undangan walimatul ursy

Contoh Undangan Walimatul Ursy Paling Simpel dan Elegan

Menyelenggarakan walimah pernikahan hukumnya adalah sunnah muakkadah. Penyelenggaraan walimatul ursyi sebaiknya menyesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Pasangan pengantin sebaiknya memberikan undangan walimatul ursy beberapa hari sebelum acara digelar.

Tidak melulu harus mewah, undangan resepsi pernikahan penuh nuansa islami tersebut juga dapat dibuat sesederhana mungkin. Yang terpenting esensi dari undangan tersebut dapat tersampaikan dengan baik.

Pengertian Walimatul Ursy

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, istilah walimatul ursyi bermakna resepsi pernikahan. Resepsi pernikahan ini akan menyajikan sejumlah jamuan makan kepada para tamu yang telah diundang.

Biasanya resepsi semacam ini akan diselenggarakan usai akad nikah dilakukan.

Dengan kata lain, walimatul ursyi adalah acara syukuran atas terselenggaranya suatu pernikahan. Menyelenggarakan walimatul ursyi adalah anjuran dari Nabi Muhammad SAW.

pernikahan islami

Adapun pembiayaan pesta pernikahan tersebut nantinya akan dibayarkan oleh pihak suami.

Akan tetapi, biaya penyelenggaraan pesta pernikahan tersebut harus menyesuaikan dengan kemampuan finansial pihak suami. Ini mengingat bahwa tujuan walimatul ursyi adalah demi menggembirakan hati kedua belah pihak pengantin.

Baca Juga: Nikah Siri

Hal-Hal Penting Terkait Walimatul Ursy

Terdapat sejumlah hal-hal penting yang perlu Anda cermati ketika hendak menyelenggarakan walimatul ursyi. Hal-hal tersebut ialah seperti berikut.

1. Tamu

Saat Anda hendak menyelenggarakan walimatul ursyi sebaiknya mengundang orang-orang saleh baik yang kaya maupun miskin.

Dengan demikian, Anda tidak boleh hanya mengundang orang kaya saja. Baik orang yang kaya maupun miskin mereka memiliki hak serupa.

2. Waktu

Jika dilihat dari segi waktu, penyelenggaraan walimatul ursyi dianjurkan usai dukhul. Dukhul maksudnya adalah usai pengantin melakukan hubungan seksual dan akad nikah.

3. Hukum menghadiri

Hukum menghadiri gelaran resepsi pernikahan ala islami ini adalah fardhu ain alias wajib. Akan tetapi, apabila undangan resepsi ini bersifat umum maka hukumnya menjadi tidak wajib atau fardhu kifayah.

Baca Juga: Lagu Pernikahan Islami

Contoh Undangan Walimatul Ursy Online

contoh undangan walimatul ursy sederhana

Membuat suatu undangan khususnya acara walimah tidak harus mahal dan ribet. Anda bisa membuat undangan tersebut secara simpel dan mudah.

Bagi Anda yang ingin membuat isi undangan walimah namun bingung menemukan inspirasi, kiranya dapat melihat contoh isi undangan pernikahan berikut.

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu’alaikum wr.wb

Puji dan syukur kami panjatkan kepada Allah SWT karena kebaikan-Nya yang telah melimpahkan rahmat kebahagiaan. Shalawat beserta salam mari kita sanjungkan kepada Baginda Nabi Muhammad SAW.

Melalui undangan ini, kami bermaksud mengundang bapak/ibu sekalian guna menghadiri acara walimatul ursyi putri kami:

Muhammad Rafael Althafurrahman, SE.

Putra Bapak H. Raditya, P.Hd dan Ibu Hj. dr.Astrid Kusumaningrum

Dengan

Suci Saraswati Prabandini S.Pd.

Putra Bapak Asnan dan Ibu Winarsini

yang insya Allah akan digelar pada:

Hari: Kamis

Tanggal: 19 Maret 2020

Pukul: 14.00 WIB

Tempat: Jl. SMAN 1 Gadingrejo RT 002/003, Gadingrejo Utara, Gadingrejo, Bandar Lampung

kiranya menjadi suatu kehormatan serta kebahagiaan bagi kami, jika bapak/ibu berkenan untuk menghadiri acara walimatul ursyi putra putri kami ini. Bagi kami doa restu dari bapak/ibu sekalian adalah yang paling utama. Atas kehadirannya kami ucapkan terimakasih.

Wassalamualaikum wr.wb

Hormat kami,

Bapak. H. Raditya, P.Hd dan Bapak Asnan

Hakikat undangan walimatul ursy terletak pada penyampaian tujuan. Jadi, urusan kemewahan undangan bukan hal utama.

Asal muatan isi dapat tersampaikan secara jelas kepada penerima, hal tersebut sudah bagus. Kiranya contoh undangan acara walimatul tersebut dapat menjadi inspirasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.