernikahan adalah suatu keindahan. Namun, Allah adalah pemilik keindahan tersebut. Oleh karenanya, jangan jadikan pernikahan sebagai hambatan untuk beribadah. Justru, pacu dirimu untuk meningkatkan ketakwaan demi pernikahan yang penuh harmoni.

Beragam ucapan pernikahan di atas bisa menjadi inspirasi untuk diberikan pada kerabat atau sahabat. Iringi ucapan tersebut dengan doa agar ada sisi keindahan Islam yang bisa dirasakan oleh seseorang yang baru saja menikah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.